Tempat Wisata

Tiket PANGANDARAN BEACH & 9 Aktivitas Seru

Harga Tiket Masuk Pantai Pangandaran: Rp 10.000 – Rp 515.000 Jam: 09:00 – 21:00 No Telp: – Alamat: Pananjung, Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat, Indonesia, 46396

Pantai Pangandaran adalah sebuah wisata pantai di daerah Ciamis, tepatnya di desa Pananjung. Pantai ini terpilih sebagai pantai terbaik di provinsi Jawa Barat oleh AsiaRooms. Selain itu, telah diusulkan sebagai Geopark Global Unesco untuk menjadikannya tujuan wisata kelas dunia.

Pantainya landai dengan pasir putih dan air yang jernih. Jarak antara air surut dan pasang relatif panjang, sehingga Anda bisa berenang dengan aman. Destinasi wisata ini memungkinkan wisatawan untuk menikmati matahari terbit dan terbenam dari tempat yang sama.

Tiket Masuk Pantai Pangandaran

Untuk memasuki kawasan wisata di pantai ini, pengunjung perlu menyiapkan tiket masuk. Biaya masuknya cukup murah dan sama setiap hari. Tidak ada perbedaan tiket antara anak-anak dan orang dewasa.

Biaya masuk
Tiket masuk untuk pejalan kaki Rp 10.000
Tiket Masuk Sepeda Motor Rp20.000
Tiket Masuk Jeep/Limousine Rp60.000
Tiket masuk minibus kecil Rp95.000
Tiket Masuk Big Mini Bus Rp135.000
Tiket masuk bus kecil Rp205.000
Tiket masuk bus tengah Rp295.000
Tiket masuk Big Bus Rp515.000

Baca: Tiket Masuk Pantai Timur Pangandaran dan Berbagai Wahana

jam buka

Pantai ini dibuka untuk umum dari pagi hingga malam. Bagi yang tidak ingin berenang, Anda bisa berkunjung nanti sore untuk suasana pantai yang lebih tenang.

Durasi
Senin minggu 09.00 – 21.00

aktivitas dan wahana

Objek wisata Pantai Pangandaran adalah keindahan pantai di Jawa Barat. Daerah ini juga memiliki taman laut dengan ikan dan kehidupan laut yang menakjubkan. Pantai ini selalu menjadi tujuan wisatawan dari berbagai daerah, terutama pada puncaknya saat perayaan tahun baru.

Wisatawan dapat menyaksikan matahari terbit di pantai timur Pangandaran dan matahari terbenam di pantai barat. Berbagai aktivitas seperti berenang, berlayar, memancing, dan jalan-jalan di pantai dilakukan di sini. Berbagai acara seperti upacara Hajat Laut dan Festival Layang-layang Internasional kerap digelar.

Mengejar di sepanjang pantai

Wisatawan dapat melakukan perjalanan di sepanjang pantai dengan menunggang kudaWisatawan dapat melakukan kegiatan menunggang kuda untuk melakukan perjalanan di sepanjang pantai. Foto: Google Maps/Juli Astuti

Di Pantai Pangandaran, wisatawan dapat menikmati cakrawala Samudera Hindia dengan perasaan semilir angin laut. Pantai ini terkenal dengan pasir hitam putihnya yang indah.

Wisatawan bisa berjalan-jalan di pantai untuk merasakan tekstur pasirnya. Dengan berjalan-jalan, wisatawan dapat menikmati keindahan alam Pantai Pangandaran dan sejuknya udara pantai. Anda juga dapat menyewa sepeda atau menunggang kuda di sepanjang pantai.

Baca: Tiket Masuk Pantai Santolo dan 9 Aktivitas Wisata Seru yang Berbeda

Berenang di Pantai Pasir Putih

Pangandaran merupakan bagian dari pantai selatan pulau Jawa yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Namun, pantai ini landai dengan interval antar pasang yang relatif panjang. Hal ini memungkinkan wisatawan untuk berenang di pantai dangkal dengan ombak yang tenang.

Banyak juga wisatawan yang bermain pasir pantai untuk suasana sejuk.

kendaraan olahraga Air di Pantai Pangandaran

Naik banana boatBanana Boat merupakan salah satu penunjang kegiatan water sport bagi wisatawan. Foto: Instagram/pangandaran_beach_sule

Pantai Pangandaran memiliki berbagai fasilitas yang mendukung kegiatan olahraga air bagi wisatawan. Salah satu wahana perahu pisang dan jet ski Ini juga merupakan sarana untuk melewati perairan pantai.

Wisatawan juga bisa menikmati keindahan bawah laut dan terumbu karang di atas pasir putih. Bisa juga pantai lompat‘melompat’ dari pantai ke pantai di sepanjang pantai.

Pemandangan bawah laut pantai Pangandaran

Panorama bawah laut yang indah juga menjadi salah satu daya tarik wisata Pantai Pangandaran. Pemandangan bawah lautnya lengkap dengan terumbu karang dan aneka ikan berwarna-warni.

Untuk melihat dunia bawah laut, wisatawan bisa pergi ke Pantai Pasir Putih. Tempat ini terkenal dengan pasir putihnya yang indah. Sebagai alternatif menuju ke sana, wisatawan dapat mendaki melalui cagar alam atau naik perahu.

Keanekaragaman biota di taman laut dapat dieksplorasi melalui eksplorasisnorkeling atau dengan perahu. Wisatawan juga dapat menikmati keindahan pasir putih dan segarnya keindahan hutan cagar alam.

