Tempat Wisata

Tiket masuk dan atraksi Taman Andhang Pangrenan

Harga Tiket Taman Andhang Pangrenan Purwokerto : Rp 2.500 – Rp 5.000 Jam : 08:00 – 22:00 WIBNr. Telepon: -Alamat: Jalan Gerilya Purwokerto Selatan, Windusara, Karangklesem, Banyumas, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia, 53142

Taman Andhang Pangrenan, Purwokerto adalah taman terbuka hijau, bekas terminal bus. Di manakah lokasi terminal yang kini dipindahkan ke kawasan Bulupitu? Meski bekas terminal, tidak mengurangi keindahan kawasan. Di sini pemandangannya benar-benar hijau seperti di kawasan pegunungan.

Hampir setiap sisinya selalu dipenuhi pepohonan rindang. Sedangkan permukaan tanahnya sebagian besar tertutup oleh rerumputan hijau. Agar semakin menarik, pihak pengelola menambahkan beberapa spot foto dan permainan. Dan untuk menunjang aktivitas pengunjung, telah disediakan beberapa fasilitas umum.

Harga tiket Taman Andhang Pangrenan Purwokerto

Taman Andhang Pangrenan mematok harga tiket yang berbeda-beda tergantung usia pengunjung. Yakni tiket dewasa-anak, keduanya relatif murah. Biaya ini sudah termasuk wahana bermain mobil mainan, becak, skuter, dan sepeda.

Biaya masuk ke Taman Andhang Pangrenan
menu anak-anak Rp 2.500
Tiket dewasa Rp5.000

Baca: THE FOREST ISLAND Purwokerto Tiket & Wahana Seru

Jam buka taman

Taman kota ini buka setiap hari dan hampir tidak pernah tutup. Pengunjung bisa datang kapan saja tanpa harus mengatur jadwal tertentu. Tapi jam buka dari pagi sampai sore.

jam buka
Hari jam tangan
Setiap hari 08.00 – 22.00 WIB

Objek Wisata Taman Andhang Pangrenan Purwokerto

Meski namanya terdengar aneh, taman ini tidak jauh berbeda dengan taman kebanyakan. Di sekelilingnya terdapat rerumputan hijau dan pepohonan rindang yang menghiasi seluruh area. Lalu ada beberapa spot unik yang bisa dijadikan background foto. Tak ketinggalan, ada juga fasilitas bermain untuk anak-anak.

terowongan lentera

Seorang pria berfoto di bawah terowongan lentera Taman Andhang Pangrenan.Terowongan lampion menghiasi area taman dengan warna seperti warna pelangi. Foto: Googemap/Andy Kristyagita

Hal yang menarik dari Taman Andhang Pangrenan adalah adanya terowongan yang unik. Dimana terdapat banyak lampion hias dengan warna yang berbeda di bagian atasnya. Dimulai dengan warna hijau, putih, merah, kuning dan diakhiri dengan warna biru. Semuanya tergantung rapi dari atap melengkung.

Keindahan tempat ini ditambah dengan tanaman hijau yang mengelilinginya. Di kanan dan kiri terlihat pepohonan yang lebat dan tegak. Sebagai permen, terdapat 2 patung Bagong yang membawa obor api di bagian depan. Sikapnya seolah-olah sedang berpidato kepada para pengunjung yang datang.

Baca: Tiket & Wahana THE VILLAGE Baturraden

tempat bermain anak-anak

Seorang anak menaiki wahana jembatan di Taman Andhang Pangrenan, Purwokerto.Taman bermain dengan banyak wahana menarik seperti seluncuran, ayunan, jungkat-jungkit dan masih banyak lagi. Foto: Googlemap/Ihda Maulida

Sebuah taman terasa kurang lengkap tanpa wahana. Di taman tersebut terdapat berbagai permainan untuk anak-anak. Anak-anak bisa bermain sepuasnya tanpa takut kotor. Pasalnya, permukaan lapangan bermain ditumbuhi rerumputan hijau. Anak-anak juga bisa berlari bolak-balik tanpa sepatu. Untuk menjaga kebersihan taman, pemerintah menempatkan tempat sampah di setiap sisi.

Kemudian ada juga berbagai jenis permainan yang bisa dimainkan oleh anak-anak. Diantaranya ada perosotan, ayunan, jungkat-jungkit dan masih banyak lagi. Ada juga spot keren berupa papan besar dengan gambar makanan di atasnya. Anak-anak sering menggunakan spot ini sebagai background foto.

Baca: Alun-alun Tabungan Ekonomi Pusat Kota Purwokerto

Beragam spot foto

Lapangan Naga Taman Andhang Pangrenan.Ada berbagai spot foto flora dan fauna seperti burung merak, naga, bunga rafflesia, jerapah dan masih banyak lagi. Foto: Google Maps/Arlyn Yuanita

Taman Andhang Pangrenan bukan sekadar ruang hijau. Ada juga beberapa spot foto keren yang akan memukau pengunjung. Sepanjang jalan Anda bisa melihat deretan patung flora dan fauna dengan bentuk yang unik. Diantaranya adalah burung merak, jerapah, naga, bunga rafflesia dan badak.

Dari semua spot foto yang paling unik yaitu patung naga. Dimana posisinya tidak berada di atas tanah. Namun posisinya melilit batang pohon besar.

Dari kejauhan, patung naga itu terlihat seperti melayang di udara. Sebenarnya ada sebatang besi penyangga bagian tubuhnya. Keunikannya juga bertambah dengan ekspresi mata yang menatap tajam dengan mulut terbuka. Yang terlihat seperti hendak menerkam sesuatu di depannya.

Baca: Tiket & Atraksi Baturade Dunia Kecil

Suasana yang menyenangkan di sekitar taman

Masyarakat Purwokerto betah berada di Taman Andhang Pangrenan karena suasananya yang menyenangkan. Dan jauh dari keramaian, udara sekitar juga terasa sejuk. Tak heran kawasan ini kerap menjadi pilihan tempat bersantai untuk melepas penat. Atau bisa juga menjadi tempat olahraga dan kegiatan piknik keluarga.

Keunggulan wisata ini terletak pada banyaknya tanaman hijau yang tumbuh di sekitar taman. Salah satunya adalah bunga Zinia pink dan putih yang elegan. Tanaman ini memiliki tinggi sekitar 75 cm dengan ukuran kepala bunga hingga 5 cm. Biasanya proses pembungaan pada musim semi hingga musim gugur.

Selain bunga, taman ini juga dipenuhi pohon buah Berenuk. Tingginya sekitar 10 meter dan bentuk batangnya silindris. Sedangkan buahnya berbentuk bulat dan berwarna hijau. Dan selain tumbuhan, ada pohon pinus dan pohon kelapa berukuran sedang.

perabot

Pemerintah telah menyediakan berbagai fasilitas umum yang dapat menunjang aktivitas pengunjung. Ada bangku kayu untuk kegiatan santai. Tersedia juga tempat parkir yang luas, tempat makan, mushola dan toilet. Ada juga panggung megah yang bisa digunakan masyarakat untuk acara-acara tertentu.

Lokasi Taman Andhang Pangrenan, Purwokerto

Taman kota ini terletak di Jalan Gerilya Purwokerto Selatan, Windusara, Karangklesem, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Dari Alun-alun Kota Purwokerto jaraknya sekitar 3 km.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button