Tak Berkategori

Tiket & Pesona CEMORO KANDANG Januari 2024

Cemoro Kandang

  • Biaya masuk: Rp25.000
  • Jam buka: 9 pagi – 5 sore
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Gondosuli Kidul, Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57792

Kalau ada Lembang dengan sejuta keindahan alam di Jawa Barat. Terletak di Jawa Tengah, Karanganyar menyimpan sejuta keindahan alam. Salah satu keindahan alam yang patut diandalkan adalah pariwisata Cemoro Kandang.

Kawasan wisata ini merupakan jalur pendakian Gunung Lawu. Tidak hanya diperuntukkan bagi para pendaki gunung, namun juga bagi pengunjung yang tidak melakukan pendakian. Pengunjung bisa sekedar nongkrong dan menghabiskan waktu mengamati pemandangan yang indah.

Biaya masuk Cemoro Kandang

Untuk memasuki kawasan wisata ini, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 25.000. Tiket masuknya tidak mahal, cukup membayar beberapa ribu saja untuk menikmati keindahan kawasan wisata ini.

Baca: Tiket Masuk Bukit Sekipan Tawangmangu dan Berbagai Aktivitasnya

Jam buka Cemoro Kandang

Meski pengunjung bisa melakukan pendakian kapan saja, Cemoro Kandang memiliki jam buka tersendiri. Buka jam 9 pagi dan tutup jam 5 sore.

Keindahan Cemoro Kandang Karanganyar

Pemandangan perbukitan dan hutan disekitarnyaPemandangan perbukitan dan hutan disekitarnyaPemandangan indah dari Cemoro Kandang. Foto: Gmap/trezzno bahil

Cemoro Kandang merupakan wilayah paling timur Kabupaten Karanganyar. Daerah ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Maganu, Jawa Timur. Dan merupakan salah satu jalur pendakian di Gunung Lawu yang paling banyak diminati wisatawan.

Kawasan wisata alam ini terletak di ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut dan memiliki suhu yang sangat sejuk. Suhu rata-rata harian adalah 8 – 10 derajat Celcius. Bahkan tanpa harus mendaki Gunung Lawu, pengunjung sudah bisa merasakan dinginnya udara pegunungan.

Pemandangan disekitarnya sangat indah, dengan pepohonan hijau yang menjulang tinggi di banyak tempat. Karena lokasinya berada di desa tertinggi, pengunjung bisa menikmati pemandangan di bawah. Pemandangan Kabupaten Karanganyar bahkan Kota Solo terlihat jelas dan indah dari sini.

Baca: Tiket Masuk Grojongan Sewu dan Berbagai Aktivitas Wisata Alam

Nikmati kopi hangat

Satu lagi tempat dengan pemandangan Cemoro Kandang yang indahSatu lagi tempat dengan pemandangan Cemoro Kandang yang indahSatu lagi tempat dengan pemandangan Cemoro Kandang yang indah. Foto: Gmap/Suci Endah Purwati

Terdapat deretan kios di sekitar lokasi, sebagian besar menawarkan makanan dan minuman panas. Warung ini terletak di sepanjang jalan sekitar perbukitan.

Pengunjung senang membuat kopi panas sambil menikmati pemandangan. Dipadukan dengan gorengan hangat siap menjadi teman minum kopi. Namun perlu diingat bahwa sebaiknya kopi segera diminum karena cepat dingin karena suhu udara.

Sedangkan harga minuman dan makanan di sini masih sangat terjangkau. Dan tentunya ramah di kantong karena tidak terlalu mahal.

Baca: Tiket Masuk Taman Balekambang Tawangmangu dan Aktivitas Wisata

Nikmati keindahan Telaga Sarangan

Pemandangan perbukitan dan danau di Cemoro KunciPemandangan perbukitan dan danau di Cemoro KunciMenikmati keindahan Telaga Sarangan di Cemoro Kandang Karanganyar.

Karena berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, pengunjung mendapat bonus. Bonusnya adalah pemandangan Telaga Sarangan yang terletak di Matanz.

Telaga Sarangan juga masih terletak di lereng Gunung Lawu. Airnya jernih dan dari kejauhan terlihat berwarna biru kehijauan. Pemandangan tersebut bisa dinikmati dari kawasan wisata ini.

Nikmati panorama indah dengan makanan dan minuman hangat. Pengunjung juga bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan gunung dan danau. Benar-benar akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Jalur Pendakian Menuju Gunung Lawu

Peraturan plang dan tempat pendakian kandang Lawu CemoroPeraturan plang dan tempat pendakian kandang Lawu CemoroBagi yang ingin mendaki Gunung Lawu, jalur ini bisa digunakan.

Banyak pendaki yang memilih jalur Cemoro-Kandang untuk mendaki Gunung Lawu. Pasalnya, jalurnya lebih landai meski jaraknya 12 km. Jika mendaki Gunung Lawu melalui jalur ini, terdapat 5 pos yang bisa dijadikan tempat persinggahan para pendaki.

Dari sini menuju Pos 1, pendakian memakan waktu sekitar 1 jam. Tidak ada sumber air di Pos 1. Namun ada pula pedagang yang menjual pada hari Kamis, Minggu, atau hari libur besar.

Pos-pos di sepanjang jalur pendakian merupakan bangunan semi permanen. Dengan atap genteng dan dinding lembaran logam, dengan dinding kayu, bahkan terkadang tanpa dinding. Namun pengunjung bisa beristirahat dan beribadah di pos ini.

Akses ke Cemoro Kandang

Lokasi objek wisata ini tepat berada di jalan utama. Pengunjung tidak perlu mendaki untuk sampai ke objek wisata ini. Bahkan, pengunjung bisa memarkir kendaraannya tak jauh dari lokasi.

Selain minuman hangat, ada makanan khas yang sangat istimewa di sini. Yaitu sate kelinci atau disebut juga dengan sate landak. Karena sate di Indonesia biasanya terbuat dari daging ayam, kambing atau sapi.

Mungkin bagi sebagian orang, kelinci hanya sekedar hewan peliharaan. Namun masyarakat di daerah ini juga memanfaatkan daging kelinci untuk sate.

Lokasi Cemoro Kandang

Kawasan wisata alam ini terletak di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Jika Anda bepergian dengan kendaraan umum, Anda bisa turun di Terminal Tawangmangu. Setelah itu dilanjutkan dengan angkutan L300 dan turun di halte Cemoro Kandang.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button