Tempat Wisata

Tiket masuk, jalur pendakian, mitos, pantang, dll

Gunung Salak – Negara Indonesia sangat kaya akan wisata alam, termasuk wisata gunung. Banyak sekali gunung yang terbentang di seluruh Indonesia, bahkan tidak sedikit yang masih aktif.

Pada kesempatan kali ini Tempatwisataseru.com akan membahas tentang informasi Gunung Salak. Gunung ini dikenal sangat angker dan memiliki jalur pendakian yang terjal dan sulit.

Mengenai ekosistem, pegunungan memainkan peran yang sangat penting. Selain sebagai penyeimbang atau penyangga negara, pemandangan alam yang mempesona dan udara yang sejuk tentunya menjadikan gunung sebagai tujuan wisata.

Dengan gunung berapi aktif, letusan lahar dapat membuat tanah menjadi subur. Gunung Salak termasuk dalam kategori gunung berapi aktif di negara Pasundan.

Misteri/Mitos Gunung Salak

Inilah salah satu daya tarik pendaki untuk menaklukkan Gunung Jawa Barat. Banyak sekali cerita atau mitos misterius tentang ruh Gunung Salak yang masih menjadi tanda tanya. Karena tidak semua orang memiliki kemampuan untuk melihat yang gaib atau gaib. Berikut adalah beberapa rahasia yang perlu Anda ketahui.

  1. Suara gamelan sering terdengar
  2. Terlihat seperti nenek tua
  3. Banyak hantu berkeliaran di kawah Ratu & Seribu
  4. Pasar Setan Puncak Gunung Salak
  5. Banyak pendaki yang terlewatkan
  6. Binatang Ajaib
  7. Misteri Ujung Mutiara
  8. Wanita berteriak minta tolong
  9. Larangan memetik bunga anggrek

Kisah mistis Gunung Salak Pasundan

Gunung Salak tidak lepas dari segala hal mistis atau magis. Menurut beberapa cerita dari pengalaman pendaki dan informasi dari sesepuh setempat, ada penguasa sakti yang menempati beberapa titik lokasi. Mulai dari dasar gunung, setiap puncak memiliki penggaris yang berbeda.

Di kaki gunung tersebut dikuasai oleh Ki Baping Mayit. Di atas adalah penguasa sakti, yaitu Mbah Hasan bin KH. Bahyudin bin Pangeran Natamangala bin Pangeran Wirasuta Kuningan. Sedangkan untuk kawasan puncak II ada Eyang Mahaprabu Siliwangi. Selebihnya di Puncak III adalah Eyang Sarean.

Pada dasarnya setiap jengkal bumi ini pasti ada makhluk gaibnya karena kita hidup berdampingan namun dalam dimensi yang berbeda. Dan tentunya kita tetap harus berhati-hati dan menjaga sopan santun dimanapun kita berada. Jangan lupa untuk selalu berdoa sebelum melakukan apapun.

informasi Umum

  • Gunung Salak, Pasawahan, Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia Lihat peta untuk petunjuk arah berkendara
  • Harga mulai dari Rp 20.000
  • Durasi kunjungan terbaik adalah 4 jam

Sejarah Gunung Salak Bogor

Gunung Salak terletak di antara Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor. Secara umum kawasan pegunungan di Bogor ini memiliki 3 puncak. Puncak Salak I memiliki ketinggian sekitar 2211 mdpl. Untuk Puncak II dengan ketinggian sekitar 2180 mdpl. Puncak terakhir atau puncak Salak III memiliki ketinggian sekitar 1926 m dpl.

Gunung yang berada di Bogor ini merupakan salah satu gunung api di Pulau Jawa, namun sudah lama meletus atau memuntahkan lahar panas. Letusan pertama tercatat terjadi sekitar tahun 1600. Adapun letusan terakhir terjadi pada tahun 1938. Berikut beberapa informasi tentang erupsi atau erupsi Gunung Salak.

  1. Letusan pertama sekitar abad ke-16
  2. Letusan kedua terjadi antara 1668 dan 1699
  3. Letusan ketiga sekitar tahun 1780
  4. Antara tahun 1902 – 1903 terjadi letusan
  5. Pada tahun 1935 terjadi ledakan lagi
  6. Ledakan terakhir terjadi pada tahun 1938

Gunung Salak atau yang sering disebut Gunung Sapto Argo merupakan gunung purba. Banyak orang mengatakan bahwa nama gunung ini berasal dari buah salak. Namun sebenarnya nama gunung ini berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti “perak”.

Lokasi Gunung Sapto Argo

Gunung Salak terletak di Pasawahan, Cicurug, Sukabumi. Gunung ini diapit oleh dua kabupaten yaitu Bogor dan Sukabumi.

Pilihan rute menuju Gunung Salak

Bagi wisatawan yang tertarik mendaki Gunung Salak, bisa menempuh 2 jalur via Bogor atau Sukabumi dengan kendaraan pribadi. Silakan ikuti petunjuk di bawah ini:

Jalur Bogor

Jalan Tol Jagorawi – Sentul – Jalan Tol Lingkar Bogor & Pintu Keluar Tol Yasmin – IPB/Lewiliang Nunggang – Desa Curug Bitung – Desa Wisata Malasari – Kebun Teh Nirmala Agung – Desa Citalahab – Pusat Penelitian Cikaniki – Taman Nasional Gunung Halimun Salak Bogor.

