Tak Berkategori

Tiket masuk dan kegiatan Taman Tegallega, Januari 2024

Taman Tegallega

  • Biaya masuk: Rp1.000
  • Jam buka: 6 pagi – 6 sore
  • Nomor telepon:
  • Alamat lokasi : Jl. BKR No. 185, Petugas Kesejahteraan Hewan, Astanaanyar, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40243

Kota Bandung mempunyai daya tarik tersendiri dengan taman dan ruang hijaunya yang beraneka ragam. Setiap taman menawarkan pengalaman berbeda, mulai dari Taman Orang Tua yang menenangkan hingga Taman Jomblo yang terkenal dengan bangku-bangkunya lajang berwarna-warni. Semua taman tersebut bisa menjadi destinasi wisata yang menarik dan murah. Sayang juga jika melewatkan sebuah taman Taman Tegallega.

Tegallega Theme Park merupakan sebuah ruang terbuka yang menempati area luas di tengah hiruk pikuk kota. Wisatawan tak hanya bisa menikmati kesejukan pepohonan yang hadir. Terdapat berbagai fasilitas menarik lainnya di taman ini, seperti taman lampion dan monumen peringatan bersejarah.

Baca: 49 Tempat Wisata di Bandung Terlengkap

Biaya masuk Taman Tegallega

Untuk memasuki kawasan Taman Tegallega, pengunjung hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp1.000 saja.

Baca: Tiket Masuk Taman Wisata Bandung Bougenville dan Berbagai Aktivitasnya

Jam buka Taman Tegallega

Taman hiburan ini dapat dikunjungi pada hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 6 pagi hingga 6 sore. Taman ditutup setiap hari Senin untuk pekerjaan perawatan dan pemeliharaan.

Daya tarik Taman Tegallega

Taman TegallegaTaman TegallegaTaman Tegallega terletak di tengah hiruk pikuk kota Bandung – Foto: SalpaGoogle Maps/

Baca: Pet Park Bandung Taman Favorit pecinta binatang

Taman Tegallega merupakan salah satu taman kota dan ruang terbuka yang ada di Kota Bandung. Karena luas taman ini sekitar 19 hektar, maka pantaslah diberi nama “Tegal Lega” yang artinya “tanah luas”. Tanah ini digunakan sebagai tempat beraktivitas masyarakat di Kota Bandung sejak masa pendudukan Belanda.

Sebagai salah satu taman di Kota Bandung, taman ini pun tak luput dari kreatifitas renovasi. Setelah menjalani beberapa tahap revitalisasi sejak tahun 2016, Taman Tegallega kini memiliki wajah baru yang lebih tertata. Pengunjung dapat dengan mudah menikmati ruang hijau, taman lentera, dan fasilitas olahraga di sini.

Baca: 14 Theme Park Paling Seru di Bandung

Dari pacuan kuda hingga taman yang indah

Daerah tamanDaerah tamanRuang hijau sejuk – Foto: Google Maps/cep budhi darma

Baca: Tiket Masuk dan Objek Wisata Bandung Korean Village

Keberadaan Taman Tegallega ternyata dikaitkan dengan aktivitas warga Kota Bandung sejak tahun 1940-an. Saat itu bukan ruang terbuka hijau, melainkan tempat pacuan kuda.

Kegiatan ini sangat populer di kalangan penduduk lokal dan warga Belanda yang tinggal di Bandung saat itu. Selain itu, kawasan ini juga digunakan sebagai tempat pementasan acara berlayar.

Kini Tegallega telah menjelma menjadi ruang terbuka hijau yang nyaman. Terdapat pepohonan di sekitar taman yang memberikan udara sejuk. Dilengkapi dengan bangku-bangku di sekelilingnya, Taman Tegallega menjadi tempat yang cocok untuk bersantai di tengah kota.

Di bagian depan terdapat taman lentera, area yang diciptakan melalui revitalisasi. Saat masuk, pengunjung melewati lapangan olah raga dan area skateboard bermain skateboard. Di ujung taman terdapat Monumen Bandung Lautan Api yang menjulang tinggi.

