Tempat Wisata

Tiket masuk Museum Gunung Merapi Jogja 2022 dan nomor telepon

Museum Gunung Merapi adalah salah satu tempat liburan yang paling menarik ketika Anda berada di Jogja. Selain ilmu, kamu juga mendapatkan pengalaman liburan yang seru dan berbeda dari biasanya.

Museum Gunung Merapi Jogjadi atas instagram.com/tikawindiana42

Jam buka: 08.00-15.30 WIB
harga tiket: Rp 3.000/orang
Kontak: (0274) 896498
Alamat: Jalan Boyong, Hargobinangun, Sleman Pakem, Yogyakarta.
Fasilitas umum: Mushola, rest area, tempat parkir, toilet
Akses jalan: Musim semi
Bisnis: Tidak ada
Peta Daring: tunjukkan peta

Kota Jogja memiliki banyak tempat wisata yang bisa dipilih wisatawan selama liburan. Selain objek wisata sejarah, taman rekreasi dan wisata pantai, wisatawan di Jogja juga bisa berlibur ke objek wisata yang bertema edukasi.

Salah satu objek wisata edukasi di Jogja, khususnya yang akan menambah pengetahuan Anda tentang Gunung Merapi adalah Museum Gunung Merapi di Yogyakarta.

Di museum ini Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang Gunung Merapi dan jejak letusannya di masa lalu.

Museum Gunung Merapi Yogyakartavia instagram.com/diant77

fasilitas-museum-gunung-merapi-jogjavia instagram.com/nita.lestari43

fitur-museum-gunung-merapi via instagram.com/nita.lestari43

museum-gunung-merapi-jogja-bunker-kaliademvia instagram.com/wahyu_pramudito

museum-gunung-merapi-sisa-bunker-kaliadem-2006via instagram.com/mikehadjoh

Sekilas tentang Museum Gunung Merapi

Museum ini dibangun atas dasar pemikiran bahwa baik kerugian maupun manfaat yang diakibatkan oleh letusan Gunung Merapi merupakan hal penting yang perlu diketahui oleh masyarakat.

Dengan adanya alat simulasi dan beberapa gambar dan video yang berhubungan dengan gunung berapi di museum ini, masyarakat diharapkan lebih tercerahkan dan diperlengkapi untuk menghadapi kondisi terburuk jika gunung berapi meletus kapan saja.

cerita kilat

Museum ini dibangun dan diresmikan oleh Menteri ESDM pada tanggal 1 Oktober 2009, yang kemudian dijabat oleh Bapak Purnomo Yusgiantoro.

Bangunan museum ini dibangun di atas lahan seluas 3,5 hektar dengan bentuk atau arsitektur yang cukup unik yaitu menyerupai bentuk gunung.

Dengan luas kurang lebih 4.470 meter persegi, atap gunung ini berbentuk kerucut seperti gunung dan konon disesuaikan dengan adat budaya Jogja juga.

objek wisata

Ada banyak hal yang bisa Anda nikmati dan dapatkan selama berkunjung ke museum ini.

Museum ini terdiri dari 2 lantai dengan beberapa ruangan yang berisi benda atau benda yang berbau pegunungan.

Di lantai dasar, tepatnya di ruang utama setelah memasuki museum, Anda akan menemukan sebuah benda bernama Mockup Gunung Merapi.

Objek ini baik berupa miniatur maupun penyangga yang dapat digunakan pengunjung untuk melihat simulasi erupsi atau erupsi di Gunung Merapi.

Uniknya, model Gunung Merapi ini dilengkapi dengan kancing bertuliskan tahun meletusnya Gunung Merapi di Yogyakarta.

Perlu diketahui bahwa Gunung Merapi meletus pada tahun 1969, 1994 dan juga pada tahun 2006.

Nah jika Anda menekan tombol, misalnya tombol 1969, model Gunung Merapi akan meletus dan meletus, seperti letusan Gunung Merapi yang terjadi pada tahun 1969.

Jika Anda menekan tombol berlabel 1994 dan 2006, mockup juga menunjukkan Gunung Merapi meletus, seperti letusan aslinya, lengkap dengan suara menderu dan asap.

