Tak Berkategori

Tiket masuk dan aktivitas air terjun CIPUTRI Januari 2024

Air Terjun Ciputri

  • Biaya masuk: 18.000 hingga 65.000 rupee
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon: +62 888-9991-233
  • Alamat Lokasi : Tapos I, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16370

Air Terjun Ciputri merupakan tempat wisata air terjun yang tidak jauh dari kota bogor. Air terjun ini cukup terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan. Apalagi saat hari raya atau musim liburan tiba. Air terjun ini masih terletak di kaki Gunung Salak.

Tempat wisatanya masih alami, airnya segar. Mudah dijangkau, sangat ideal untuk wisata keluarga dan wisata edukasi. Pengunjung bisa bermain leluasa di kawasan wisata ini karena air terjunnya tidak hanya satu melainkan banyak lokasi air terjun dengan jarak berbeda-beda yang bisa dikunjungi.

Biaya masuk air terjun Ciputri

Untuk memasuki tempat wisata ini tiket masuknya cukup terjangkau mulai dari Rp 18.000 hingga 30.000. Namun jika pengunjung ingin berkemah akan dikenakan biaya tambahan. Berikut daftar lengkap harga tiketnya:

Jenis tiket Tarif hari kerja/akhir pekan
Tiket masuk untuk hiking Rp 20.000 / Rp 30.000
Tiket masuk pendakian pelajar Rp 18.000 / Rp 20.000
Tiket masuk perkemahan Rp 55.000 / Rp 65.000
Tiket masuk perkemahan pelajar Rp 40.500 / Rp 42.500
Parkir untuk sepeda motor touring Rp 17.000 / Rp 22.000
Tempat parkir pendakian Rp 35.000 / Rp 45.000

Biaya masuk air terjun Ciputri

Baca: Tiket dan Kegiatan CURUG CIAMPEA Bogor

Beberapa informasi penting sebelum kunjungan Anda:

  • Harga tiket camping sudah termasuk tiket masuk wisata.

Jam buka Air Terjun Ciputri

Tempat wisata ini buka 24 jam setiap harinya. Namun, pengunjung akan lebih banyak pada hari libur. Untuk itu, pengunjung dapat memilih waktu di luar hari libur untuk menghindari suasana yang terlalu sibuk.

Berbagai aktivitas menarik di Curug Ciputri

Keindahan alam perbukitan yang mengelilingi air terjun serta sejuknya udara khas pegunungan menjadi kenikmatan utamanya. Selain itu, panorama Gunung Salak di sekitar air terjun terlihat jelas. Selain tentunya kesegaran dan kejernihan air terjun Ciputri. Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini. Berikut beberapa di antaranya:

Perkemahan atau tempat perkemahan

Berkemah merupakan kegiatan yang populer di kalangan pengunjungBerkemah merupakan kegiatan yang populer di kalangan pengunjungDengan area camping yang luas, pengunjung menjadikannya salah satu hal yang dapat dilakukan di Curug Ciputri. Foto: Google Maps/Imam Sukrilah

Ctanah penguat atau lokasi perkemahan yang cukup luas dan terbagi menjadi beberapa area. Terdapat satu di dekat pintu masuk sehingga ketika memasuki kawasan air terjun langsung terlihat lokasi perkemahan. Atau jika pengunjung ingin menikmati pemandangan yang lebih indah, dapat memilih lokasi perkemahan di atas pada jalur menuju Curug Ciputri.

Tempatnya nyaman, alamnya asri, dan cuacanya sejuk cocok untuk camping bersama keluarga, sahabat dan sahabat. Banyak orang juga berpikir demikian pertemuan keluarga Di Sini. Apalagi saat hari raya tiba, banyak tenda warna-warni dengan berbagai bentuk didirikan di kawasan tersebut. Jangan lupa membawa jaket. Meski udaranya tidak terlalu dingin, namun bisa membuat tubuh tetap hangat.

Baca: Tiket Masuk Curug Seribu dan Aktivitasnya

Lokasi perkemahan berjarak kurang lebih 2 km dari tempat parkir. Banyak terdapat pohon pinus di lokasi perkemahan ini, kehadiran pohon pinus pasti akan menambah keindahan tempat ini. Terdapat juga rumah pohon di mana Anda bisa menikmati keindahan alam perbukitan di sekitarnya. Foto grup merupakan acara wajib ketika Anda berada di sini.

Bermain air di Curug Ciputri

Kolam di bawah air terjunKolam di bawah air terjunKolam yang terbentuk secara alami di bawah air terjun sangat cocok untuk bermain air. Foto: Google Maps/Nurfitriah Yanuari

Untuk menuju Curug Ciputri dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari lokasi perkemahan. Air terjun Curug Ciputri sangat jernih dan memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Sebuah kolam terbentuk secara alami di bawah air terjun. Kolam ini cocok bagi pengunjung yang ingin berenang walaupun kolamnya tidak terlalu besar.

Pengunjung yang datang ke tempat ini perlu mempersiapkan kondisi fisiknya. Jarak dari pintu masuk menuju air terjun sekitar 1 kilometer, dengan kontur jalan menanjak. Namun seluruh jalan menuju Curug Ciputri dinaungi pepohonan pinus.

Baca : Tiket Masuk dan Pesona CURUG NOMOR

Dan rasa lelah pengunjung akan terbayar ketika sudah sampai di air terjun yang menyuguhkan keindahan alam yang masih alami dan sejuknya air. Selain Air Terjun Ciputri, masih ada beberapa air terjun lainnya antara lain Air Terjun Padalarang, Air Terjun Ciputri, dan Air Terjun Kiara. Seperti kata pepatah, Anda melewati dua atau tiga air terjun dalam perjalanan Anda.

Bersantai di hutan pinus

Kawasan hutan pinus di sekitar air terjun CiputriKawasan hutan pinus di sekitar air terjun CiputriKawasan hutan pinus yang sejuk dan berkabut. Foto: Gogole Maps/Rizkie Wibowo

Hutan pinus di kawasan ini tetap menjadi favorit pengunjung. Deretan pohon pinus yang menjulang tinggi dan berjajar rapi menghadirkan eksotisme tersendiri. Karena letaknya di dalam hutan pinus, pengunjung tidak bisa melewatkannya tanpa berfoto atau selfie.

Hutan pinus ini menjadi salah satu spot foto yang paling populer. Selain berfoto, bersantai di bawah naungan pohon pinus menjadi pilihan yang tak kalah menarik. Tahan dulu Tempat tidur gantung atau di hammock, pengunjung langsung merasa rileks.

Baca: Tiket dan Aktivitas CURUG CIGAMEA

Perabot

Fasilitas yang ada di kawasan wisata ini cukup lengkap, antara lain petunjuk menuju air terjun, tempat parkir yang luas, dan toilet, sehingga Anda tidak perlu harus ke sungai jika ingin buang air. Tersedia pula musholla bagi pengunjung yang salat. Jika Anda lapar, banyak terdapat warung tempat Anda bisa makan, minum atau sekedar ngopi.

Lokasi dan rute air terjun Ciputri

Objek wisata air terjun ini terletak di Tapos I, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat 16370. Jarak Kabupaten Bogor ke Curug Ciputri sekitar 21 kilometer. Estimasi waktu yang dibutuhkan kurang lebih 1 jam.

Dari Jalan Raya Bogor belok kanan menuju Dramaga lalu belok kiri di pertigaan menuju Kecamatan Tenjolaya. Kemudian berkendara lurus ke depan hingga pertigaan dan belok kiri di sana. Lanjutkan perjalanan lurus hingga sampai di loket tiket air terjun.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button