Tak Berkategori

Tiket masuk dan kegiatan jalan hutan Babakan, Januari 2024

Jalan hutan Babakan Siliwangi

  • Biaya masuk: Bebas
  • Jam buka: 9 pagi hingga 4 sore
  • Nomor telepon:
  • Alamat lokasi : Jl. Tamansari No. 73, Lb. Siliwangi, Coblong, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40132

Forest Walk Babakan Siliwangi merupakan fasilitas umum berupa hutan kota. Hutan ini merupakan hutan kota yang masih aktif di Kota Bandung hingga saat ini. Letaknya strategis di kawasan Taman Sari dekat kampus ITB dan kebun binatang.

Kawasan ini memiliki suasana sejuk karena didominasi pepohonan rindang. Jembatan kayu dan besi yang saling berhubungan mengelilingi area ini dan menyediakan jalan melewati hutan. Pengunjung bisa berjalan melintasi jembatan kayu sambil menikmati segarnya udara di kawasan hutan kota ini.

Baca: 49 Tempat Wisata di Bandung Terlengkap

Biaya masuk Babakan Siliwangi Forest Walk

Pengunjung yang ingin berkunjung ke hutan kota ini tidak dikenakan tiket masuk karena merupakan taman kota. Biaya parkirnya hanya Rp 3.000 hingga 5.000 tergantung jenis kendaraan.

Baca: Tiket Masuk Taman Hutan Raya Djuanda dan Berbagai Kegiatannya

Jam buka Babakan Siliwangi Bandung

Hutan Kota Bandung dapat dikunjungi setiap hari mulai pagi hari.

Hari jam buka
Senin Jum'at 09.00 – 16.00
Sabtu Minggu 08:30 – 17:00

Jam buka Siliwangi Bandung

Kegiatan yang dapat dilakukan di hutan kota ini antara lain:

1. Olah raga sambil jogging dan jalan kaki

Rute jembatan jalan hutan BabanganRute jembatan jalan hutan BabanganForest Walk Babakan Siliwangi menyediakan jalur jembatan untuk menjelajahi kawasan hutan. Foto: Eko Sulistio

Aktivitas utama yang bisa dilakukan di tempat ini adalah olah raga. Sesuai fungsinya, Forest Walk Babakan Siliwangi diciptakan untuk kesehatan warga Kota Bandung. Namun karena letaknya yang eksotik, Wak Hutan kerap berganti fungsi tanpa kehilangan fungsi utamanya.

Latihan di tempat ini paling menyenangkan untuk berdua, dan lokasinya yang romantis membuat latihan semakin menyenangkan. Pepohonan tumbuh dan menyebarkan akar-akar yang menggantung, membuat suasana hutan semakin terasa. Selain itu, kualitas udara juga sangat baik bagi warga yang berolahraga.

Baca: Grafik Tiket Masuk Cikole Lembang dan 5 Aktivitas Menariknya

Olah raga yang bisa dilakukan di sini adalah jogging dan jalan kaki. Jalan kaki saja sudah cukup membuat tubuh berkeringat. Meski begitu, berkeringat di tempat sejuk seperti ini tidak membuat lelah, justru menyenangkan.

2. Mencari foto bernuansa alam dan hutan

Mencari foto dari jalan hutan Babakan SiliwangiMencari foto dari jalan hutan Babakan SiliwangiBerfoto bernuansa alam di Taman Hutan Kota Babakan Siliwangi. Foto: Hafilda Hafilda

Suasana alami yang tercipta dari pepohonan rindang di kawasan ini menjadikan tempat ini sebagai spot foto yang paling banyak diminati. Yang unik pula, jembatan yang dibuat sebagai arena lari ini juga memiliki desain yang unik. Hal ini memperkuat kesan bahwa tempat ini Instagrammable.

Konsep foto yang dibuat bisa juga berupa foto selfie atau profesional. Bahkan dengan kamera ponsel, hasil pengambilan foto di lokasi ini akan terlihat bagus. Lokasi yang teduh menyaring sinar matahari sehingga dapat menimbulkan cahaya latar pada foto.

3. Bersantai dan menikmati kesegaran alam

Bersantai di sirkuit SiliwiangiBersantai di sirkuit SiliwiangiBersantai dan nikmati kesegaran alam yang dikelilingi pepohonan di Hutan Kota Bandung, Babakan Siliwangi. Foto: Jessica Levi

Ini disebut hutan kota, diciptakan untuk mengimbangi polusi udara perkotaan yang baru terjadi. Udara di kawasan pendakian hutan Babakan Siliwangi sangat bagus. Polusi udara dari kendaraan bermotor tidak akan terlalu berlebihan di kawasan ini.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Wisata Dago Dream Park Bandung

Sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang datang berkunjung untuk menikmati segarnya udara dan suasana jalan-jalan di hutan. Suasana hutan sangat terasa di kawasan ini, apalagi pengunjung bisa menjelajahi setiap sudutnya. Pengunjung yang datang kesini akan merasakan kesegaran setelah berjalan di Babakan Siliwangi Forest Walk.

4. Piknik keluarga

Piknik di Forest Walk Babangan SiliwangiPiknik di Forest Walk Babangan SiliwangiAjak teman dan keluarga untuk piknik di jalan hutan Babakan Siliwangi.

Tempatnya yang sejuk, segar dan sejuk membuat jalan-jalan di hutan sangat digemari oleh warga dan wisatawan. Oleh karena itu, forest walk Babakan Siliwangi juga sangat direkomendasikan untuk liburan keluarga. Beberapa tempat bahkan sangat cocok untuk anak kecil.

Jembatan besi terlihat stabil dan menyesuaikan dengan gerak gembira anak. Lantai kayu sangat aman untuk pergerakan terkecil anak. Selain itu, kursi santainya dibuat sedemikian rupa sehingga pengunjung merasa nyaman saat beraktivitas.

5. Wisata kuliner

Kafe di Forest Walk Babangan SiliwangiKafe di Forest Walk Babangan SiliwangiPengunjung juga bisa menikmati kuliner di kawasan hutan kota ini. Foto: Aurora Wibrianne

Setelah berjalan-jalan dan bersantai di jalur hutan Babakan Siliwangi, pengunjung dapat mencoba wisata kuliner Baksil. Meski tidak ada menu khusus Babangan Siliwangi di kawasan kuliner ini, jajanan khas Bandung sering Anda jumpai. Pengunjung bisa mendapatkan semua masakan khas Pasundan seperti tahu bakso, batagor dan tahu sumedang di sini.

Lokasi Jalan Hutan Babakan

Taman hutan kota ini terletak di Jl. Tamansari No. 73, Lb. Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button