Tempat Wisata

Tiket & Objek Wisata CURUG CIBULAO Januari 2024

Air Terjun Cibulao

  • Biaya masuk: 25.000 hingga 50.000 Rp
  • Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB
  • Nomor telepon: +62 858-9074-0012
  • Alamat Lokasi : Puncak, Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16770

Menghabiskan akhir pekan di tempat yang jauh dari hiruk pikuk kota, seperti tempat wisata alam, terdengar mustahil. Rekreasi alam biasanya terlalu jauh dari pusat kota dan membutuhkan waktu lama untuk sampai ke sana. Namun, hal ini tidak berlaku untuk Air Terjun Cibulao Siapa yang ada di Bogor?

Di antara 300 air terjun yang ada di Bogor, Curug Cibulao adalah salah satunya. Air terjun ini terletak di kawasan Megamendung, Puncak, Bogor. Tempat wisata ini kerap menjadi pilihan liburan singkat bagi warga kota besar sekitar Bogor. Sebuah objek wisata yang menawarkan beragam pesona alam yang masih terjaga keasliannya.

Biaya masuk Air Terjun Cibulao

Dewasa dan anak-anak membayar harga tiket yang sama. Ada juga tiket terpisah untuk parkir, ruang ganti, kendaraan hias, dan area foto. Biaya masuk Air Terjun Cibulao dan jaket pelampung adalah Rp 25.000.

Untuk camping siapkan biaya tambahan sebesar Rp 50.000. Akan dikenakan biaya parkir bagi yang membawa kendaraan. Harganya Rp 15.000 untuk sepeda motor dan Rp 50.000 untuk mobil.

Baca: Tiket Masuk CURUG CILEMBER Bogor dan Aktivitas Unggulan

Jam Buka Air Terjun Cibulao

Kawasan wisata air terjun ini dibuka untuk umum setiap hari. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada pagi hari saat pengunjung belum terlalu banyak dan saat musim kemarau. Sebab, aliran airnya tidak terlalu deras, warna airnya lebih jernih, dan akses jalan yang tidak licin lebih mudah dilalui. Jam buka sekarang dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore.

Daya tarik Air Terjun Cibulao

Air terjun di atas CibulaoAir terjun di atas CibulaoAliran air terjun ada dua – Foto: Google Maps/aulia akbar

Nama “Cibulao” merupakan gambaran dari air terjun ini. Berasal dari bahasa Sunda, “ci” berarti “air” dan “bulao” berarti “biru”. Kata ini menunjukkan kondisi Air Terjun Cibulao yang berwarna biru jernih.

Selain pemandangan alam yang indah, wisatawan juga bisa memilih banyak aktivitas lain di sini. Dari aktivitas sederhana seperti berenang dan menyelam hingga terjun ke air dari bebatuan tinggi. Terdapat pula area fotografi di ketinggian yang menyuguhkan pemandangan indah.

Baca : Tiket Masuk CURUG BIDADAARI dan Kegiatan

Kejernihan Air Terjun Cibulao

Jernihnya Air Terjun CibulaoJernihnya Air Terjun CibulaoPengunjung bisa melihat dasar danau karena airnya yang jernih – Foto: Google Maps/Gugun Gumilar

Curug Cibulao merupakan hulu atau sumber dari beberapa air terjun lain di Bogor, seperti Curug Panjang dan Curug Orok. Posisi tersebut berarti air di danau dan sungai di sekitar air terjun masih bersih. Warna biru juga menjadi asal muasal nama tempat ini.

Tidak banyak tempat wisata alam di sekitar kota padat penduduk yang masih mempertahankan keindahannya. Oleh karena itu, kondisi air yang jernih menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Wisatawan bahkan bisa melihat dengan jelas dasar danau karena airnya yang masih sangat bersih.

Musim kemarau adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke sini. Sebab, limpasan air saat itu tidak terlalu tinggi. Aliran airnya tidak terlalu deras. Warna airnya biasanya jernih dan bersih serta tidak bercampur lumpur dasar danau.

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan CURUG LEUWI HEJO

Berenang, menyelam, dll Loncat tebing

Lompat dari tebingLompat dari tebingBagi yang menyukai aktivitas ekstrim bisa mencoba melompat dari ketinggian tebing batu yang mengelilingi air terjun – Foto: Google Maps/ANdika Desrianto

Dengan airnya yang jernih, Air Terjun Cibulao tentunya sangat menarik bagi wisatawan yang menyukai olahraga air. Kedalaman air di danau ini tidak terlalu dalam, sehingga wisatawan bisa leluasa berenang di sana.

