Tak Berkategori

Tiket & Pesona CURUG CITAMBUR Januari 2024

Air Terjun Citambur

  • Biaya masuk: Rp10.000
  • Jam buka: 07.30 – 16.30 WIB
  • Nomor telepon: 081511094440 / +62 831-3213-3320
  • Alamat Lokasi: Karangjaya, Pasirkuda, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, 43266

Objek wisata ini mungkin akan membuat Anda takjub dengan keindahannya. Namanya Air Terjun Citambursalah satu tempat wisata air terjun di Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Meskipun biasanya air terjun hanya mengalir menuruni tebing atau bebatuan, di sini air terjunnya menyajikan gambaran yang sangat berbeda. Terdapat tebing dengan rerumputan hijau di sekitar air terjun. Kecantikannya bahkan mungkin sedikit mengingatkan Anda pada dongeng.

Baca: 11 Tempat Wisata Pilihan di Cianjur

Biaya masuk air terjun Citabur

Harga tiket masuk Air Terjun Citambur relatif murah dan terjangkau hanya Rp 10.000 saja. Namun harga tiket tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan yang Anda bawa.

Jenis tiket Harga
Tiket masuk Rp10.000
Tiket untuk kendaraan roda dua Rp3.000
Tiket untuk kendaraan 4×4 Rp5.000

Biaya masuk air terjun Citabur

Baca: Tiket Masuk dan Pesona Curug Ngebul Cianjur

Jam Buka Air Terjun Citabur

Kawasan Wisata Air Terjun ini terbuka untuk umum. Wisatawan dapat mengunjungi objek ini setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 16.30. Waktu terbaik untuk berwisata adalah awal musim hujan.

Pesona Curug Citambur

Air Terjun CitamburAir Terjun CitamburLokasi air terjun ini berjarak sekitar 65 kilometer dari pusat kota Cianjur – Foto: Google Maps/Diki Candra

Baca: Tiket Masuk Air Terjun Cikondang Cianjur dan Berbagai Aktivitasnya

Curug Citambur merupakan salah satu air terjun indah yang ada di Kabupaten Cianjur. Air terjun ini terletak di Desa Karangjaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Air terjun ini menjulang dari ketinggian tebing hingga 100 meter. Alirannya mempunyai beberapa tahapan, dengan tahapan tertinggi mendominasi yang memiliki debit air paling besar. Letaknya di dua sisi tebing yang penuh dengan rumput dan berbagai tumbuhan liar.

Harta karun yang tersembunyi

Panorama air terjunPanorama air terjunPanorama air terjun yang meluncur menyusuri permukaan batu dari ketinggian sekitar 100 meter – Foto: Google Maps/Curug Citambur

Baca: Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara dan 9 Taman Bunga Keren

Mungkin pantas jika air terjun ini disebut sebagai “harta karun”. Air terjun ini terletak di balik tebing Gunung Lemo. Gunung Lemo merupakan gunung yang membentang dari Rancabali hingga Pasirkuda dan memiliki bentuk menyerupai huruf L.

Curug Citambur mengalir deras dari ketinggian dan memiliki arus yang sangat deras. Saking dahsyatnya, airnya bisa dirasakan dari jarak 50 meter di sekitar air terjun. Begitu memasuki kawasan wisata ini, udara dingin dan sejuk akan langsung menerpa Anda.

Pemandangan air terjun CitamburPemandangan air terjun CitamburPemandangan Curug yang dikelilingi tebing dan padang rumput yang menakjubkan – Foto: Google Maps/Ferry Afak

Baca: Tiket dan Wahana Little Venice, Kota Bunga Cianjur

Air terjun derasnya konon menjadi senama objek wisata ini. Citambur terdiri dari kata “ci” yang berarti air dan “tambur” yang merupakan sejenis alat musik perkusi. Suara air yang jatuh dan jatuh dari ketinggian akibat arus yang kuat bagaikan suara genderang yang ditabuh.

Pemandangan Air Terjun Citabur yang menakjubkan dilengkapi dengan hijaunya rerumputan dan pepohonan yang menutupi tebing-tebing di sekitarnya. Biasanya pemandangan terbaik terjadi pada awal musim hujan. Permukaan tanah berwarna coklat dan singkapan batuan menjadi tertutup karpet hijau alami pada musim kemarau.

