Tak Berkategori

Tiket masuk dan objek wisata Air Terjun Cibareubeuy Januari 2024

Air Terjun Cibareubey

  • Biaya masuk: Rp10.000
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Nagrak, Ciater, Subang, Jawa Barat, Indonesia, 41281

Berwisata ke air terjun memang tidak pernah membosankan. Menikmati segarnya air alami dan dikelilingi suasana alam yang asri merupakan kegiatan yang cocok untuk melepas kepenatan. Saat anda berada di Subang, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat wisata Air Terjun Cibareubey.

Lokasi tersebut menawarkan suasana pedesaan yang masih asri. Wisatawan akan terkesima dengan indahnya panorama persawahan dan sungai dengan udara yang sejuk.

Biaya masuk air terjun Cibareubeuy

Harga tiket masuk objek wisata Curug Cibareubeuy tidak akan terlalu membebani dompet Anda. Dengan membayar Rp 10.000, pengunjung bisa menikmati keindahan dan kesegaran air terjun sepuasnya. Namun tiket ini belum termasuk biaya akomodasi.

Baca: Air Terjun Cileat Subang, Perpaduan Hutan dan Tebing Hijau

Jam buka Curug Cibareubeuy

Objek wisata air terjun ini dibuka untuk umum selama 24 jam. Wisatawan dapat berkunjung pada hari biasa dan hari libur. Tempat ini biasanya lebih ramai pada akhir pekan.

Pesona Curug Cibareubeuy

Panduan Menuju Air Terjun CibareubeuyPanduan Menuju Air Terjun CibareubeuyObjek wisata Air Terjun Cibareubeuy terletak di Desa Cibeusi Kabupaten Subang – Foto: Google Maps/Umar Toriq

Baca: Tiket Masuk Air Terjun Cijalu Subang dan Pesona Alamnya

Curug Cibareubeuy merupakan air terjun yang cukup dikenal warga Subang. Sebagai objek wisata, air terjun ini selalu menjadi tujuan liburan populer.

Air Terjun Cibareubeuy mengalir menuruni tebing Gunung Karamat di Subang. Ketinggiannya mencapai sekitar 40 meter. Untuk mencapai air terjun yang berada di tengah pegunungan ini, wisatawan harus melewati persawahan dan menyusuri sungai.

Rute hijau

Panorama sawahPanorama sawahPemandangan persawahan sepanjang jalan menuju air terjun – Foto: Google Maps/D PeNgEtAhUaN

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Ciater Highland Resort Subang

Pengunjung tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan untuk mencapai air terjun. Dari tempat parkir, pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Jarak tempuhnya sekitar satu jam perjalanan.

Ada dua pilihan rute untuk menuju Curug Cibareubeuy. Yang pertama adalah jalur pegunungan yang hanya diperbolehkan bagi pendaki berpengalaman. Yang kedua adalah jalan setapak yang dapat diakses publik.

Lihat dari kejauhanLihat dari kejauhanPemandangan Curug Cibareubeuy dari jembatan di atas sungai – Foto: Google Maps/Wiwin Winarti

Baca: Tiket dan Wahana PLANET WATERBOOM Subang

Namun, tidak perlu khawatir akan kelelahan. Jalur pendakian ini menawarkan suasana persawahan yang sejuk dan menyenangkan. Pengunjung juga melewati beberapa sungai yang airnya jernih. Jika lelah ditengah perjalanan, pengunjung dapat beristirahat di kios yang telah disediakan.

Air Terjun Cibareubey

Air Terjun Cibareubeuy mempunyai bentuk zigzagAir Terjun Cibareubeuy mempunyai bentuk zigzagCurug Cibareubeuy terlihat dari jauh dengan bentuknya yang zigzag – Foto: Google Maps/yogi gautama

Setelah berkendara menyusuri persawahan dan sungai, suara gemericik air akan terdengar semakin jelas. Ini pertanda lokasi air terjun semakin dekat. Dari kejauhan terlihat air terjun Cibareubeuy mengalir menuruni tebing.