Kemudian, di ruangan lain, Anda bisa melihat beberapa perangkat yang biasa digunakan para peneliti atau aktivis Gunung Merapi untuk memantau aktivitas Gunung Merapi.

Perangkat ini termasuk seismograf, teleskop, dan alat pengolah data. Selain itu, ruangan ini juga berisi beberapa alat purbakala yang digunakan oleh para penjelajah gunung api purba.

Pindah ke ruangan selanjutnya, Anda akan mendapatkan semacam ruangan yang berisi sejarah kelam bunker Kaliadem saat Gunung Merapi meletus pada 2006 lalu.

Ada beberapa barang atau barang milik para korban bunker tersebut, di antaranya sebuah sepeda motor yang kerangkanya hanya tertinggal saat terkena semburan lahar panas yang keluar dari Gunung Merapi.

Selain hal-hal di atas, di beberapa ruangan selanjutnya Anda akan menemukan barang-barang yang masih berhubungan dengan Gunung Merapi.

Misalnya, jika Anda datang bersama anak-anak, di museum ini juga terdapat ruangan yang berisi gambar pohon, gambar rumah, dan kartun yang mungkin disukai anak-anak.

Lanjutkan ke lantai dua museum, di mana Anda akan kembali menemukan berbagai jenis alat peraga dan simulasi yang akan membuat Anda melihat dan merasakan kondisi di mana Gunung Merapi meletus.

Di lantai dua terdapat alat berupa display erupsi Merapi, simulasi gempa, simulasi tsunami hingga display simulasi LCD.

Terakhir, di lantai dua mesum ini juga terdapat ruang teater mini tempat Anda bisa bersantai dan menonton film Mahaguru Merapi.

Film ini berisi cerita yang akan menambah pengetahuan Anda tentang dua kondisi yang disebabkan oleh keberadaan gunung berapi.

Yang pertama adalah kondisi berupa bencana yang mengerikan akibat letusan Gunung Merapi, dan kondisi kedua adalah Gunung Merapi membiarkan kesuburan mengalir dan kehidupan semua makhluk hidup sejahtera di sekitarnya.

Biaya masuk

Untuk mendapatkan pengalaman dan ilmu yang sangat berharga di tempat ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp 3000 saja.

Kemudian jika datang dengan kendaraan pribadi, biaya parkirnya juga cukup murah, hanya Rp 2000 untuk motor dan Rp 3000 untuk mobil.

Kemudian jika ingin menonton film di ruang teater mini cukup membayar tiket teater seharga Rp 5000.

alamat

Alamat lengkap museum ini adalah Jalan Boyong, Hargobinangun, Sleman Pakem, Yogyakarta.

Lokasinya sangat dekat dengan pusat kota Jogja yang hanya berjarak sekitar 16 mil dan Anda bisa berkendara ke sana dalam waktu sekitar 54 menit.

perabot

Fasilitas yang tersedia di tempat-tempat wisata bisa dikatakan cukup lengkap. Fasilitas tersebut antara lain:

  • zona tenang
  • area parkir
  • ruang sholat
  • Toilet
  • Dan halaman untuk hunting foto

Satu-satunya kekurangan dari tempat wisata ini dari segi fasilitas adalah tidak adanya warung atau warung makan. Jadi jika tiba-tiba merasa lapar, solusinya cukup dengan mencari penjual makanan di luar tempat wisata, misalnya di tempat kuliner khas Jogja ini.

Tanya Jawab di Museum Gunung Merapi

Berikut beberapa pertanyaan dan jawaban dari warga tentang tempat wisata ini:

Kesimpulan

Museum ini menyimpan berbagai hal yang sangat penting untuk menambah pengetahuan Anda tentang pegunungan khususnya Gunung Merapi.

Jadi, jika Anda ingin mengetahui segala sesuatu tentang Gunung Merapi serta dampak positif dan negatif dari keberadaannya, maka jangan lupa untuk menyempatkan diri pada saat musim liburan untuk mengunjungi museum Gunung Merapi ini.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button