Suasana alami

Daerah sekitar air terjunDaerah sekitar air terjunKawasan sungai di bawah air terjun aman dijadikan arena bermain air bagi wisatawan – Foto: Google Maps/Intania Nurwahyuni

Baca: Tiket Masuk dan Pesona Situs Gunung Padang Cianjur

Aliran air di air terjun ini cukup deras. Wisatawan tidak boleh berjalan langsung di bawah arus karena terlalu berbahaya. Namun wisatawan juga bisa menikmati kesegaran air terjun ini dari sisi lain.

Curug Citambur terdiri dari beberapa tingkat air terjun. Tingkat terendah adalah air terjun yang tingginya sekitar 40 meter. Dibawahnya terdapat sebuah telaga yang mengalir ke sungai dengan bebatuan. Pengunjung bisa bermain dan berenang di air yang ada di kawasan ini.

Panorama sawahPanorama sawahPemandangan persawahan dan hutan di sekitar kawasan Curug Citambur – Foto: Google Maps/dimas santosa

Baca : Tiket Masuk Wisata Pokland Cianjur dan Aktivitasnya

Namun, tidak mudah untuk menikmati keindahan air terjun ini. Meski berada di kawasan yang relatif mudah dijangkau kendaraan, namun akses jalannya kurang baik. Wisatawan akan menemukan jalan rusak, terjal dan berbatu saat memasuki Desa Karangjaya.

Setelah sampai di gerbang masuk dan memarkir kendaraan, pengunjung masih harus berjalan kaki menuju air terjun. Rute tersebut dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 15 menit. Namun rasa lelah Anda akan langsung hilang dan terkompensasi dengan pemandangan air terjun dan pemandangan alam yang menakjubkan.

Tempat foto yang indah

Dek pemandangan yang indahDek pemandangan yang indahDek observasi yang indah dengan pemandangan langsung ke air terjun – Foto: Google Maps/Ayi Kustana

Baca: Tiket Masuk Air Terjun Cibeureum Cianjur dan Kegiatannya

Jangan lupa abadikan kunjungan anda ke Curug Citambur melalui foto. Manajer menyediakan Platform tontonan cantik, memudahkan wisatawan mengambil foto terbaik. Tempat ini banyak digemari pengunjung muda, baik yang datang berpasangan maupun berkelompok.

Beberapa tempat menarik bagi wisatawanBeberapa tempat menarik bagi wisatawanKawasan Curug Citambur kini dilengkapi dengan berbagai pilihan hiburan seperti spot foto unik untuk wisatawan – Foto: Google Maps/Rini Juariah

Dengan sedikit kolaborasi kreatif, relaksasi di Curug Citambur tidak hanya sebatas menikmati pemandangan alam. Kawasan sekitar air terjun menawarkan berbagai pilihan hiburan seperti spot foto unik, termasuk rumah terbalik. Lewat sini, aktivitas selfie alias Selfie Di alam segalanya berbeda dan lebih menyenangkan.

Fasilitas air terjun Citabur

Sebagai objek wisata, Curug Citambur memiliki sejumlah fasilitas yang memadai. Tempat parkir, toilet, dan musala tersedia di sini. Pengunjung juga tidak perlu khawatir kelaparan karena terdapat beberapa stand dan kios yang berada tak jauh dari kawasan air terjun.

Lokasi Air Terjun Citambur

Objek wisata air terjun ini terletak di Desa Karangjaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Lokasinya bisa dicapai dengan kendaraan roda dua atau empat. Namun kondisi jalan agak rusak akan Anda jumpai saat memasuki Desa Karangjaya, sehingga disarankan menggunakan kendaraan dengan durabilitas tinggi.

Jalur yang bisa ditempuh untuk mencapai objek wisata ini adalah jalur Ciwidey menuju perkebunan teh Rancabali. Kemudikan kendaraan menuju Desa Cipelah hingga sampai di Desa Karangjaya. Pintu masuk Curug Citambur berada di sebelah kantor desa sehingga mudah ditemukan. Dari sini pengunjung hanya perlu berjalan kaki sekitar 50 meter untuk mencapai air terjun.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button