Tempat Wisata

Tiket masuk, objek wisata dan fasilitas kota pelabuhan Bakauheni Februari 2024

Kota pelabuhan Bakauheni

  • Biaya masuk: 10.000 hingga 200.000 Rp
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat lokasi : Jl. Lintas Sumatra, Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Indonesia, 35592

Kota Pelabuhan Bakauheni (BHC) merupakan kawasan wisata terpadu tepi pantai di Bakauheni, Lampung. Kawasan ini memiliki sejumlah tempat wisata menarik seperti Taman Krakatau dan Masjid BSI. BHC menjadi daya tarik baru bagi wisatawan yang ingin menikmati kawasan Bakauheni dengan cara yang benar-benar berbeda.

Biaya masuk

Tiket masuk Kota Pelabuhan Bakauheni umumnya gratis. Wisatawan bisa menyeberang atau mengunjungi beberapa tempat wisata secara gratis. Ada juga yang mengenakan biaya parkir mulai dari Rp 10.000, seperti Masjid BSI atau Menara Siger. Wisatawan yang ingin berkunjung ke Taman Krakatau pun wajib melakukannya membayar tiket seharga Rp 180.000 hingga 200.000.

Baca: Tiket ARCHED SKY Lampung dan Berbagai Wahananya

jam buka

Kota Pelabuhan Bakauheni memiliki jam buka yang berbeda-beda tergantung objek wisatanya. Namun umumnya tempat ini buka 24 jam sehari. Beberapa lokasi, seperti Taman Krakatau, memiliki jam operasional tertentu.

Tempat menarik di kota pelabuhan Bakauheni

Bakauheni Harbour City atau BHC merupakan proyek kawasan wisata terpadu Pelabuhan Bakauheni. Proyek ini menyatukan beberapa tempat wisata yang saling berhubungan. Dalam satu kawasan, wisatawan dapat merasakan beragam pengalaman bersantai di berbagai tempat wisata.

Kawasan BHC ini merupakan proyek PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Tujuan pengembangannya adalah untuk mengintegrasikan pelayanan operasional pelabuhan, angkutan penyeberangan, dan wisata pantai. Luas wilayah ini mencapai 160 hektar dan terbagi menjadi 3 kecamatan.

Ketiga distrik tersebut adalah Distrik 1 – Harborside, Distrik 2 – Harborview dan Distrik 3 – Harbortown. Setiap kabupaten mempunyai tempat wisata yang menonjolkan aset daerah masing-masing. Dari ketiga kabupaten tersebut, terdapat delapan objek wisata utama yang menarik.

Kedelapan atraksi utama ini menyasar beberapa destinasi wisata tertentu. Terdapat kawasan yang menjadi landmark Provinsi Lampung, kawasan rekreasi, cagar alam, serta kawasan komersial dan kegiatan masyarakat. Selain itu juga terdapat kawasan wisata bawah laut, penjelajahan pulau-pulau di sekitar Lampung Selatan, penjelajahan perbukitan dan titik observasi langit.

Pengembangan kawasan BHC saat ini sedang berlangsung dalam beberapa tahap. Meski demikian, sudah ada sejumlah tempat wisata yang telah selesai dibangun dan bisa dikunjungi wisatawan. Simak destinasi BHS berikut ini.

Masjid BSI

Masjid BSIMasjid BSIBentuk masjid terinspirasi Ka'bah dan memadukan gaya arsitektur Lampung – Foto: Gmaps/Syafiq Abdill

Masjid BSI merupakan masjid terbesar yang ada di kawasan kota pelabuhan Bakauheni. Nama “BSI” merupakan singkatan dari Baitus Salamil Ikram. Bangunan masjid ini mempunyai gaya arsitektur yang unik. Di sini gaya arsitektur khas Lampung berpadu dengan bentuk Ka'bah, kiblat umat Islam.

Masjid ini berdiri di atas lahan seluas 3.000 meter persegi. Kapasitasnya mampu menampung hingga 2.000 jamaah dan kerap menjadi tujuan wisata religi. Bangunan masjid dikelilingi oleh balkon berbentuk lingkaran. Dari sini wisatawan bisa menikmati lingkungan sekitar masjid selama 24 jam.

