Tempat Wisata

Tiket masuk dan koleksi Museum Benteng VREDEBURG Maret 2023

Harga tiket masuk Museum Benteng Vredeburg: Rp 2.000 – Rp 10.000. Jam buka: 08.00 – 16.00 WIB. Nomor Telepon : 0274586934. Alamat / Tempat : Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55122.

Bepergian sambil melihat sekilas sejarah Indonesia di Jogja, Museum Benteng Vredeburg Lokasi. Terletak di jantung kota Yogyakarta tepatnya di sisi utara Kraton Yogyakarta. Didirikan pada tahun 1765, bangunan ini telah menjadi cagar budaya.

Bangunan bersejarah ini berdiri di atas tanah seluas kurang lebih 2100 m², dulunya merupakan benteng pertahanan. Benteng Vredeburg menjadi saksi perjuangan rakyat melawan penjajah. Pada tahun 1985, Benteng Vredeburg berubah fungsi menjadi museum. Di museum ini terdapat beberapa peninggalan sejarah berupa benda nyata dan replika.

Biaya masuk Museum Benteng Vredeburg

Harga tiket yang ditawarkan sangat ramah di kantong. Pengunjung akan dikenakan biaya antara Rp 2.000 dan Rp 10.000.

Biaya masuk Museum Benteng Vredeburg
Tiket masuk untuk anak-anak Rp 2.000
Tiket dewasa Rp3.000
Tiket masuk untuk turis asing Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk dan Wahana TAMAN PINTAR Yogyakarta

Jam buka Museum Benteng Vredeburg

Jika Anda mengunjungi museum, pastikan untuk tidak datang pada hari Senin. Museum tutup pada hari Senin dan Idul Fitri/Adha.

jam buka
Selasa Minggu 08:00 – 16:00 WIB

Libur nasional tetap buka (kecuali Senin atau Idul Fitri/Adha)

Kegiatan menarik di Museum Benteng Vredeburg

pintu masuk benteng vredeburgPintu masuk Benteng Vredeburg. foto:/instagram/museum. jauh. vredeburg

Museum sejarah ini semakin inovatif untuk menarik pengunjung. Karena program yang ditawarkan, museum ini sekarang menjadi tempat yang populer bagi anak-anak dan remaja.

Pengunjung kini dapat mengunduh aplikasi Artifact sebagai panduan untuk mengunjungi museum. Aplikasi ini memungkinkan pengunjung menjelajahi diorama demi diorama sambil memindai koleksi.

Di museum ini, aplikasi hanya bisa digunakan di Diorama II dan Diorama III. Hanya dengan memindai barcode yang tertera pengunjung akan mendapatkan gambaran hasil scan.

Baca: Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu & Top 3 Aktivitas

Koleksi diorama Museum Benteng Vredeburg

Saat memasuki museum, pengunjung disuguhkan berbagai koleksi diorama. Ada 4 diorama yang dipamerkan diantaranya;

Diorama I: Terdiri dari 11 minirama yang menggambarkan peristiwa dari masa Pangeran Diponegoro hingga pendudukan Jepang di Yogyakarta.

Baca: Tiket Masuk Museum MERAPI dan 6 Kegiatan Pilihan

Diorama IDiorama I

Diorama II : Terdiri dari 19 minirama yang menggambarkan peristiwa sejarah dari Proklamasi Kemerdekaan hingga agresi militer Belanda di Indonesia

ruang diorama II-Ruang Diorama II

Diorama III : Terdiri dari 18 minirama yang menggambarkan peristiwa Renville Accords yang mengakui kedaulatan Negara Indonesia Serikat.

Diorama IV : Terdiri dari 7 minirama yang menggambarkan peristiwa sejarah dari periode negara kesatuan Republik Indonesia hingga era Orde Baru.

Ruang pamer diorama IVRuang pamer diorama IV

wisata malam

Untuk kegiatan ini, pengunjung akan dibatasi. Prosesnya mudah dengan mendaftar melalui akun Instagram resmi museum. Kegiatan ini merupakan konsep terkini dalam memupuk jiwa patriotik dan nasionalisme. Sasaran utamanya adalah anak muda, untuk orang tua juga diperbolehkan.

Jelajah malam hari di Museum Benteng VredeburgJalan-jalan malam di museum

Kegiatan penjelajahan Malam Museum dikemas dalam bentuk permainan kelompok. Sambil menikmati suasana nokturnal bangunan kolonial, pengunjung akan belajar tentang sejarah bangsa Indonesia.

Layanan Penerbitan

Museum sekarang menambah fasilitas untuk layanan penerbitan. Fasilitas ini merupakan alat musik sebagai sarana ekspresi seni bagi pecinta museum. Bekerja sama dengan beberapa siswa berbakat dari sekolah musik ternama di Yogyakarta untuk mengisi fasilitas ini.

Jasa pelepasan di Benteng VredeburgJasa pelepasan di Benteng Vredeburg

Pengunjung yang berpartisipasi juga dapat menikmati pertunjukan seni musik di layanan penerbitan. Layanan ini merupakan bentuk inovasi untuk menciptakan layanan pendidikan yang menyenangkan di museum.

Gerakan Sehat

Setiap Jumat pagi museum menyelenggarakan senam sehat. Kegiatan ini rutin dilakukan oleh pegawai museum. Senam pagi ini terbuka bagi pengunjung yang ingin mengendurkan otot yang tegang. Dipandu oleh instruktur senam terpercaya, pengunjung akan merasakan tubuh mereka semakin bugar.

Senam sehat di halaman museumSenam sehat di halaman museum.

Tempat foto bergaya klasik

Lokasi museum berada di tengah pusat wisata kota Yogyakarta. Letaknya yang strategis akan menarik banyak wisatawan, terutama karena gaya arsitektur bangunannya. Pengunjung seolah dibawa kembali ke zaman kolonial Belanda.

spot foto terbaikSpot foto terbaik juga bisa ditemukan di sekitar area museum.

Ciri khas bangunan benteng ini adalah temboknya yang tebal dan parit di sekelilingnya yang dilengkapi bastion di keempat sudutnya. Tak heran jika banyak pengunjung yang mengabadikannya dalam bentuk foto. Bahkan ada yang rela menyiapkan dress code agar terlihat berkelas.

Fasilitas Museum Benteng Vredeburg

Fasilitas yang tersedia di dalam museum juga cukup lengkap untuk menjamin kenyamanan para pengunjung. Toilet bersih, mushola, ruang audiovisual, kantin dan kedai kopi.

Alamat Museum Benteng Vredeburg

Museum sejarah ini terletak di pusat kota Yogyakarta. Lokasinya tidak jauh dari Keraton Yogyakarta, tepatnya di Jl. Gen. A. Yani No. 6, Yogyakarta 55224, Indonesia.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button