Tempat Wisata

Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas 2022, Fasilitas dan Lokasi

Mungkin Anda sudah tahu jalan sekitar Ke kanan dengan Kebun Raya Cibodas yang merupakan tempat wisata yang bagus menghibur sekaligus edukatif karena memperkenalkan beberapa jenis flora di Indonesia.

Kebun Raya CibodaSumber gambar: Instagram.com/chitraachiet

Jam buka: 08.00-17.00 WIB
harga tiket: Rp 16.500/orang
Kontak: 087885892946
Aktivitas: Belajar, foto, makan
Waktu kunjungan: 3 jam
Alamat: Sindanglaya, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253
Fasilitas umum: Masjid, paviliun dan restoran.
Peta Daring: tunjukkan peta

Bosan dengan wisata alam seperti pantai dan pegunungan? maka anda perlu mencoba untuk beralih ke tempat wisata dengan konsep taman atau kebun raya. Pasalnya, Anda diajak untuk melihat bagaimana rasa Indonesia yang berbeda tumbuh di satu daerah.

ya kamu butuh milipir ke Kebun Raya Cibodas untuk menikmati kondisi alam yang indah, pemandangan alam yang menyenangkan dan sisi edukasi yang bisa Anda dapatkan dengan berkunjung ke sana. Setiap orang akhir pekan bahkan hari dalam seminggu Tempat yang tidak jauh dari Puncak Bogor ini tidak pernah sepi pengunjung.

Kebun Raya Cibodas KaliSumber gambar: Instagram.com/ridhooid

Kebun Raya Cibodas Cakep Sumber gambar: Instagram.com/chitraachiet

Rumah kebun raya Cibodas Sumber gambar: Instagram.com/facecianjur

Kebun Raya Hutan Cibodas Sumber gambar: Instagram.com/tubagus_key

Ziboda

Kebun Raya Ciboda

Kebun Raya Ciboda adalah tempat wisata dengan hamparan rumput hijau yang diberkahi dengan koleksi tanaman berbunga. Taman yang luasnya mencapai 80 hektar ditambah beberapa bukit mini yang menambah keindahan Kebun Raya Cibodas.

Juga sebagai tempat pengumpulan ex situ (di luar habitat) untuk tumbuhan dataran tinggi tropis lembab. Beberapa koleksi tumbuhan yang dimiliki Kebun Raya Cibodas adalah berbagai jenis pohon besar yang dilindungi seperti tumbuhan runjung, kijang, pakis gunung dan kayu kaliandra. Berbagai jenis pohon besar termasuk dalam koleksi

Atraksi Kebun Raya Cibodas

Nah, Anda hanya perlu tahu ya memang jika Taman Raya Cibodas dikategorikan Kebun Raya karena memiliki berbagai macam koleksi pohon varietas. Bahkan sekarang tercatat 5831 Sampel Penanaman 1206 spesies hidup baik pohon tua maupun muda.

Tentu saja, itu menambah beberapa wawasan bagi Anda Ke kanan tentang flora Indonesia. Jika Anda ingin lebih mengeksplorasi maka berikut ini Pekerjaan keindahan Kebun Raya Cibodas yang sayang untuk dilewatkan, Andalihat!

  • Taman Sakura
  • Rumah kaca
  • Araucaria Aveneu
  • air terjun cibeureum
  • jalan air
  • taman rumput
  • Taman Rhododendron
  • Bunga bangkai besar
  • Koleksi tanaman kuku
  • Kolam besar

Sejumlah Pekerjaan Di atas Anda harus mengunjungi Kebun Raya Cibodas. Untuk mencoba Oke Habiskan hari dengan bermain game di Kebun Raya Cibodas. Dijamin puas dan enggan pulang.