Ada dua tempat untuk berenang atau menyelam di sini. Yang pertama adalah telaga di bawahnya dengan kedalaman 8 meter. Soal keselamatan, jangan khawatir karena pengunjung bisa menggunakan jaket pelampung yang disewakan dari pihak pengelola dengan biaya 10.000 rupee. Terdapat pula tali pengaman yang dapat dijadikan pegangan bagi pengunjung yang tidak bisa berenang.

Baca: Tiket Masuk PANGERAN CURUG dan Kegiatan Wisata

Lokasi kedua adalah danau yang berada di puncak air terjun. Danau ini memiliki kedalaman 5 meter dan dapat dicapai dengan memanjat bebatuan di tepian air terjun bagian bawah. Warna airnya cenderung lebih biru dan jernih.

Jika Anda menyukai aktivitas yang lebih ekstrim, Air Terjun Cibulao juga dikelilingi bebatuan alam yang bisa Anda panjat. Jika bebatuan tidak licin, pengunjung bisa memanjat bebatuan di sekitarnya dan melompat ke dalam danau. Namun pengunjung harus berhati-hati agar tidak terpeleset saat menaiki batu tersebut.

Baca: Biaya Masuk Taman SAFARI Cisarua dan 7 Objek Wisata Terbaik

Pekerjaan Selfie Memukul

Pemandangan dari dek observasi atasPemandangan dari dek observasi atasPojok untuk selfie dengan latar belakang pemandangan menakjubkan – Foto: Google Maps/hilman Putrawinata

Karena letaknya yang berada di ketinggian Gunung Paseban, kawasan sekitar Curug Cibulao menawarkan pemandangan yang indah. Hal ini terlihat dari saat wisatawan tiba di loket tiket objek wisata tersebut. Pohon-pohon tinggi tampak membentang sejauh mata memandang.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana PANORAMA PABANGBON Bogor

Jika ingin mengabadikan momen di sini, pengelola setempat akan menyediakan area khusus untuk fotografi. Ada Tempat tidur gantung, ayunan, rumah pohon dan teras untuk menikmati pemandangan sekitar. Untuk menggunakan semua fasilitas tersebut dikenakan biaya sebesar lima ribu rupiah per orang. Peminatnya cukup banyak dan sering terjadi antrian, jadi semoga tidak terlalu lama berlama-lama disini.

Piknik dan berkemah

Setelah lelah bermain air dan menjelajah kawasan, perut pasti akan terasa lapar. Tak perlu khawatir karena di sekitar air terjun terdapat warung yang menjual makanan dan minuman. Bagi pengunjung yang membawa bekal sendiri, sangat disarankan untuk piknik di sini. Carilah tempat yang cukup luas dan kering untuk memakan makanan yang Anda bawa.

Wisatawan juga bisa bermalam di sekitar air terjun. Pihak pemerintah menyediakan tempat perkemahan yang cukup luas. Dengan biaya 40.000 rupiah, pengunjung bisa mendirikan tenda di sini. Banyak juga tempat perkemahan di luar kawasan Curug Cibulao yang bisa Anda coba.

Baca: 10 Air Terjun Terindah di Bogor

Fasilitas air terjun Cibulao

Tempat penjualan karcisTempat penjualan karcisBerbagai fasilitas tersedia di sekitar kawasan air terjun – Foto: Google Maps/Bang Epul 13

Fasilitas yang ada di Curug Cibulao antara lain tempat parkir sepeda motor, toilet, ruang cuci dan ganti, musala, serta kios makanan dan minuman. Pengunjung yang datang dengan mobil dapat memarkir kendaraannya di pinggir jalan. Pengelola menawarkan penyewaan jaket pelampung bagi pengunjung yang ingin berenang dan menyelam. Ada juga bagian fotografi khusus.

Baca: Harga Tiket Puncak CIMORY Dairyland dan 5 Wahana Mendebarkan

Akses Menuju Air Terjun Cibulao

Dari Jalan Raya Puncak, setelah lokasi Cimory River Side (tepat di sebelah Indomaret Department Store), belok kiri menuju pintu masuk Kampung Cilember. Ikuti terus jalan tersebut hingga belok kiri menuju Jalan Pesantren. Kondisi jalan yang menanjak dan masih berbatu di beberapa tempat membuat pengunjung yang membawa kendaraan harus sangat berhati-hati.

Lokasi Air Terjun Cibulao

Objek wisata air terjun ini terletak di kawasan Puncak, Kecamatan Megamendung, Kota Bogor, Jawa Barat. Perkiraan waktu tempuh dari Jalan Raya Puncak kurang lebih 30 menit dengan kendaraan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button