Tak Berkategori

Tiket Pantai Tanjung Pasir dan Berbagai Aktivitas Wisata Januari 2024

Pantai Tanjung Pasir

  • Biaya masuk: Rp25.000
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat lokasi : Tj. Pasir, Teluknaga, Tangerang, Banten, Indonesia, 15510

Pantai Tanjung Pasir merupakan tempat wisata pantai di kawasan tangerang. Kedekatannya dengan Bandara Internasional Soekarno Hatta menjadikan destinasi wisata ini sangat populer. Wisatawan bahkan bisa rutin melihat pesawat terbang melewati area penerbangan pantai.

Pesona alam pantai dengan pasir dan pepohonannya sungguh mempesona. Dari pinggir pantai, wisatawan bisa melihat deretan pulau-pulau eksotis.

Biaya Masuk Pantai Tanjung Pasir

Untuk memasuki kawasan pantai ini, pengunjung harus membayar tiket masuk. Harga tiket masuk Pantai Tanjung Pasir cukup terjangkau hanya Rp 25.000 saja sudah membuat Anda bisa menikmati keindahan pantai.

Jenis tiket Harga
Tiket masuk orang dan sepeda motor Rp25.000

Biaya Masuk Pantai Tanjung Pasir

Baca: Bacaan Tiket Masuk Pantai Tanjung dan Berbagai Aktivitas Pantai

Jam buka Pantai Tanjung Pasir

Kawasan pantai ini terbuka untuk umum 24 jam sehari, setiap hari. Pengunjung juga bisa datang ke pantai ini pada malam hari jika ingin menikmati suasana tenang.

Berbagai aktivitas dan wahana di Pantai Tanjung Pasir

Dalam perjalanan menuju lokasi Pantai Tanjung Pasir, Anda bisa melihat kolam-kolam besar di kiri-kanan jalan. Banyak pedagang pinggir jalan yang menjajakan udang yang dibudidayakan di tambak.

Wisata pantai ini menjadi pilihan populer para wisatawan khususnya wisatawan domestik selama berlibur. Kawasan pantai ini sering menjadi tempat liburan bersama teman dan keluarga. Rata-rata tercatat ribuan wisatawan mengunjungi destinasi wisata ini setiap harinya.

Di pantai ini wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas wisata pilihan. Misalnya memancing, berenang atau jalan-jalan keliling pulau. Selain itu, wisatawan juga bisa menjajal berbagai olahraga air yang akan membuat liburan semakin seru.

Baca: Tiket Masuk Pantai SAMBOLO Anyer dan 8 Aktivitas Pilihan

Menikmati panorama pantai

Pantai Sandpit dengan ombak yang relatif tenangPantai Sandpit dengan ombak yang relatif tenangMenikmati panorama laut Pantai Tanjung Pasir, Tangerang.
Foto: Instagram/sakinah_mudhiiah

Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 20 kilometer dengan pasir halus. Hamparan pasir putihnya bisa terlihat meski dari jauh dari daratan. Di pantai ini wisatawan bisa melihat deretan pulau-pulau indah dan eksotik.

Terdapat banyak pepohonan hijau yang tumbuh subur di sekitar area pantai. Kehadiran pepohonan tersebut membuat suasana di sekitar pantai terkesan tenang dan sejuk. Inilah salah satu daya tarik Pantai Tanjung Pasir.

Baca: Tiket Masuk, Jam Buka, Kegiatan, Fasilitas dan Lokasi PANTAI PASIR PIK 2 PUTIH

Piknik dan berkumpul

Kebanyakan wisatawan datang secara berkelompok atau berkelompok. Entah bersama rekan kerja, sahabat atau keluarga. Menikmati liburan di pantai ini cukup terjangkau dan tidak akan menguras dompet.

Wisatawan secara berkelompok memanfaatkan waktu bersama ini untuk mempererat persahabatan. Duduk, ngobrol dan makan bersama, baik hidangan khas pantai atau membawa bekal sendiri. Acara kelompok seperti rapat, arisan atau hajatan juga sering diadakan di sini.

Baca: Tiket, Aktivitas dan Wahana PANTAI ANYER

Bermain dengan pasir

Bermain pasir di tepi pantaiBermain pasir di tepi pantaiPuluhan pengunjung bermain di pinggir pantai. Foto: Google Maps/Herry Albatawie

Kawasan tepi Pantai Tanjung Pasir mempunyai hamparan pasir yang masih bersih. Di sini wisatawan terutama anak-anak menyukai aktivitas bermain air dan pasir.

Anak-anak muda pun turut meramaikan suasana liburan dengan saling melempar pasir. Kegembiraan wisatawan bersama-sama membentuk kegiatan liburan.

Berenang

Ketika wisatawan melihat air Pantai Tanjung Pasir pasti ingin segera basah kuyup. Banyak wisatawan berenang di dekat pantai. Kebanyakan dari mereka sedang bermain air mengejar ombak yang relatif tenang.

Baca: 10 Tempat Wisata di Tangerang Paling Seru

Jelajahi pulau-pulau

Di Pantai Tanjung Pasir, wisatawan dapat dengan mudah melihat deretan kapal karena adanya dermaga di sana. Dermaga ini cukup ramai terutama pada pagi hari karena banyak wisatawan yang menuju Kepulauan Seribu. Pantai ini memungkinkan wisatawan menjelajahi pulau-pulau di sekitar pantai.

Wisatawan melakukan perjalanan dengan perahu melewati beberapa kawasan di pesisir laut Provinsi Banten. Jalur yang paling digemari wisatawan adalah Pulau Untung Jawa dimana mereka bisa menikmati panorama laut yang mempesona. Selama perjalanan dengan perahu, wisatawan bisa menikmati keindahan Kepulauan Seribu.

