Tak Berkategori

Tiket Masuk Museum dan Koleksi Seni Barli bulan Januari 2024

Museum Jelai

  • Biaya masuk: Rp20.000
  • Jam buka: 10.00 WIB – 17.00 WIB
  • Nomor telepon: 0222011898
  • Alamat lokasi : Jl. Prof.DR.Sutami No.91, Sukarasa, Sukasari, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40152

Selain wisata alamnya yang indah, Bandung juga menawarkan banyak alternatif wisata lainnya. Bagi pecinta seni, ada beberapa tempat yang bisa dipilih di Bandung. Salah satunya adalah Museum Jelai yang terletak di daerah Sukasari. Menawarkan wisata seni dengan beragam koleksi lukisan indah.

Koleksi lukisan yang dipamerkan di museum ini terdiri dari karya seniman daerah Bandung dan sekitarnya. Tak hanya lukisan, koleksi mainan antik pun menjadi daya tariknya. Hal ini tentu menjadi salah satu hal yang membuat museum ini berbeda. Semakin sering datang kesini, wisata museum semakin berkembang. Kawasan ini menampilkan kafe estetik yang terlihat Instagrammable. Tempatnya sangat strategis karena terletak di pusat kota Bandung.

Biaya Masuk Museum Barli

Bagi yang berminat mengunjungi museum seni ini, harga tiket masuknya cukup terjangkau, hanya Rp 20.000 saja. Begitu pula dengan harga makanan dan minuman di kafe tersebut. Dengan satu tiket, wisatawan bisa melihat berbagai karya seni yang bernilai tinggi.

Baca: Tiket Masuk dan Koleksi Seni SELASAR SUNARYO

Jam buka Museum Barli

Museum ini hanya buka enam hari dalam seminggu. Ruang museum sendiri buka mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore. Kafe ini sekarang buka hingga malam hari.

Museum lukisan dan mainan tua

Koleksi lukisan dan karya seni rupa lainnya di Museum BarliKoleksi lukisan dan karya seni rupa lainnya di Museum BarliPenampilannya yang estetik dan Instagrammable sangat diminati anak muda. Foto: Gmaps/Lea Aulia Rahmat

Museum Barli mempunyai konsep yang berbeda dibandingkan museum seni lainnya. Salah satunya adalah menyatukan koleksi lukisan dan mainan jaman dulu. Selain keindahan lukisannya, wisatawan juga mengenang mainan era tahun 80an dan 90an. Museum ini sendiri sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun, baru beberapa tahun terakhir namanya semakin dikenal luas.

Awalnya tempat ini merupakan ruang pameran pribadi dan tidak dibuka untuk umum. Namun kini tempat ini telah menjadi museum wisata untuk umum. Di sebelah museum juga terdapat kafe estetik yang mengundang Anda untuk berlama-lama bersantai. Kafe ini dilengkapi dengan area lounge sehingga tidak membosankan.

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi NuArt Sculpture Park

Sejarah Museum Jelai

Museum Barli didirikan pada tahun 1992 oleh seorang seniman bernama Barli Sasmitawinata. Pembangunan tempat ini dimaksudkan sebagai media pameran lukisan. Sebagian besar karya seninya merupakan karya seniman asal Jawa Barat, khususnya Bandung. Dengan luas sekitar 1.200 meter persegi, museum ini awalnya tidak dibuka untuk umum.

Kehadiran Museum Barli bisa menjadi sarana mengedukasi masyarakat tentang dunia seni rupa di Bandung. Gedung ini dapat menjadi media pembelajaran bagi perkembangan dunia seni rupa di Kota Kembang. Barli Sasmitawinata meninggal dunia pada tahun 2007. Namun museum ini tetap eksis dan semakin populer.

