Tak Berkategori

Tiket masuk dan kegiatan Taman Nasional Way Kambas Januari 2024

Taman Nasional Way Kambas

  • Biaya masuk: 5.000 hingga 225.000 Rp
  • Jam buka: 08.00 – 18.00
  • Nomor telepon: (0725) 764 6010
  • Alamat lokasi : Jl. Taman Nasional Way Kambas, Labuhan Ratu, Lampung Timur, Lampung, Indonesia, 34194

Indonesia mempunyai alam dan ekosistem yang luar biasa. Faktanya, banyak daerah di Indonesia yang masih sangat alami dan indah. Faktanya, satwa liar endemik juga hidup di sana. Salah satunya adalah Taman Nasional Way Kambasekosistem alami yang terkenal dengan gajahnya.

Taman Nasional Way Kambas merupakan salah satu dari dua taman nasional yang ada di Lampung. Ekosistem alami memungkinkan berbagai jenis tumbuhan dan hewan tumbuh dengan baik. Pengunjung juga bisa merasakan betapa alaminya ekosistem yang ada di taman nasional ini. Menampilkan satwa liar yang menghuni ekosistem Way Kambas.

Biaya masuk Taman Nasional Way Kambas

Sebagai cagar alam dan daya tarik wisata, pengunjung yang datang mempunyai tujuan tertentu. Ada yang datang karena alasan wisata, ada pula yang karena alasan penelitian. Selain itu, ada juga pengunjung yang datang kesini untuk membuat film atau video. Harga yang dikenakan pun bervariasi tergantung tujuan kunjungan. Harga tiket masuknya sendiri berkisar antara Rp 5.000 hingga 225.000.

Jenis tiket Harga tiket hari kerja/akhir pekan
Tiket masuk bagi wisatawan domestik Rp 5.000 / Rp 7.000
Tiket masuk bagi wisatawan mancanegara Rp 150.000 / Rp 225.000
Biaya parkir untuk 2 sepeda Rp5.000
Biaya parkir untuk kendaraan 4WD Rp10.000
Tarif parkir kendaraan roda 6 Rp50.000

Biaya masuk Taman Nasional Way Kambas

Baca: Tiket Masuk PANTAI KERANG MAS Lampung dan Berbagai Aktivitasnya

Jam buka Taman Nasional Way Kambas

Jam berkunjung Way Kambas bagi wisatawan umum adalah pukul 08.00 hingga 18.00. Untuk kegiatan lain seperti penelitian atau sejenisnya yang perlu dilakukan di luar jam operasional, Anda dapat menghubungi pengelola.

Trekking di Taman Nasional Way Kambas

Gajah mandi di sungaiGajah mandi di sungaiGajah mandi di sungai. Foto: Gmap/Tambayu Rizqi

Baca: Tiket Masuk PUNCAK MAS Lampung dan Berbagai Wahana Serunya

Secara geografis Way Kambas terletak di bagian tenggara Pulau Sumatera, tepatnya di Provinsi Lampung. Luasnya kurang lebih 125.631,31 hektar, memiliki keanekaragaman flora dan fauna serta keindahan alam.

Sejarah menunjukkan bahwa berdirinya Way Kambas dimulai pada tahun 1936 oleh warga Lampung Bapak. Pembuat menara. Tempat ini kemudian ditetapkan sebagai cagar alam untuk melindungi berbagai satwa liar.

Way Kambas memiliki topografi yang relatif datar hingga sedikit bergelombang dengan ketinggian 0 hingga 50 meter di atas permukaan laut. Wilayah timur merupakan wilayah lembah yang dibelah oleh sungai sehingga membentuk topografi bergelombang.

Selain itu, jenis tanah yang paling banyak terdapat di kawasan taman nasional ini adalah tanah podsolik. Rata-rata umur tanah relatif muda hal ini disebabkan oleh sedimentasi atau pengendapan.

Way Kambas juga memiliki kawasan sabana, hutan, dan sungai. Pengunjung bisa berfoto bersama satwa yang biasanya gajah, tepat di sabana.

Jika masuk ke dalam hutan, Anda juga akan melihat gajah sedang mandi. Atau berjalan di sungai dengan cipratan air ke seluruh tubuh.

Pusat Suaka Gajah

Gajah berjalan di kawasan hutanGajah berjalan di kawasan hutanGajah berjalan di kawasan hutan. Foto: Gmap/Oktora Wijayanto

Baca: Tiket Masuk BUKIT SAKURA Lampung dan Berbagai Wahana

Gajah merupakan salah satu satwa yang dikelola paling intensif di Taman Nasional Way Kambas. Gajah-gajah ini ditampung di Pusat Pelatihan Gajah (PLG). Semula tujuan didirikannya PLG adalah untuk melatih gajah dan bukan menyerang manusia. Sebab, PLG berharap bisa menjadi pusat konservasi gajah sumatera yang berkualitas.

Gajah-gajah ini dilatih dengan berbagai latihan yang menjadikannya jinak. Hal ini mencakup pelatihan penangkapan ikan, pelatihan atraksi dan cara melakukan pekerjaan tertentu. Pengunjung dapat merasakan atraksi ini bahkan berinteraksi langsung dengan gajah. Ini termasuk menari gajah, menendang bola, parade dan melintasi barisan orang.

Selain itu pengunjung juga bisa menunggangi gajah. Hal yang paling menarik adalah Safari malam, dimana pengunjung bisa menjelajahi hutan sambil menunggangi gajah. Atraksinya seru karena berlangsung pada malam hari di hutan yang gelap dan dingin. Di sinilah adrenalin pengunjung diuji untuk berkeliling kawasan PLG.

Pengamatan burung di Way Kanan Resort

Konservasi gajah di Taman Nasional Way KambasKonservasi gajah di Taman Nasional Way KambasPawang dengan gajah. Foto: Gmap/Faisal Reza Sukmawan

Baca: Tiket Masuk Lampung Green Valley dan Aktivitas Menariknya

Selain Elephant Training Center, ada tempat yang wajib dikunjungi yaitu Way Kanan Resort. Di kawasan ini terdapat berbagai jenis ekosistem yang masih sangat asri. Lokasinya sangat strategis untuk menjangkau tempat wisata alam menarik lainnya di kawasan tersebut. Lokasi ini dekat dengan Kalibiru, Kuala Kambas dan Wako.

Pengunjung bisa menikmati pemandangan indah di sepanjang Sungai Way Kanan hingga Pantai Kuala Kambas. Ini adalah gradasi tipe ekosistem yang sangat menarik. Mulai dari ekosistem riparian, hutan payau hingga hutan mangrove dan hutan pantai. Kawasan ini berada di dekat alur sungai yang mendukung ekosistem hutan hujan dataran rendah dan rawa.

Pengunjung dapat mengamati burung di kawasan ini. Terdapat berbagai jenis burung di sana, beberapa di antaranya tergolong langka. Diantaranya adalah jenis burung tongkat hutan, elang, burung enggang dan beberapa burung kecil lainnya. Saat cuaca sedang tenang, pengunjung bisa mengamati burung ini dari dekat.

Baca: 8 Tempat Wisata Menarik di Lampung

Lokasi Taman Nasional Way Kambas

Taman nasional ini terletak di Lampung, tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur. Letaknya sekitar 90 kilometer dari kota Bandar Lampung. Dapat dicapai dalam waktu 2,5 jam dengan mobil.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button