Baca: Tiket & Wahana PUNCAK MAS Lampung

Sigerturm

SigerturmSigerturmLandmark Provinsi Lampung, Menara Siger – Foto: Gmaps/Triatmo Sugihartono

Menara Siger merupakan bangunan mahkota khas Lampung dan menjadi landmark provinsi ini. Gedung ini telah berdiri sejak tahun 2019 dan menjadi pemandangan yang familiar. Sosoknya langsung terlihat oleh masyarakat yang baru datang dari kawasan pelabuhan.

Atap bangunan ini berbentuk seperti mahkota Siger. Terdapat sembilan kerucut dengan warna emas yang khas. Bagian tengah bangunan ini adalah menara observasi. Sedangkan lantai bawah berfungsi sebagai Ruang tunggu atau balkon.

Di kawasan menara ini juga terdapat monumen yang berada di titik nol kilometer sebelah selatan Pulau Sumatera. Sigerturm kedepannya akan berkembang menjadi tempat wisata yang menarik. Rencananya akan dibangun museum sejarah dan akomodasi di sini.

Kabupaten Siger

Kabupaten SigerKabupaten SigerDesain amfiteater unik di Panggang Siger – Foto: Gmaps/bakauheni Harbourcity

Jalan Siger merupakan sebuah lapangan persegi atau arena terbuka yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya berbagai kegiatan. Biasanya menjadi tempat berbagai kegiatan pendidikan dan hiburan. Bentuknya serupa ampiteater dengan beberapa balkon yang tersebar. Terdapat juga area semi outdoor yang multifungsi.

Taman Krakatau

Luncuran lava di Taman KrakatauLuncuran lava di Taman KrakatauWahana seluncur lava dengan pemandangan laut dan aktivitas pelabuhan – Foto: Gmaps/cyp Sayang

Taman Krakatau saat ini merupakan taman hiburan terbesar di Lampung. Situs ini mencakup luas 5 hektar dan menawarkan lebih dari 20 wahana. Taman hiburan ini juga terbagi menjadi 5 taman hiburan yang cocok untuk segala usia.

Di sini pengunjung tidak hanya bisa menikmati berbagai game drive saja. Ada juga tempat-tempat menarik dan Instagrammable untuk berfoto. Beberapa wahana yang ada di Krakatau Park adalah Lava Slide, Bull Riding, Disco Car, Flying Swing dan Tiktok Park.

Masih dalam tahap pengembangan

Sejumlah fasilitas lainnya sedang dibangun di kota pelabuhan Bakauheni. Di antaranya Pasar Siger dan Siger Creative Hub.

Pasar Siger rencananya akan menjadi pusat wisata kuliner dan belanja bagi UMKM lokal di Lampung. Lebih dari 70 penyewa tersedia di sini untuk makanan dan suvenir. Selain itu, di lokasi ini juga akan terdapat fasilitas Forest Walk. Pengunjung dapat berjalan-jalan di kawasan sejuk yang ditumbuhi pepohonan.

Sedangkan Siger Creative Hub bertujuan untuk mendorong perkembangan industri kreatif di Lampung. Terutama bagi generasi muda dan berbagai komunitas. Rencananya Siger Creative Hub akan memiliki berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan tersebut. Misalnya galeri, ruang kelas dan studio kreatif.

Perabot

Fasilitas yang saat ini tersedia di Kota Pelabuhan Bakauheni antara lain Masjid BSI, Kawasan Wisata Menara Siger, Pendopo Siger, Taman Krakatau, Siger Creative Hub dan Pasar Siger. Masing-masing fasilitas tersebut telah memiliki fasilitas umum seperti toilet, tempat parkir, dan musala.

Lokasi kota pelabuhan Bakauheni

Kota pelabuhan Bakauheni terletak di kawasan Lampung Selatan. Wisatawan bisa memasuki kawasan ini begitu meninggalkan Pelabuhan Bakauheni. Untuk mengunjungi tempat wisata, wisatawan cukup mengikuti rambu-rambu jalan yang sesuai dengan objek wisata yang ingin dikunjungi.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button