Tempat Wisata

Tiket Masuk SARASAH BUNTA dan 5 Air Terjun September 2023

Sarasah Bunta Biaya masuk: 5.000 hingga 10.000 Rp. Jam buka: 07.00 – 14.00. Nomor telepon: . Alamat/Lokasi: Tarantang, Harau, Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Indonesia, 26271

Lembah Harau di Kabupaten Limapuluh Kota menyimpan banyak kekayaan panorama alam. Lembah yang terbentuk akibat patahan lempeng ini memiliki banyak sungai dan air terjun. Sarasah Bunta merupakan salah satu air terjun yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Sarasah Bunta merupakan salah satu air terjun yang ada di Lembah Harau. Wisatawan yang berkunjung ke Lembah Harau wajib meluangkan waktu untuk mengunjungi tempat ini. Keindahannya sudah terkenal sejak tahun 1926, seperti yang tertera pada prasasti di kawasan tersebut.

Biaya masuk Sarasah Bunta

Objek wisata Sarasah Bunta dikelola oleh pemerintah kota setempat. Oleh karena itu, biaya masuknya masih tergolong murah yaitu mulai dari Rp 10.000. Selain itu, ada beberapa biaya tambahan jika ingin bermain air di sekitar kawasan wisata, seperti sewa ban.

Jenis tiket Harga tiket
Tiket masuk Lembah Harau Rp 5.000
Tiket masuk kawasan Sarasah Bunta Rp 10.000
Penyewaan ban Rp 10.000
Kuliner 5.000 – 25.000 Rp
Akomodasi 300.000 – 2.000.000 Rp/malam

Biaya masuk Sarasah Bunta

Baca: Berbagai Tempat Wisata Terbaik di Lima Puluh Kota

jam buka

Objek wisata air terjun ini dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 14.00. Wisatawan yang berencana berkunjung sebaiknya memperhatikan cuaca terlebih dahulu. Kawasan wisata air terjun ini ramai dikunjungi pada masa liburan sekolah.

5 Air Terjun Sarasah Bunta

Setidaknya ada 5 air terjun di kawasan wisata ini. Air terjun tersebut meliputi: Sarasah Bunta, Sarasah Aie Luluih, Sarasah Murai, Sarasah Donat dan Sarasah Aie Angek. Selain air terjun, terdapat juga berbagai aktivitas wisata lainnya di kawasan wisata ini. Inilah beberapa di antaranya.

Air terjun Sarasah Bunta

Penampilan oleh Sarasah BuntaKetinggian air terjun Sarasah Bunta. Di bagian kolam yang masih alami, banyak pengunjung yang bermain ban di air – Foto: Instagram/rikarygat

Air Terjun Sarasah Bunta mendapat jumlah kunjungan wisatawan terbanyak. Aliran air yang deras dan kolam alami menjadi alasan utamanya. Bentuknya bertingkat-tingkat dan menghadirkan pelangi kecil jika terkena sinar matahari.

Air terjun Sarasah Aie Luluih

Penampilan Sarasah Aie LuluihSarasah Aie Luluih dengan air terjun yang tinggi. Anda bisa melihat jalan keluar di depan air terjun. – Foto: Instagram/gumilangcayo

Air terjun Sarasah Aie Luluih memiliki arus yang deras dan kolam yang besar. Ada juga hiburan outbond di air terjun ini. Di puncak Sarasah Aie Luluih terdapat kolam kecil alami sebelum airnya jatuh ke kolam utama Sarasah Aie Luluih.

Baca: Tiket HARAU DREAM PARK dan berbagai wahananya

Air terjun Sarasah Murai

Kawasan bebatuan air terjun Sarasah MuraiSarasah Murai terlihat lebih natural. Lokasinya yang lebih terpencil menjadi habitat burung murai. – Foto: Instagram/ weniwandini

Air Terjun Sarasah Murai memiliki keindahan air terjun yang bertingkat. Lokasi ini merupakan habitat burung murai. Kicauannya kerap mengiringi wisatawan yang bermain di air terjun Sarasah Murai.

Air terjun Sarasah Donat

Danau air terjun Sarasah DonatGambar dari Sarasah Donuts. Pengunjung harus masuk ke dalam gua dan menyusuri sungai untuk menikmati Sarasah Donat. – Foto: Instagram/da_koj4ck

Air terjun Sarasah Donat mempunyai bentuk yang unik. Pengunjung yang ingin menikmati Sarasah Donat harus menyusuri sungai dan masuk ke dalam gua. Di dalam gua terdapat lubang yang mengeluarkan air terjun berbentuk donat.

Air Terjun Sarasah Aie Angek

Air terjun Sarasah Aie Angek adalah yang paling jauh. Dibutuhkan setidaknya 15 menit berkendara ke dalam hutan untuk menemukannya. Suhu air terjun ini relatif lebih hangat dibandingkan air terjun lainnya.

Keluar

Penerbangan outbound menuju Sarasah Aie LuluihRute keluar di Sarasah Aie Luluih. Pengunjung bisa merasakan suara air terjun – Foto: Google Maps/ Redha Andhika

Terdapat fasilitas outbond bagi wisatawan gunung. Lokasinya Sarasah Aie Luluih. Kegiatan keluarnya berupa jembatan gantung di atas kolam air terjun. Ada pula Flying Fox yang jalurnya mendekati air terjun.

Akomodasi

Homestay di Sarasah Bunta, Lembah HarauSalah satu homestay yang disewakan kepada wisatawan di sekitar kawasan wisata Lembah Harau – Foto: Google Maps/ Boenta Homestay

Ada begitu banyak tempat wisata di dekatnya sehingga Anda tidak akan dapat menjelajahinya dalam satu hari. Oleh karena itu, wisatawan yang ingin bermalam dapat menyewa akomodasi di kawasan tersebut. Harganya bervariasi tergantung peralatan yang tersedia.

Kuliner

Kuliner Pisang Kapik Sarasah BuntaKuliner Pisang Kapik Sarasah Bunta. Olahan pisang bakar dengan sejumput kelapa dan gula merah – Foto: Instagram/ Cheche_kitchen

Pengunjung yang berwisata ke sini tidak perlu khawatir jika kelaparan melanda. Ada penduduk setempat yang membuka warung makan di tempat ini. Dengan menu makanan dan minuman yang bervariasi. Di bawah ini Anda akan menemukan kuliner khas Lembah Harau yang wajib Anda coba.

Pertama, Pisang Kapik merupakan pisang bakar yang dibumbui dengan kelapa parut dan gula merah cair. Lalu Kawa Daun merupakan minuman berbentuk teh dengan rasa kopi. Olahan daun kopi kering. Terakhir ada Karupuak Laweh, kerupuk khas Minang yang dilumuri kuah sate Padang dan ditaburi bihun.

Tempat wisata air terjun Sarasah Bunta

Kawasan wisata air terjun ini terletak di Lembah Harau, Nagari Harau, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, 47 km dari Kota Bukittinggi.

Untuk menuju objek wisata ini mudah diakses baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Pengunjung dapat menyusuri jalan raya Sumatera Barat – Riau. Setelah memasuki Lembah Harau, pengunjung belok kanan di pertigaan. Waktu tempuh dari Kota Bukittinggi adalah 1 jam 30 menit.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button