Taman Lentera Dinosaurus

Taman LenteraTaman LenteraLampion berbagai bentuk dan warna di Taman Lampion Tegallega – Foto: Google Maps/citruz grandis

Baca : 5 Tempat Wisata Bandung Square

Kawasan yang kini menjadi daya tarik utama Taman Tegallega adalah Taman Lampion. Kawasan yang diberi nama Taman Lampion ini dipenuhi deretan lampion dengan berbagai bentuk, dengan bentuk dinosaurus yang mendominasi. Begitu memasuki area taman melalui gerbang masuk, pengunjung langsung disambut replika lampion Tyranosaurus Rex atau T-Rex.

Taman Lentera memiliki tema kuno. Di sana-sini terdapat lampion besar berbentuk dinosaurus yang bersinar warna-warni di malam hari.

Replika telur dinosaurus yang disusun sedemikian rupa merangsang imajinasi, terutama pada anak-anak. Sejak dibuka pada pertengahan tahun 2019, kawasan Taman Tegallega ini menjadi destinasi wisata keluarga budget yang populer.

Olahraga

BidangBidangLapangan olah raga besar – Foto: Google Maps/tasripin rvp arip

Baca: Tiket Masuk Taman Lalu Lintas Bandung dan Kegiatannya

Fasilitas lain yang ada di taman ini adalah area olah raga. Terdapat lapangan luas yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan olah raga seperti sepak bola dan atletik. Fasilitas ini dapat digunakan oleh siapa saja.

Taman Tegallega juga sangat digemari oleh para penggemar olahraga atraktif lainnya. bermain skateboard dan sepeda BMX, dan masih banyak lagi. Taman ini juga bisa dimanfaatkan oleh komunitas cinta Parkour untuk berlatih dan menunjukkan keterampilan Anda. Prospek atraksi olah raga menjadi daya tarik lain bagi pengunjung.

Monumen BLA

Monumen BLAMonumen BLAMonumen Laut Api Bandung – Foto: Google Maps/Yusep Setiawan

Baca: Tiket Masuk Babakan Forest Walk dan Aktivitas

Monumen Laut Api Bandung menjadi tujuan pengunjung Taman Tegallega selanjutnya. Monumen setinggi kurang lebih 45 meter ini memperingati kebakaran besar di Bandung pada tahun 1946. Saat itu, Bandung dibakar secara massal oleh warganya agar tidak jatuh ke tangan Belanda.

Dilihat dari atas, Tugu BLA tampak memukau di tengah area bertaburan batu berornamen. Pengunjung bisa berfoto dengan monumen ini sebagai kenang-kenangan. Monumen ini tidak hanya menjadi tujuan rekreasi tetapi juga membuktikan bahwa Taman Tegallega juga menjadi objek wisata sejarah yang menarik.

Pasar pagi

Pasar pagiPasar pagiPenjual makanan berjualan di pasar pagi Tegallega – Foto: Google Maps/Sutono Famina

Taman Tegallega juga populer sebagai tempat pasar pagi. Di hari biasa ada warung sayur, kue dan menu sarapan. Pasar ini sangat sibuk pada hari Minggu pagi. Pasar pagi Tegallega tidak hanya menjual makanan, tetapi juga pakaian, mainan, dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Fasilitas Taman Tegallega

Pasca revitalisasi, Taman Tegallega kini memiliki fasilitas yang lebih baik. Taman ini dilengkapi dengan toilet, musala, bangku taman dan lapangan sebagai sarana olah raga. Tempat ini juga selalu dipenuhi penjual makanan di sekitar taman, sehingga pengunjung tidak perlu bingung jika ingin mengisi perut.

Lokasi Taman Tegallega

Taman rekreasi ini letaknya persis di seberang Museum Sribaduga, tepatnya di Jalan BKR, Ciateul, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Jawa Barat. Lokasinya cukup strategis karena dikelilingi jalan raya yang selalu ramai, dekat dengan berbagai fasilitas umum dan dapat diakses dengan angkutan umum. Beberapa angkutan umum yang melintasi Tama Tegallega adalah angkutan umum Cibaduyut – Kebon Kalapa, Kebon Kalapa – Cicaheum dan Cijerah – Derwati.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button