Biaya masuk

Mau liburan tapi kocek sedikit seri, maka Kebun Raya Cibodas adalah solusi cerdas untuk Anda, Mari lihat Biaya masuk hutang termasuk:

tiket Harga
tiket masuk Rp16.500
Tiket parkir motor Rp 5.000
tiket parkir mobil Rp 16.000

Akses rute dan lokasi

Untuk menuju tempat bernama Sindanglaya, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ini, ada beberapa alternatif jalan yang bisa Anda tempuh.

Jika Anda datang dari kota Jakarta, Anda hanya perlu menuju kawasan puncak Bogor, kemudian beberapa kilometer setelah Istana Cipanas Anda akan menemukan Kebun Raya Cibodas. Dan hanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam dari Jakarta untuk jarak sekitar 85 km, sebenarnya tergantung kepadatan lalu lintas neraka.

Di tengah perjalanan, rute Anda melewati perkebunan teh dan Puncak Pass. Kemudian sesampainya di pertigaan Paragajen, belok kiri dan lurus menuju lokasi.

Juga, jika Anda dari Bandung, Sukabumi, Cianjur dan Istana Cipanas. Ikuti jalan menuju RS Cimacan, sesampainya di pertigaan Paragajen, belok kiri dan langsung menuju lokasi.

Nah, kalau tidak menggunakan kendaraan pribadi bisa berhenti di Cipanas lalu naik angkot jurusan Cipanas – Cibodas yang banyak nongkrong di pertigaan Cimacan.

perabot

Nah, untuk fasilitasnya sendiri, Kebun Raya Cibodas sangat mendukung fasilitas wisata keluarga di sana.

Sebagai Toilet, tempat penampungan, paviliun, dan juga tempat perkemahan dengan luas sekitar 3 hektar dan kapasitas 200 tenda. parkir yang luas, ruang sholat, tempat bermain anak-anak. Secara keseluruhan Fasilitas di Kebun Raya Cibodas sudah baik dan cukup lengkap.

Juga, Anda tidak perlu khawatir jika Anda lapar karena ada banyak makanan ringan di sini toko tersedia, dan beberapa juga melayani ongkos berat sedang berdiri makan di sana.

Yah, kebanyakan dari mereka Seru, Kebun Raya Ciboda juga menawarkan transportasi pengunjung yang disebut “Wara wiri”. Sebuah minibus yang tentunya telah disulap apik dan digunakan untuk kendaraan angkut dengan harga tiket Rp 10.000 per orang dalam sekali putaran. Menyenangkan Ke kanan?

Sebuah cerpen

Menurut beberapa sumber, Kebun Raya Cibodas ini sudah ada sejak tahun 1852 yang terkenal dengan Cibodas Kebun Raya oleh seorang ahli botani dari Belanda bernama Johannes Elias Teijsmann.

Adapun tanggalnya sendiri adalah 11 April 1852 yang merupakan penyemaian pertama pohon kina. Maka hari ini dijadikan sebagai hari jadi Kebun Raya Cibodas. Dan kerennya jika datang pada tanggal 11 April tidak akan dikenakan retribusi alias gratis.

Oke, kembali ke cerita, niat awalnya adalah Kebun Raya Cibodas akan digunakan untuk menanam tanaman kina, tetapi ternyata kontur tanahnya tidak cocok sehingga dialihkan ke dalam kelompok tanaman seperti paku-pakuan dan tumbuhan runjung.

Nah, pada tahun 2003, status kebun raya ini menjadi mandiri dan berubah menjadi pusat perlindungan tanaman yang posisinya berada di bawah arahan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) hingga saat ini.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Terbaru dan Populer di Cianjur

total, Kebun Raya Ciboda sangat direkomendasikan sebagai wisata keluarga bagi Anda yang ingin mengenalkan anak-anak Anda dengan flora Indonesia. Wisata edukasi yang juga dapat memberikan ketenangan pikiran karena pemandangan alam yang hijau akan Anda nikmati. Jadi menyalakan Apa yang kamu tunggu?

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button