Tempat Wisata

Tiket masuk dan wahana DUSUN SEMILIR Tour Desember 2022

Biaya masuk Dusun Semilir : Rp 30.000 – Rp 90.000Jam buka: Hari kerja: 09.00 – 18.00, akhir pekan: 08.00 – 20.00Tidak Telepon: 08112747724Alamat: Jalan Soekarno Hatta No.49 Ngemple, Bawen, Ngemplak, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50661

Dusun Semir merupakan tempat rekreasi keluarga yang mengusung tema wisata alam bernuansa outdoor. Kawasan ini menawarkan sejumlah wahana permainan yang sangat lengkap. Misalnya wisata edukasi, wisata air dan beberapa spot foto unik. Setiap kendaraan memiliki konsep dan tampilan yang berbeda.

Selain terkenal dengan berbagai game drive-nya. Dusun Semilir memiliki 7 bangunan ikonik berupa stupa. Spot tersebut merupakan bagian dari atap ruang lobby utama. Dimana fungsinya adalah sebagai pintu masuk tempat wisata.

Harga Tiket Dusun Semilir

Harga tiket masuk Dusun Semilir berbeda-beda tergantung hari kunjungan dan pilihan paket. Namun masih relatif terjangkau.

Harga Tiket Dusun Semilir
jenis tiket Hari biasa akhir pekan & hari libur
Tiket biasa Rp40.000
Tiket paket murah Rp 50.000 Rp 70.000
Tiket Paket Salju Rp65.000 Rp 90.000

Baca: Harga Tiket SALOKA PARK & 7 Wahana Seru

Jam buka Dusun Semilir

Kawasan wisata Dusun Semilir buka setiap hari. Mulai dari weekdays, weekend hingga hari libur nasional. Adapun jam buka dari pagi hingga sore hari di hari kerja dan sore hari di akhir pekan.

jam buka
Senin Jum’at 09.00 – 18.00 WIB
Sabtu Minggu 08.00 – 20.00 WIB

Berbagai wahana yang ada di Dusun Semilir

Dusun Semilir menawarkan berbagai wahana menegangkan yang siap memanjakan pengunjung. Semua wahana bisa dicoba oleh semua kalangan, dari anak-anak hingga dewasa. Salah satu yang paling populer adalah Alun Europa yang terlihat seperti kota kecil. Kemudian yang lainnya adalah Alas Tirta, Banyu Biru, Alas Angon dan Pelangi Slide.

Alun-alun Eropa

Dusun Semilir Alun Eropa.AlunEurope merupakan spot foto paling instagenic di wisata Dusun Semilir. Foto: Googlemap/romadhoni rahmanto

AlunEurope adalah kota kecil dengan bangunan khas benua Eropa. Sebagian besar desain terinspirasi oleh Prancis, Italia, dan Inggris. Di sini pengunjung bisa naik perahu gondola sambil menikmati keindahan kota. Di sepanjang sungai Anda bisa melihat rumah-rumah khas Eropa dengan warna-warna cerah.

Sebagian besar rumah tidak memiliki balkon dan berlantai 2, di lantai atas hanya terdapat 1 hingga 3 jendela untuk saluran masuk dan keluar udara. Lalu ada bangunan lain yang atapnya dihiasi kubah. Ada juga yang menyerupai bangunan tak beratap.

Bisa dibilang desainnya terinspirasi dari pariwisata Santorini di Yunani. Dengan unsur warna bangunan lebih memadukan warna putih dan biru tua. Lengkap dengan jalan setapak berwarna abu-abu bulat sebagai jalan pejalan kaki. Kemudian antara kedua bangunan tersebut dipisahkan oleh sebuah sungai dan dihubungkan oleh sebuah jembatan putih.

Baca: UMBUL SIDOMUKTI: Tiket Masuk dan Beragam Aktivitas

Oh Tirtah

Para ibu-ibu berfoto di depan patung Alas Tirta Dusun Semilir.Sayangnya, Tirta Dusun Semilir memiliki spot foto keren berupa patung besar berbentuk manusia yang sedang berdoa. Foto: Googlemap/Toktil73Adinda

Lokasi Alas Tirta persis di sebelah kendaraan Jembatan Senggol. Daerah ini memiliki banyak tanaman hijau yang sangat subur. Salah satu spesies yang dapat ditemukan seperti saw palmetto dan philo gerigi. Keduanya tumbuh bersama tanaman lain di tepian Sungai Alas Tirta.