Jalur Sukabumi

Jalan Tol Jagorawi – Ciawi – Exit Tol Ciawi – Parung Kuda – Kebandungan – Cikaniki – Citalahab – Taman Nasional Gunung Halimun Salak dengan jarak tempuh sekitar 4-5 jam.

mengakses

Berikut adalah gambaran jalan-jalan yang akan Anda lalui:

  • Rute yang mudah diambil
  • Naik dan turun
  • Bisa naik motor
  • Bisa mengendarai mobil

Jalur & Rute Gunung Salak

Jalur & Rute Gunung Salak via DetikJalur & Rute Gunung Salak via Detik

Meski ketinggiannya tidak terlalu tinggi, jalur pendakian Gunung Salak tidaklah mudah. Hal ini dipengaruhi oleh sifat medan dan banyaknya jalur pendakian yang terjal. Untuk itu, bagi pemula tidak disarankan untuk mendaki ke sini.

Dengan pepohonan yang lebat dan rimbun serta karakter yang lembab, memaksa para pendaki untuk menggunakan sepatu trekking khusus untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Yang paling sering terjadi adalah banyaknya serangan pacet atau lintah. Meski gigitan Pacet tidak sakit, namun jarang terlihat, namun bekas gigitannya meninggalkan rasa gatal yang cukup menyiksa.

Bagi pendaki yang mencari tantangan menaklukan puncak gunung, ada beberapa jalur pendakian yang bisa dilalui. Berikut beberapa jalur pendakian Gunung Salak.

  • Jalur Pendakian Cangkuang – Cidahu
  • Jejak pasir Reungit
  • Jalur Curug Pilung – Giri Jaya
  • Jalur Pendakian Kutajaya – Cimelati

Periksa juga: 12 Gunung Terindah Di Jawa Barat

Keajaiban keindahan Gunung Salak Bogor

Puncak Manik Gunung Salak Bogor via Climber StoriesPuncak Manik Salak Bogor dalam Cerita Pendaki

Gunung ini memiliki pemandangan yang menakjubkan. Oleh karena itu, banyak pendaki yang sangat tertantang untuk mencapai puncak gunung tersebut. Mendaki gunung saat ini dapat dilihat sebagai gaya hidup yang sedang digemari. Ditambah dengan hadirnya film berukuran 5cm yang menggambarkan perjalanan beberapa sahabat dalam menaklukan puncak gunung.

Gunung Salak merupakan salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat. Selain pemandangannya yang indah, wisata alam pegunungan ini juga sarat akan hal mistis. Banyak kejadian yang masih menjadi misteri hingga hari ini.

Tips penting sebelum mendaki

Setiap medan pendakian gunung memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Sifat tanah, bebatuan atau sifat suhu sekitar juga dapat mempengaruhi metode pendakian.

Selain itu, ada juga yang menurut sesepuh setempat perlu mengetahui beberapa pantangan atau pantangan. Untuk itu perlu mendapatkan informasi terlebih dahulu sebelum melakukan pendakian, karena mendaki gunung merupakan hobi atau gaya yang cukup berbahaya dimana nyawa manusia pun menjadi taruhannya.

Selain beberapa kebutuhan pokok yang perlu dibawa, ada pula kebutuhan tambahan atau wawasan yang perlu dipahami terlebih dahulu. Apalagi karang tersebut ternyata memiliki sejarah mistis yang cukup kental. Karena segala sesuatu yang berhubungan dengan mistik atau gaib tidak bisa semuanya dianalisa menurut logika manusia.

Berikut beberapa tips mendaki Gunung Salak yang bisa menjadi pilihan.

  1. Minta ijin dulu ya kuncen. Dalam hal ini adalah Mbah Idim Dimyati yang merupakan juru kunci makam suci tersebut. *Konfirmasi terlebih dahulu
  2. Sempatkan untuk berziarah ke makam Kyai Eyang Santri dan Muhammad Hasan Basri bin Bahaudi bin Mbah Gunung.
  3. Jangan sombong dan sombong. Itu sebenarnya berlaku di mana-mana. Menjaga adab sangatlah penting, apalagi di tempat-tempat yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya.
  4. Larangan memetik anggrek selama perjalanan dan larangan meminta buah salak.
  5. Persiapkan juga fisik dan mental agar tidak lengah saat mendaki.
  6. Selalu waspada dan hati-hati selama perjalanan, terutama jika anda melakukan pendakian pada musim hujan, karena jalur yang anda lewati penuh dengan bebatuan dan terjal, saat hujan jalur menjadi licin.
  7. Anda harus tahu lebih banyak tentang jalur pendakian Gunung Salak. Jika Anda belum pernah mendaki Gunung Salak, sebaiknya ajaklah orang yang pernah mendaki Gunung Salak.
  8. Yang terbaik adalah membawa makanan dan minuman bersamamu.
  9. Tetap bersama grup

Menyimpulkan

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai tempat wisata gunung salak yang menarik untuk anda. Semoga referensi di atas menjadi pilihan terbaik Anda jika ingin melakukan aktivitas liburan mengunjungi kota Bogor, Jawa Barat.

Cari tahu tempat wisata kekinian lainnya di seluruh Indonesia dan luar Indonesia dengan terus mengunjungi Tempatwisataseru.com.

Kunjungi juga: 7 Tempat Wisata Terbaik di Lereng Gunung Salak

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button