Baca: 14 Aktivitas Seru di Kepulauan Seribu, Jakarta

Cobalah olahraga air

Bermain banana boat di pantai Tanjung PasirBermain banana boat di pantai Tanjung PasirSelain bermain di pantai, wisatawan juga bisa menaiki banana boat. Foto: Google Maps/Zainal Abidin

Terdapat berbagai atraksi olahraga air di Pantai Tanjung Pasir. Di sini wisatawan bisa menjajal pesona olahraga AI. Salah satunya adalah tumpangan perahu pisang.

Wisatawan akan berputar-putar di atas perahu pisang ke tengah air. Kemudian akan jatuh ke laut dalam bentuk tikungan yang tajam. Anda tidak perlu khawatir tenggelam karena wisatawan memakai jaket pelampung untuk menjaga keselamatan saat bermain.

Sunset di Pantai Tanjung Pasir

Sunset di pantai Tanjung PasirSunset di pantai Tanjung PasirLetak pantai ini sangat cocok untuk menikmati matahari yang perlahan terbenam di ufuk barat. Foto: Instagram/auresha11

Lokasi Pantai Tanjung Pasir sangat cocok untuk menikmati matahari terbenam. Wisatawan bisa duduk bersantai sambil memandangi pantai sambil menyaksikan langit biru yang berubah warna menjadi jingga. Menikmati mentari yang perlahan terbenam di ufuk barat dan melarutkan warna ungu senja.

penangkapan ikan

Perairan di sekitar pantai merupakan tempat yang populer bagi para penggemar memancing. Wisatawan dapat mencari spot-spot tertentu yang biasanya ditandai sebagai kawasan pemancingan. Atau Anda bisa naik perahu ke tengah laut untuk mengumpulkan hasil tangkapan incaran Anda.

Beberapa kolam juga menjadi ajang adu keterampilan dan keberuntungan dalam memancing ikan bandeng dan ikan bass.

Wisata kuliner

Banyak pondok-pondok dan kios-kios masyarakat di sekitar Pantai Tanjung Pasir yang tersedia untuk melayani makanan wisatawan. Menunya meliputi masakan khas seafood seperti ikan bakar. Sembari menikmati hidangan seafood di tepi laut, wisatawan juga bisa menikmati indahnya pemandangan pantai.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati kuliner, tersedia beberapa restoran dan resort. Selain sajian khas pantai, tempat-tempat tersebut juga menyuguhkan berbagai atraksi hiburan. Seperti atraksi wisata langsung dengan para juru masak yang mengolah bandeng di kolamnya.

Pusat Mangrove Tangerang

Mangrove Center Tangerang terletak di lahan seluas 129 hektar. Pembangunan akses dan daya tarik wisata menambah daya tarik Pantai Tanjung Pasir. Pendalaman daerah aliran sungai bekerjasama dengan Koramil dan Perhutani.

Acara di Pantai Tanjung Pasir

Berbagai kegiatan menarik rutin diadakan di sini. Seperti kegiatan hiburan malam Pesta Nelayan Pantai Tanjung Pasir. Acara tersebut digelar sebagai wujud rasa syukur terhadap hasil laut dan keselamatan nelayan saat melaut.

Pemerintah setempat mengadakan festival memancing dan acara promosi pariwisata. Acara berlangsung selama 4 hari 3 malam. Diantaranya adalah Bright Sea Culture atau Sea Party yang menyuguhkan beragam hiburan dan kuliner.

Hiburan masyarakat tradisional seperti wayang kulit dan lenong kerap menjadi menu utama. Ada juga acara syukuran dan doa bersama nelayan dan warga. Puncak dari festival memancing ini adalah kompetisi perahu hias yang diikuti lebih dari 100 peserta.

Wisata religi

Ribuan umat Hindu di Provinsi Banten melakukan ritual Melasti di Pantai Tanjung Pasir. Ritual ini merupakan rangkaian kegiatan pada Hari Raya Nyepi. Mereka semua berasal dari seluruh candi yang ada di Provinsi Banten.

Umat ​​​​Hindu mempraktikkan keheningan untuk meningkatkan kualitas keimanan mereka. Kegiatan ini berlangsung di pinggir pantai untuk melepaskan air suci ke laut. Acara ini berlangsung di tepi laut karena bagi umat Hindu laut merupakan simbol pembersihan segala kotoran.

Bersamaan dengan itu, diadakan pula Pekelem Malang atau upacara sedekah laut untuk memohon keselamatan. Upacara ini juga menjadi salah satu daya tarik kawasan wisata ini.

Fasilitas di Pantai Tanjung Pasir

Fasilitas yang ada di kawasan pantai ini cukup lengkap. Terdapat tempat parkir yang luas, resor dan akomodasi, ruang ganti, toilet, toko suvenir. Ada juga beberapa restoran yang menawarkan berbagai hidangan makanan laut.

Destinasi wisata ini terus berkembang. Diantaranya akses terhadap jalur wisata serta pelayanan kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan. Babinkamtibmas dan petugas Pencinta Alam juga memantau debit air sungai untuk memprediksi intensitas air yang tinggi.

Pada masa puncak liburan, ratusan petugas disiagakan untuk memastikan aktivitas wisata. Petugas tersebut merupakan gabungan TNI, Polri, ormas, dan pramuka yang bersiaga mengamankan lokasi. Wisatawan dapat memanfaatkan pospam yang ada di sekitar pantai untuk beristirahat atau mendapat pertolongan medis.

Lokasi Pantai Tanjung Pasir

Wisata pemandangan pantai ini berlangsung di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten. Lokasinya kurang lebih 15 hingga 20 menit berkendara dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta atau satu jam dari Jakarta.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button