Tempat Wisata

Tiket masuk COBAN TALUN dan berbagai wahana Agustus 2023

Coba Talun Biaya masuk: 12.000 Rp. Jam buka: 08.00 – 17.00. Nomor telepon: . Alamat/Lokasi: Dusun Wonorejo, Desa, Tulungrejo, Bumiaji, Batu, Jawa Timur, Indonesia, 65336

Coba Talun merupakan salah satu tujuan wisata di Kota Batu, Jawa Timur. Coban berarti air terjun, jadi penawaran wisata utama di sini adalah air terjun. Namun, nantinya akan ada tempat wisata lainnya di sekitar wisata air terjun.

Selama perjalanan di sini, pengunjung disuguhi pemandangan yang sangat indah. Pemandangan gunung sangat memanjakan mata dan memanjakan mata karena terletak di sisi barat Gunung Arjuno. Dalam perjalanan juga terdapat berbagai wisata tanaman hias yang tak kalah indahnya.

Biaya masuk ke Coban Talun

Untuk memasuki kawasan wisata ini, tiket masuknya cukup murah. Pengunjung hanya perlu membayar beberapa ribu euro untuk menikmati keindahan alam.

Biaya masuk ke Coban Talun
Tiket masuk reguler 12.000 Rp

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Coban Rondo Malang

Jam operasional Coban Talun

Air terjun ini bisa dikunjungi dari pagi hingga sore hari. Karena merupakan tempat wisata alam, tempat ini buka setiap hari.

jam buka
Senin minggu 8:00 pagi – 5:00 sore

Ekowisata Wisata Coban Talun Kota Batu

Dukungan masyarakat dan pemerintah dalam membangun wisata ini sangat gamblang. Kota Batu sedang membangun infrastruktur pariwisata dengan kondisi yang layak. Kotamadya, meskipun sebagian besar bergantung pada sektor pertanian, sekarang berwirausaha di bidang pariwisata.

Coban Talun merupakan hulu dari Sungai Brantas. Pengelola air terjun ini adalah Perhutani yang bekerja sama dengan pihak swasta dalam menyediakan wisata. Lebih lanjut tentang objek wisata ini dijelaskan dalam artikel berikut.

1. Eksotisme air terjun

Air Terjun Coban TalunKeindahan air terjun dan alam di sekitar Coban Talun. Foto: Google Maps/Hamzah Saefudin

Meskipun ada banyak wahana, hal pertama yang harus Anda lakukan saat tiba di venue adalah melihat air terjun. Karena keindahan alam air terjun tidak tergantikan, Anda bisa mencoba wahana lainnya. Untuk sampai ke sana, pengunjung harus berjalan kaki menuruni bukit sekitar satu kilometer.

Perjalanan ini tidak akan melelahkan karena pemandangan yang begitu indah di sepanjang jalan. Persahabatan dengan pohon pinus dan suara binatang hutan yang khas akan membuat tamasya menjadi lebih menyenangkan. Di tengah jalan Anda akan melihat air terjun yang mengamuk yang akan membuat Anda takjub.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Taman Selecta Malang

Begitu sampai di air terjun, keheranan mencapai puncaknya. Seribu liter per detik, itulah luapan air terjun dari ketinggian sekitar 30 meter. Keindahan alam ini menghasilkan kabut uap air yang cukup lebar.

2. Area relaksasi cukup luas

Area di sekitar air terjun cukup luas. Area yang luas ini bisa digunakan untuk beristirahat atau mengobrol dengan teman. Udara di sini menjadi lebih sejuk, sehingga pengunjung merasa rileks meski sedang berdiri diam.

3. Berfoto di sekitar air terjun

spot foto yang indahBerbagai spot foto cantik telah diciptakan khusus untuk wisatawan yang datang ke sini. Foto: Google Maps/Ary Purwanto

Seolah sudah menjadi kewajiban, selalu ada spot foto menarik di setiap tempat wisata. Begitu juga dengan spot foto di Coban Talun Kota Batu. Anak muda jaman sekarang pasti suka dengan ragam spot foto alam yang ada.

Titik foto pertama berada di aliran sungai. Lalu ada juga spot foto di bebatuan hingga air terjun. Semuanya begitu eksotis, namun pengunjung harus waspada karena cukup licin di beberapa tempat.

4. Taman Bunga Coban Talun

Kawasan taman bunga Coban TalunAda juga taman bunga cantik yang mengelilingi air terjun yang sayang untuk dilewatkan. Foto: Google Maps/muhammad ali maftuh

Wahana selanjutnya akan sangat digemari pengunjung yang menyukai keindahan bunga. Karena wahana selanjutnya adalah taman bunga dengan koleksi bunga yang berbeda. Koleksinya beragam baik jenis maupun warnanya.

Baca: Tiket Masuk Coban Rais dan Berbagai Wahananya

Taman bunga ini juga sangat cocok dijadikan spot foto. Bunga dan pohon menciptakan suasana alam yang sangat eksotis. Tak heran jika sering muncul foto para model yang mengambil taman ini sebagai potret latar belakang-menjadi.

5. Naik Apache yang Menyenangkan

Setelah puas menikmati taman bunga, pengunjung bisa melanjutkan ke wahana lainnya yaitu Apache. Wahana Apache merupakan wahana yang menyerupai desa dan budaya penduduk asli Amerika suku Apache. Di lokasi ini terdapat sebuah rumah suku Indian lengkap dengan pernak-pernik dan kantinnya.

Baca: Tiket Masuk Desa Wisata Pujon Kidul dan Kegiatannya

Wahana ini tentunya akan menjadi motif foto yang sangat seru. Berpakaian ala India, memotret di sini pasti akan terlihat unik. Kendaraan ini tidak hanya cocok untuk kalangan muda saja, tetapi juga untuk semua kalangan usia.

6. Pagupon Akomodasi di Coban Talun

Serangkaian penginapan unikAda juga penginapan dengan desain yang sangat spesial seperti dovecote. Foto: Google Maps/lily mooi

Istilah dalam bahasa Jawa pagupon berarti kandang merpati. Seperti desa pagupondi wahana ini ada yang berbentuk rumah pagupon. Rumah pagupon ini bisa disewakan kepada pengunjung.

Dalam sebuah pagupon terdapat kamar tidur dan kamar mandi. Di sekitar penginapan juga terdapat mushola, kantin, rumah pohon dan taman bunga. Kebanyakan pengunjung lebih suka mengambil foto daripada menggunakan Pagupon untuk menginap.

Fasilitas di Coban Talun Kota Batu

Pengelolaan Coban Talun sangat mementingkan kawasan ini. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya berbagai fasilitas untuk mewadahi aktivitas pengunjung. Mulai dari tempat parkir yang luas, kemudian musala, kantin, hingga aula serbaguna.

Lokasi Coban Talun Kota Batu

Lokasi air terjun ini cukup strategis, hanya 10 menit dari pusat kota Batu. Alamat lengkap Dusun Wonorejo, Desa, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65336. Berada di koordinat -7.800929, 112.516631, dengan ketinggian 1300 m.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button