Baca: Tiket Masuk Purwakarta Batu Park dan Aktivitas

Terdiri dari banyak ruang

Pemandangan Museum BarleyPemandangan di dalam Museum BarliWisatawan bisa melihat berbagai koleksi lukisan karya seniman lokal. Foto: Gmaps/Richard Saptabharata

Bangunan museum ini cukup luas dan memiliki tiga lantai utama serta satu basement. Setiap lantai memiliki nama dan fungsinya masing-masing. Lantai pertama disebut Lantai Nakisbandiah. Ruang ini digunakan untuk pendidikan, diskusi seni dan juga untuk belajar melukis

Masih di lantai satu sayap ada sebuah ruangan bernama Galeri Chandra. digunakan sebagai ruang pameran lukisan karya seniman Kota Kembang. Lukisan-lukisan yang ada menunjukkan perkembangan gaya lukisan dari masa ke masa. Tentunya wisatawan akan belajar banyak tentang lukisan dan sejarahnya.

Lalu di lantai dua ada ruangan bernama Ruang Atikah. Ruangan ini semakin menarik karena menampilkan karya-karya pilihan Bardi. Koleksi khusus bernilai tinggi juga dipamerkan. Sedangkan lantai tiga merupakan ruang privat yang tidak terbuka untuk umum

Ternyata ada ruangan lain di bawah lantai satu. Bagian ruang bawah tanah ini menyandang namanya Ruangan besar. Tempat ini cukup luas dan sering digunakan untuk pameran seni rupa.

Baca: Biaya Masuk Kebun Binatang Bandung dan Atraksi Satwa

Koleksi unik mainan jadul

Ruangan dengan koleksi mainan jadul di Museum BarliRuangan dengan koleksi mainan jadul di Museum BarliSelain lukisan, wisatawan juga bisa mengenang mainan-mainan jaman dulu yang dipamerkan di museum ini. Foto: Gmaps/Reni Purnama Sari

Selain lukisan, Museum Barli juga punya sisi unik. Ini adalah ruangan tempat banyak koleksi mainan jadul dipajang. Di kawasan ini wisatawan bisa melihat mainan-mainan yang sempat ngetren pada masa lalu. Ada papan permainan dengan berbagai bentuk, robot jadul, dan mobil mainan. Bagi penggemar mainan, ruangan ini bisa menjadi tempat bernostalgia.

Selain mainan jadul, ada juga koleksi majalah dan komik. Banyak koleksi komik dengan tema berbeda-beda. Namun kebanyakan dari mereka adalah superhero dan anime.

Baca : Tiket Masuk dan Objek Wisata Museum Geologi Bandung

Esthetic Café adalah tempat yang tepat untuk berlama-lama

Keindahan salah satu sudut kafe Museum BarliKeindahan salah satu sudut kafe Museum BarliTempat ini juga cocok untuk nongkrong karena terdapat kafe dengan tampilan modern. Foto: Gmaps/Ika Jati

Setelah puas berwisata, wisatawan dapat beristirahat dan nongkrong di Café Barli. Area kafe ini merupakan tambahan baru dalam tur museum. Dibangun sebagai bagian dari renovasi agar lebih menarik bagi wisatawan, terutama anak muda. Area kafe ini sangat cocok bagi anak muda untuk bersantai dan bersosialisasi. Sebuah bangunan bernilai seni tinggi dengan spot foto menarik di setiap sudutnya.

Sedikit berbeda dengan area museum, jam buka kafe ini lebih panjang. Ada beberapa permainan yang bisa Anda coba termasuk meja biliar.

Namun yang terpenting adalah menu di kafe tersebut. Beragam menu tersedia, mulai dari minuman hingga makanan dan camilan.

Fasilitas Museum Barli

Wisata museum yang berada di tengah kota ini menawarkan fasilitas yang sangat memadai. Tersedia tempat parkir yang luas, toilet, ruang acara, mushola dan ruang belajar melukis. Berkat berbagai fasilitasnya, pengunjung akan merasa nyaman dan betah.

Lokasi Museum Jelai

Tur museum ini berlangsung di Jl. Prof.DR.Sutami No.91, Sukarasa, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat. Lokasinya mudah diakses karena berada di pusat kota. Hanya sekitar 6 km dari Alun-Alun Bandung. Lokasinya juga dekat dengan tempat wisata belanja terkenal di Bandung yaitu Braga City Walk.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button