Sunset dan sunrise di pantai Pangandaran

Sunset dan sunrise di pantai PangandaranDi sisi barat Pantai Pangandaran, wisatawan bisa melihat indahnya matahari terbenam di sore hari. Foto: Instagram/pnd_fotografi

Pesona Pantai Pangandaran yang selalu dikejar wisatawan adalah momennya matahari terbit dan matahari terbenam. Istimewanya, kedua momen tersebut bisa dinikmati dari satu tempat. Di sini wisatawan dapat menyaksikan dan mengagumi indahnya matahari terbit dan terbenam.

Jika wisatawan datang di pagi hari, mereka berkesempatan melihat matahari terbit di timur. Saat Anda berada di pantai barat pada sore hari Anda akan melihat matahari terbenam yang indah.

Pengangkutan hasil tangkapan ikan oleh nelayan

Berlayar dan memancing bersama nelayanWisatawan bisa merasakan sensasi berlayar dan memancing di Pantai Pangandaran. Foto: Google Maps/juna 168

Pantai Pangandaran terkenal sebagai dermaga para nelayan karena banyak nelayan yang melaut mencari ikan. Di pantai selatan juga terdapat tempat pelelangan ikan hasil tangkapan langsung oleh para nelayan setelah hasil tangkapan. Selain itu, di pantai ini, wisatawan bisa merasakan sensasi berlayar dan memancing.

Salah satu kegiatan rutin di pantai ini adalah mengangkut ikan ke pantai bersama warga sekitar. Arad/Ered/tarik jaring adalah roda gigi yang menarik jaring dari kanan dan kiri. Setiap sisi terdiri dari 6-10 orang menarik jaring dari pantai.

Wisatawan juga bisa mengikuti kegiatan memancing hasil tangkapan nelayan Pangandaran ini. Ketika sebuah perahu nelayan hendak merapat ke darat, puluhan orang berbondong-bondong menarik perahu tersebut. Suasana begitu riuh sehingga para nelayan yang baru pulang dari melaut saling membantu.

Berbagai event nasional dan internasional

Festival Layang-layang Internasional Pangandaran di Pantai PangandaranFestival Layang-layang Internasional Pangandaran biasanya diadakan setiap bulan Juni atau Juli.
Foto: Instagram/crazy_art_photography

Pada titik tertentu beberapa acara terjadi di pantai Pangandaran. Berbagai perayaan dan festival tahunan diadakan oleh pemerintah daerah melalui pengelola dan anggota masyarakat. Hal ini meningkatkan daya tarik Pantai Pangandaran dan menarik lebih banyak wisatawan.

Acara adat seperti Hajat Laut sebagai upacara untuk mengapungkan sesaji di laut lepas. Nelayan Pangandaran menggelarnya sebagai ungkapan rasa syukur atas kemurahan Tuhan. Acara ini biasanya diadakan setiap tahun pada bulan Suro dalam penanggalan Jawa.

Sedangkan acara Wisata bertaraf internasional di Pantai Pangandaran adalah Festival Layang-layang Internasional. Festival Layang-Layang Internasional Pangandaran Ini biasanya terjadi pada bulan Juni atau Juli setiap tahun. Puluhan ribu turis lokal dan mancanegara memenuhi festival yang dimeriahkan dengan konser musik dan ronggeng ini.

Wisata kuliner di pinggir pantai Pangandaran

Di Pantai Pangandaran, wisatawan bisa mencoba berbagai jenis olahan seafood. Pilihan olahan ikan, cumi, kepiting, udang dan seafood lainnya menjadi santapan wajib. Aneka masakan ikan tersedia di restoran dan warung makan di area pantai.

Dengan banderol harga yang terjangkau, East Coast adalah surganya para pecinta seafood atau seafood makanan laut.

Kunjungan ke 3 tempat primadona

  1. Pantai Pananjung, terletak di sisi barat dengan ombak yang familiar dengan latar belakang hutan berbukit. Menampilkan gua alami dan bunker Jepang, area ini merupakan suaka monyet dan rusa. Saat mendaki bukit, Anda bisa melihat air terjun yang indah dan luasnya keindahan Pantai Pananjung.
  2. pantai timur, memanjakan wisatawan dengan seafood yang lezat. Mulai dari warung makan hingga restoran yang menyajikan makanan pembuka seafood. Dilengkapi dengan pasar ikan, tempat ini menjadi pilihan wisatawan untuk membeli ikan segar sebagai oleh-oleh. wahana air seperti jet ski dan perahu pisang juga ditawarkan di sini.
  3. Belanja oleh-olehMakanan khas Pangandaran, Ikan Asin Jambal Roti, menjadi tujuan para wisatawan. Bagi pecinta seni ada pernak-pernik berbahan kerang dan lainnya. Selain itu, ada juga kaos, topi, celana pendek dan baju renang.

perabot

Fasilitas penunjang objek wisata Pantai Pangandaran cukup lengkap. Seperti ketersediaan tempat parkir yang cukup luas, Coast Guard, pemandu wisata dan pusat informasi. Selain itu, ada layanan pos, telekomunikasi dan jasa penukar uangKafe, hingga berbagai penginapan.

Penyewaan sepeda santai atau kendaraan bermotor roda empat dapat ditemukan di seluruh area. Wisata Delman atau Dokar dan perahu wisata juga digunakan untuk menikmati panorama pantai dengan nyaman.

Lokasi di Pantai Pangandaran

Destinasi wisata primadona Jawa Barat ini terletak di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Ciamis.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button