Sebenarnya konsep kendaraan ini mengusung tema hutan hujan tropis. Hampir terlihat seperti hutan Amazon di Brasil. Namun jangan khawatir, tidak ada hewan berbahaya seperti ular atau ikan piranha disini. Namun hanya ada satu arca yang berbentuk orang berdoa.

Patung itu mengapung di atas sungai di atas dasar batu bundar yang besar. Anggota tubuh yang ditampilkan hanya mulai dari kepala hingga perut. Wajahnya ditutupi oleh topeng hijau dengan mata tertutup. Tempat ini menjadi spot foto yang populer bagi wisatawan yang berkunjung ke wahana Alas Tirta.

Baca: Tiket & Aktivitas Taman Wisata KOPENG

sungai biru

Selain itu, ada wahana yang mirip dengan wisata pantai bernama Banyu Biru. Lokasinya persis di seberang taman bermain anak. Dari jauh, desainnya terlihat seperti latar film Moana. Dimana di tengah laut berdiri patung wanita tinggi berwarna hijau sedang bertapa.

Di depan patung perempuan terdapat air mancur yang tertata rapi di sekelilingnya. Maka tak heran jika pengelola kerap menyiapkan atraksi air mancur menari Di area ini. Kemudian di tengah laut terdapat 9 replika pulau yang membentuk lingkaran. Jangan lupa tambahkan pohon kelapa untuk menghiasi pinggir pantai.

Banyu Biru berukuran sangat besar seperti perairan laut lepas. Airnya juga terlihat jernih dengan warna hijau kebiruan. Pengunjung tidak hanya bisa bersantai di sini. Tapi Anda juga bisa melakukan aktivitas seperti kano, kano, polo airuntuk bermain pasir.

Baca: KEBUN BINATANG SEMARANG: Tiket & Atraksi

Oh Angon

Jika Anda bosan melihat seluncuran air, kunjungi wahana Alas Angon. Tempat yang memamerkan beragam koleksi hewan. Diantaranya ada kelinci, burung hantu, domba dan masih banyak lagi. Lokasinya di depan Taman Truwelu.

Suasananya begitu asri dengan pepohonan rindang yang tumbuh di sekitar Alas Angon. Permukaan tanah terlihat segar karena ditumbuhi rerumputan hijau. Bentuknya berupa tanah perbukitan dengan pahatan batu besar dan patung berbentuk singa. Lalu ada juga gua-gua kecil di bawah bukit tempat kelinci bisa hidup.

Area ini memungkinkan pengunjung untuk berinteraksi dengan koleksi hewan dari dekat. Tidak hanya melihat, tetapi juga memberi makan dan mengajak bermain. Selain itu, pihak pengelola juga memperbolehkan pengunjung untuk berfoto bersama. Jangan khawatir, secara keseluruhan hewan ini jinak dan mudah beradaptasi.

Baca: Tiket RAWA PENING & 4 Zona Wisata

slide pelangi

Seluncuran pelangi Dusun Semilir.Dusun Semilir memiliki seluncuran dimana seluncuran tersebut memiliki warna seperti warna pelangi. Foto: Googlemap/Arif fachrudin

Lalu ada Rainbow Slide, wahana ikonik di Dusun Semilir. Letaknya di sebelah kiri Alas Angon. Treknya sangat panjang dengan jalan menurun dan datar. Bisa dibilang wahana ini cukup ekstrim karena pengunjung akan meluncur dari tempat yang sangat tinggi.

Warna dan bentuk slide menyerupai pelangi dengan hiasan warna merah, kuning, hijau, ungu dan jingga. Sedangkan jumlah lagunya hingga 5 buah. Dengan banyaknya ice rinks, pengunjung bisa meluncur tanpa harus mengantri cukup lama. Lokasi pendaratan juga sangat nyaman, karena permukaannya ditutupi karpet rumput hijau.

Fasilitas Umum Dusun Semilir

Untuk membuat Anda merasa nyaman dengan aktivitas liburan, pihak pengelola menyediakan beberapa fasilitas umum. Ini termasuk musala, tempat parkir, toilet, masjid, area merokok, klinik dan restoran. Kemudian juga ada ATM center, kereta golf, ruang laktasi dan proyek foto Luma. Menariknya, terdapat fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas seperti kursi roda dan toilet khusus.

Lokasi & Rute Dusun Semilir

Tour ini bertempat di Jalan Soekarno Hatta No. 49 Ngemple, Bawen, Ngemplak, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 46 kilometer dari pusat wisata Kota Lama Semarang. Melewati jalur Tol Semarang – Solo. Jika menggunakan kendaraan, dibutuhkan waktu hingga 1 jam untuk sampai ke lokasi.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button