Tempat Wisata

Tiket Masuk TELAGA SARANGAN dan Berbagai Kegiatan Maret 2023

Harga tiket masuk Telaga Sarangan : Rp 20.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon : -. Alamat/Lokasi: Ngluweng, Sarangan, Plaosan, Magetan, Jawa Timur, Indonesia, 63361.

Indonesia memiliki alam yang begitu indah. Yakni, salah satunya berada di Kabupaten Magetan, Jawa Timur Telaga Sarangan. Keindahan danau yang telah menarik banyak wisatawan menjadikannya tujuan wisata.

Selama beberapa waktu, banyak yang membandingkan keindahan danau ini dengan Danau Jenewa di Swiss. Karena pemandangannya yang indah, alamnya yang masih asri dan udaranya yang dingin membuatnya terlihat mirip. Bedanya di Indonesia tidak ada salju sedangkan di Swiss ada salju.

Biaya masuk ke Telaga Sarangan

Masuk ke objek wisata ini sama untuk anak-anak dan orang dewasa. Selain itu, biaya parkir tambahan berlaku untuk setiap kendaraan.

Biaya masuk ke Telaga Sarangan
tiket masuk Rp 20.000

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Mojosemi Forest Park Magetan

Jam buka Telaga Sarangan

Pengunjung bisa mengunjungi objek wisata ini setiap hari, baik weekday maupun weekend. Kawasan wisata Sarangan buka 24 jam.

jam operasi
Sehari-hari 24 jam

Menikmati keindahan Telaga Sarangan

Telaga dengan latar pegunungan di Telaga Sarangan MagetanKeindahan danau di kawasan wisata ini sering disamakan dengan Danau Jenewa di Swiss. Foto: Gmap/Fendy Sapto

Telaga Sarangan merupakan telaga yang terbentuk secara alami dan berada di ketinggian 1.200 mdpl. Tepatnya berada di lereng Gunung Lawu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Luas danau ini adalah 30 hektar dengan kedalaman danau 28 meter.

Telaga ini berada 16 kilometer sebelah barat Kota Magetan. Dan karena berada di kaki gunung, suhu di sana mencapai 15-20 derajat Celcius. Oleh karena itu, tidak jarang kawasan tersebut menjadi berkabut yang menambah kesan asri pemandangan alam.

Alamnya begitu indah dan asri dimana danaunya sangat jernih dan bersih. Di sekitar danau terdapat pegunungan dan pepohonan yang hijau dan tinggi. Bahkan, terkadang gunung, pepohonan, dan langit terpantul indah di permukaan danau.

Baca: Tiket, Aktivitas & Fasilitas

Dengan speedboat di danau

Naik speedboat di Telaga SaranganNaik speedboat mengelilingi danau. Foto: Gmap/Titis Pamungkas

Pengunjung bisa menikmati serunya mengitari danau ini dengan speedboat. Untuk sekali putaran, tarifnya adalah Rp 60.000 per kapal. Sedangkan jika ingin merasakan tiga putaran berturut-turut, Anda bisa membayar Rp 150.000.

Satu speedboat bisa diisi hingga 3-4 penumpang. Dengan speedboat, pengunjung menjelajahi danau dengan kecepatan yang memacu adrenalin. Kemudian biarkan speedboat bergoyang di atas air hingga penumpang terlempar.

Dengan segala kehebohan tersebut, tak jarang penumpang berteriak histeris. Namun jangan khawatir, karena penumpang disediakan jaket pelampung untuk keselamatan. Dan pengemudi tentu saja dapat melakukannya dengan sangat baik.

Baca: Tiket Masuk & Pesona CEMORO KANGANG

Berperahu di sekitar danau

Jika ingin berkeliling danau dengan santai dan tanpa banyak tantangan, pengunjung bisa mencoba perahu dayung. Selain itu, ada pula perahu dayung berbentuk angsa. Pengunjung dapat berjalan-jalan santai di sekitar danau sambil menikmati pedesaan sekitarnya.

