Tempat Wisata

Tiket & Pesona Candi Ratu Boko Desember 2022

Harga tiket masuk Ratu Boko: Rp 20.000 – Rp 85.000. Jam buka: 07.00 – 17.00. Nomor Telepon : 0274496406. Alamat : Jl. Raya Piyungan – Prambanan No. KM.2, Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia, 55572.

Candi Ratu Boko masih dalam pengelolaan yang sama dengan candi Borobudur dan Prambanan. Tempat wisata ini sendiri sebenarnya bukan candi melainkan fasilitas kerajaan. Kerajaan-kerajaan di masa lalu yang kini telah tumbang.

Dan kawasan Ratu Boko merupakan peninggalan reruntuhannya. Karena merupakan reruntuhan bangunan batu, banyak turis menyebutnya candi. Selain itu, wisata Ratu Boko sering dipadukan dengan Prambanan dan Borobudur.

Biaya masuk ke Candi Ratu Boko

Harga Tiket Masuk Wisata Ratu Boko masih terjangkau. Pengunjung juga bisa memilih paket wisata sekaligus ke candi Prambanan atau Borobudur. Dan ada diskon untuk turis dari study tour sekolah.

Biaya masuk ke Candi Ratu Boko
Tiket masuk usia 10+ (termasuk asuransi Rp 500 per orang) Rp40.000
Tiket masuk usia 3 – 10 tahun (termasuk asuransi Rp 500 per orang) Rp 20.000
Tiket masuk study trip (dilengkapi dengan surat keterangan dari sekolah/universitas, minimal 20 orang) Rp 20.000
Tiket Masuk Terusan Ratu Boko – Candi Prambanan (Termasuk Shuttle Service)
Tiket masuk usia 10 tahun atau lebih Rp 85.000
Tiket masuk usia 3 – 10 tahun Rp40.000
Tiket masuk Kanal Ratu Boko – Candi Borobudur
Tiket masuk usia 10 tahun atau lebih Rp 75.000
Tiket masuk usia 3 – 10 tahun Rp35.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Candi Prambanan

Syarat mengunjungi Candi Ratu Boko :

  • Lakukan setidaknya dosis pertama vaksin.
  • Apakah Anda memiliki aplikasi PeduliLindendi.
  • Selama berada di area pura, Anda harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.
  • Anak-anak bisa masuk ke kawasan wisata asalkan orang tuanya sudah divaksin.

Jam buka Candi Ratu Boko

Wisatawan dapat mengunjungi objek wisata ini setiap hari. Dan bisa menikmati serunya perjalanan dari pagi hingga malam hari. Karena tempat wisata ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore.

jam buka
layanan tiket 07.00 – 17.00
liburan 08.00 – 17.00

Menjelajahi Situs Sejarah Ratu Boko

Situs hijau di kawasan Ratu Boko. Foto: Gmap/Holger Bauer

Situs Ratu Boko berada di sebelah selatan Candi Prambanan, berjarak sekitar 3 km. Berada di ketinggian 195 mdpl, tempat wisata ini menawarkan pemandangan yang indah. Ratu Boko berupa kerajaan yang runtuh sebenarnya adalah sebuah istana, Kraton Ratu Boko.

Istana ini milik Ratu Boko, ayah dari Lara Jonggrang. Dengan perkiraan didirikan oleh dinasti Syailendra sejak abad ke-8. Yang memiliki latar belakang Budha.

Kemudian Kraton Ratu Boko diambil alih oleh raja-raja Mataram Hindu. Akibat perpindahan kepemilikan, bangunan Kraton Boko mendapat pengaruh dari agama Hindu dan Budha. Maka jangan heran jika ada yang menyebut candi Budha atau candi Hindu.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Candi Borobudur

Bagian tujuan ikonik

Gerbang masuk kompleks Ratu BokoCandi Ratu Boko. Foto: Gmap/Yudhie Arthasatya

Di bagian barat pengunjung akan menemukan pintu masuk ke kawasan wisata Ratu Boko. Gerbang ini dikelompokkan dan berdiri di situs yang cukup tinggi. Dari tempat parkir, pengunjung harus berjalan sekitar 100 meter untuk mencapainya.

Pintu masuk terdiri dari gerbang luar dan gerbang dalam, gerbang dalam adalah gerbang utama. Sekitar 15 meter dari gerbang luar terdapat gerbang utama. Dimana terdiri dari 5 gapura Paduraksa yang berjalan sejajar dengan gapura luar.

Total ada lima gol. Kendati demikian, tangga tersebut hanya terhubung dengan ketiga gerbang tersebut. Sedangkan gerbang kecil yang mengapit tidak tersambung. Di setiap anak tangga dilengkapi dengan gelung ukel dan ornamen besar di bagian atasnya.

Baca: Tiket dan Aktivitas Candi Gedong Songo

Pura Pembokor

Matahari terbenam di Candi Ratu BokoMenikmati sunset di situs Ratu Boko. Foto: Gmap/Ronny Tri

Sekitar 37 meter timur laut dari gerbang utama terdapat Candi Pembkoran. Bentuknya berupa teras bumi bertingkat hingga setinggi 3 meter. Luasnya 26 meter persegi dengan bentuk persegi.

Teras kedua lebih sempit dari teras pertama, membuat jalan menuju teras kedua. Rumput hijau menjadi karpet di teras dan terlihat sangat indah. Kemudian di sebelah barat terdapat tangga batu yang dilengkapi dengan pegangan.

Di tengah teras kedua terdapat bujur sangkar berbentuk persegi seperti air mancur. Ukurannya 4×4 meter persegi, yang berguna sebagai tempat pemakaman. Di sebelah tenggara terdapat sebuah sumur kuno yang diyakini sebagai sumber air suci.

Baca: Tiket Masuk & Pesona Candi Sambisari Yogyakarta

matahari terbenam di Candi Ratu Boko

Matahari terbenam di Candi Ratu BokoSalah satu hiburan favorit pengunjung Candi Ratu Boko adalah menyaksikan matahari terbenam.

Banyak pengunjung yang datang ke objek wisata ini untuk melihat sunset (matahari terbenam). Setelah Candi Prambanan, langsung berkendara menuju kawasan wisata ini pada sore hari.

Sunset di Candi Ratu Boko bisa dilihat sekitar pukul 17.00. Wisatawan bisa naik ke puncak salah satu bangunan candi dan bersantai sambil menunggu sunset. Saat cuaca bagus, cahaya keemasan tampak mengintip dari balik awan. Suasana romantis inilah yang menjadi daya tarik objek wisata Ratu Boko.

Istana Paseban Ratu Boko

Paseban adalah tempat menghadap raja. Dari gerbang itu hingga 45 meter ke selatan. Paseban dibangun dari batu dan memiliki tinggi 1,5 mx 7 mx 38 m.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Puncak Becici

Gua Lanang dan Gua Wadon

Di kawasan Ratu Boko terdapat goa yang disebut Goa Lanang dan Goa Wadon. Gua Lanang terletak di sebelah timur laut Paseban yang berbentuk gang persegi. Gua Wadon terletak 20 meter tenggara Paseban. Di dalam gua terdapat relung seperti bilik. Dindingnya berupa pahatan berupa semacam bingkai segi empat.

Kontak & Alamat Candi Ratu Boko

Taman wisata candi ini terletak di Jalan Raya Yogya – Solo KM 16 Prambanan, Sleman. Pengunjung dapat menghubungi 0274-496-402, 0274-496-406 atau email [email protected].

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button