Pengunjung bermain-main di sekitar danau air terjunPengunjung bermain-main di sekitar danau air terjunPelangi yang terbentuk tampak di atas air terjun Cibareubeuy – Foto: Google Maps/Sonia Ghita

Air Terjun Cibareubeuy mempunyai bentuk ramping dengan lekukan di sana-sini. Dari kejauhan bentuknya menyerupai zigzag yang unik. Di bawahnya terdapat telaga yang tidak terlalu besar dengan air yang mengalir.

Di danau ini pengunjung bisa bermain dan berenang air sepuasnya. Jika beruntung, pengunjung bisa melihat pelangi di sana saat cuaca cerah. Pelangi tercipta dari sinar matahari yang dibiaskan oleh air terjun.

Baca: 5 Tempat Wisata Menarik di Subang

Desa Senyum

Barisan barisBarisan barisDeretan gubuk di sepanjang sungai di Smile Village – Foto: Google Maps/Fanny Hariadi

Di sekitar air terjun terdapat tempat istirahat bernama Kampung Senyum. Kawasan ini diciptakan oleh penduduk setempat sebagai tempat rekreasi dan akomodasi serta pengenalan budaya Sunda.

Kampung Smile terdiri dari beberapa gubuk beratap jerami dan menawarkan pengalaman bersantai dikelilingi alam. Di sini pengunjung bisa menikmati Nasi Liwet dan belajar budaya Sunda langsung dari pemilik penginapan.

Pengunjung yang sekedar ingin berfoto ria di sini tidak dipungut biaya masuk. Kampung Smile dibangun dengan kearifan lokal dan tanpa merusak lingkungan aslinya. Hal ini memberi pengunjung pengalaman maksimal dalam terhubung dengan alam.

Menara foto

Ambil foto di dermagaAmbil foto di dermagaPengunjung berfoto di dermaga dengan pemandangan langsung Curug Cibareubeuy dari kejauhan – Foto: Google Maps/Rizky Hairil

Jika masih kurang puas berfoto di Kampung Smile, gunakan tenaga dan naik sedikit. Saat mendekati punggung bukit terdapat area selfie atau selfie Selfie di ketinggian. Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang air terjun Cibareubeuy di kejauhan.

Pengunjung berayun di tempat tidur gantungPengunjung berayun di tempat tidur gantungPengunjung berayun di hammock dengan latar belakang air terjun Cibareubeuy – Foto: Faisyal Syahnada

Peluang berfoto pun beragam. Terdapat area tempat duduk dengan meja dan kursi kayu, Tempat tidur gantung, ayunan, hingga sepeda motor. Pengunjung hanya perlu membayar tiket dan bisa mengekspresikan kreativitasnya dengan fasilitas yang tersedia.

Yang paling populer adalah menaranya, yang menawarkan pengunjung kesempatan untuk mengambil foto dari ketinggian. Biasanya terjadi antrian panjang di menara ini, terutama di akhir pekan. Hal ini dikarenakan perpaduan indahnya panorama hutan, gunung, dan air terjun yang ditawarkannya.

Fasilitas air terjun Cibareubeuy

Fasilitas yang ada di kawasan wisata air terjun ini sudah lengkap. Toilet, warung makan, dan musala tersedia di sini. Penginapan terdekat yang tersedia adalah Kampung Smile yang letaknya tidak jauh dari air terjun. Pengunjung dapat berkemah di sana atau menyewa rumah liburan. Fasilitas yang tersedia sangat lengkap.

Akses dan Lokasi Curug Cibareubeuy

Dari parkiran Sari Ater wisatawan tinggal mengikuti jalan menurun. Jalan ini tidak bercabang dan membawa pengunjung sampai ke tempat parkir air terjun dalam waktu sekitar 30 menit. Perjalanan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki. Jalurnya berupa jalan setapak melewati sawah dan sungai. Waktu berjalan kaki menuju kawasan air terjun sekitar satu jam.

Air terjun ini terletak di Kabupaten Subang tepatnya di Desa Cibeusi Kecamatan Jalan Cagak. Lokasinya tidak jauh dari kawasan wisata Sari Ater. Namun tempat tersebut hanya bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button