Tidak jarang melihat monyet melompati pohon dan saling berteriak. Bahkan kabut yang masih terhampar di pinggir pepohonan membawa kesejukan. Bahkan, tak jarang pengunjung melihat ikan-ikan yang muncul ke permukaan danau.

Menunggang kuda di Telaga Sarangan

Menunggang kuda di sekitar danauWisatawan yang tidak ingin menggunakan perahu di kawasan ini bisa menyewa kuda untuk berkeliling. Foto: Google Maps/Dhedhe Dirgawijaya

Pengunjung tidak hanya dapat bergerak di dalam air, tetapi juga di daratan. Bisa jalan kaki atau naik kuda. Penyewaan kuda juga tersedia di sini.

Biaya perjalanan menggunakan kuda adalah Rp 50.000 untuk sekali putaran. Pengunjung akan bersepeda menyusuri tepian danau sambil menikmati pemandangan sekitar. Tak hanya pemandangan alamnya, pemandangan wisatawan lain juga menarik.

Setiap kuda memiliki pengumpul kotoran. Jadi tidak ada kotoran kuda yang jatuh di jalan atau di danau.

Duduk santai di tepi danau

Bersantai di tepi danauSelain berbagai aktivitas yang ditawarkan, tak kalah serunya adalah menikmati keindahan danau melalui relaksasi, aktivitas yang juga sering disebut “Seni tidak melakukan apa-apa“Cukup menikmati keindahan alam. Foto: Google Maps/jony Terkejut

Bagi pengunjung yang ingin duduk santai menikmati pemandangan, Anda bisa melihatnya dari tepi danau. Untuk tempat bersantai, Anda bisa menyewa Matten di sekitar danau. Itu juga bisa dinaungi sepenuhnya dengan payung di bagian atas.

Pengunjung juga akan menemukan kios makanan keliling di dekatnya. Makanannya masih tradisional. Seperti jajanan pasar, kacang rebus, nasi pecel dan lain-lain.

Mengabadikan momen keindahan Telaga Sarangan

Keindahan danau tidak akan lengkap tanpa diabadikan. Siapkan kamera Anda dan berpose dengan latar belakang pemandangan yang indah ini. Dengan angle yang pas, pengunjung mendapatkan pemandangan yang bahkan terlihat seperti di luar negeri.

Hotel di Telaga Sarangan

The Red Hotel Sarangan tidak jauh dari danauRed Hotel Sarangan merupakan salah satu hotel yang berada di dekat danau. Foto: Google Maps/Koencong Rumble

Bagi wisatawan yang ingin menginap menikmati keindahan alam pegunungan di kawasan wisata ini bisa menginap. Ada banyak hotel di sekitar Telaga Sarangan tempat Anda bisa bermalam. Mulai dari hotel, homestay, villa dan wisma.

Harganya juga cukup terjangkau. Mulai dari Rp200.000 hingga Rp2.000.000 per malam. Fasilitas yang tersedia juga berbeda-beda menurut kelasnya. Beberapa kamar saja dasar ke kolam renang dan wifi gratis.

Jalan menuju Telaga Sarangan

Akses menuju Telaga Sarangan sudah cukup baik. Jalan beraspal mulus membuat nyaman berkendara di sini. Rute jika dari kota Magetan cukup dekat. Jaraknya hanya 16 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu 30 menit dengan mobil.

sedangkan jika oleh Madison Jarak tempuh 44 kilometer dengan waktu berkendara hingga 1,5 jam. Jika wisatawan dari Kota Solo/Surakarta bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bus wisata. Tersedia bagi mereka yang memilih bus Bus Detasemen Solo Magetan. Dari Solo jarak tempuh ke Magetan kurang lebih 2 jam dengan jarak tempuh 60 kilometer.

Perabot

Fasilitas yang tersedia cukup lengkap. Terdapat fasilitas umum seperti mushola, tempat parkir, toilet dan warung makan. Ada juga persewaan penginapan di daerah tersebut.

Lokasi Telaga Sarangan

Kawasan wisata alam ini berada di lereng Gunung Lawu tepatnya di Jalan Raya Telaga Sarangan, Sarangan, Plaosan, Telaga Pasir, Sarangan, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur 63361.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button