Tempat Wisata

Tiket & Pesona CURUG GSE TERKENAL Januari 2024

Air terjun terkenal

  • Biaya masuk: Rp10.000-Rp. 15.000
  • Jam buka: 07.00 – 17.00
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Gunung Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810

Satu lagi kumpulan air terjun di Kabupaten Bogor yang sayang untuk dilewatkan: Air terjun terkenal. Air terjun yang awalnya bernama Curug Ngumpet 2 ini terletak di kawasan Gunung Salak Endah (GSE) yang terkenal dengan berbagai air terjunnya.

Sesuai dengan namanya, Curug Kondang memang pantas menyandang predikat “terkenal” alias kesohor. Air terjun ini terletak di tengah lembah dan menawarkan suasana air terjun alami yang dikelilingi hutan. Airnya yang biru dan jernih dijamin memikat wisatawan untuk merasakan kesegarannya.

Biaya masuk ke air terjun terkenal itu

Untuk menuju air terjun ini wisatawan harus memasuki kawasan Gunung Salak Endah terlebih dahulu. Oleh karena itu, pengunjung dikenakan dua harga tiket masuk yaitu tiket kawasan GSE dan tiket masuk Air Terjun Kondang. Namun jangan khawatir, harganya tetap terjangkau dan sebanding dengan fitur yang Anda dapatkan.

Jenis tiket Harga
Tiket Masuk TNGHS Rp20.000
Tiket masuk ke air terjun terkenal itu Rp10.000

Biaya masuk ke air terjun terkenal itu

Baca: Tiket Masuk KAWAH RATU Bogor dan Objek Wisata Menakjubkan

Jam buka Air Terjun Kondang

Air Terjun Kondang buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00. Objek wisata alam ini biasanya ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan dan hari libur.

Pesona air terjun yang terkenal

Gerbang masukGerbang masukGerbang masuk kawasan Air Terjun Kondang – Foto: Google Maps/kak ida cikgu

Baca : Tiket PANGERAN CURUG dan Kegiatan Wisatanya

Curug Kondang merupakan air terjun yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Salak Endah. Dulunya tempat ini dinamakan Curug Ngumpet 2 untuk membedakannya dengan Curug Ngumpet yang terletak di kawasan yang sama. Ditelepon 'bersembunyikarena letaknya yang tersembunyi di tengah lembah.

Air terjun ini terletak di kawasan wisata Gunung Bunder yang merupakan bagian dari Gunung Salak. Air terjun ini tingginya sekitar 15-20 meter dan mengalir menuruni tebing yang dikelilingi tumbuhan liar. Sebagai objek wisata, airnya yang biru dan jernih menjadi daya tarik tersendiri.

Wisata alam yang ramah

Rute pendakianRute pendakianRute trekking yang nyaman melewati hutan dan menyusuri sungai – Foto: Google Maps/Putri Ariffani

Baca : Tiket Masuk dan Pesona CURUG NOMOR

Jika berkendara menuju air terjun biasanya membutuhkan tenaga dan kondisi jalan yang masih “mentah”, hal tersebut tidak akan Anda temukan saat berkunjung ke Curug Kondang. Air terjun ini merupakan bagian dari Kawasan Wisata Gunung Salak Endah (GSE) dan mudah dijangkau. Meski harus sedikit mendaki, rutenya tidak akan terlalu berat.

Dari tempat parkir, pengunjung cukup mengikuti jalan batu yang terawat baik. Meski jalannya sempit dan berada di tepi sungai berbatu, pagar pembatas menjamin keamanan. Kontur jalan yang naik dan turun tidak terlalu terasa karena jalurnya diubah menjadi tangga.

Tur trekking dapat memakan waktu sekitar 15 – 20 menit. Jangan khawatir, sepanjang perjalanan pengunjung akan disuguhi keindahan hutan yang masih alami dan terawat. Hati-hati karena kawasan hutan ini merupakan habitat kera. Jika Anda tidak mengganggu mereka, mereka tidak akan mengganggu Anda.

Panorama air terjun yang terkenal

Air terjun terkenalAir terjun terkenalAir Terjun Kondang dengan airnya yang jernih dan biru – Foto: Google Maps/Tom'

Baca: Wisata Selfie RANGGON HILLS di Gunung Salak

Semakin dekat Anda dengan air terjun, maka suara air terjun tersebut akan semakin keras. Semakin dekat pengunjung ke air terjun, maka bebatuan sungainya akan semakin besar. Semakin jauh perjalanan menuju ke tengah lembah, udara pun semakin sejuk.

Air Terjun Kondang memiliki ketinggian 15 hingga 20 meter dan mengalir menuruni tebing berbatu. Airnya mengalir ke sebuah danau kecil yang berwarna biru kehijauan. Kedalaman sekitar air terjun adalah 5 meter, sehingga cukup berbahaya jika terlalu dekat.

Kolam renang alami

Kolam alamiKolam alamiSungai dengan bendungan – Foto: Google Maps/Arief Budiyanto

Baca: Tiket Masuk Curug Seribu dan Aktivitasnya

Yang unik dari air terjun ini adalah aliran sungainya yang bertingkat-tingkat. Sungai ini didominasi oleh bebatuan berukuran sedang yang jumlahnya tidak terlalu banyak sehingga menyisakan ruang yang cukup untuk area berenang dan menyelam. Ada pula bagian yang sengaja dialihfungsikan menjadi semacam bendungan.

Secara keseluruhan, sungai yang tercipta dari Sungai Curug Kondang ini menyerupai kolam renang. Airnya bersih dan jernih, terutama saat musim kemarau atau saat sepi pengunjung.

Terdapat bebatuan besar dengan bentuk berbeda-beda di beberapa sisinya. Batu-batu ini cocok untuk duduk atau beristirahat karena sebagian besar memiliki permukaan yang rata. Tempat ini juga merupakan tempat yang tepat untuk fotografi.

Menikmati alam

Air jernihAir jernihJernihnya air dan panorama hutan di sekitar air terjun – Foto: Google Maps/ifank neutron

Baca: Tiket dan Aktivitas CURUG CIGAMEA

Setelah pengunjung lelah menikmati sejuknya air Curug Kondang, pengunjung dapat beristirahat di pendopo. Banyak paviliun yang tersebar di sekitar air terjun dan mengundang Anda untuk berlama-lama.

Menikmati makan siang ditemani suara air terjun dan suasana di tengah hutan tentu akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Bagi pengunjung yang ingin bermalam, tidak ada salahnya untuk berkemah di sana tempat perkemahan apa yang ada.

Ada tempat perkemahan di sepanjang jalan menuju dan sekitar air terjun. Pengunjung tinggal memilih lokasi yang disukai: dekat air terjun atau di bawah rindangnya pepohonan tak jauh dari air terjun.

Baca: 21 Air Terjun Terbaik di Bogor

Fasilitas di air terjun yang terkenal

Air Terjun Kondang dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang memadai. Mulai dari tempat parkir yang cukup luas, toilet, musala, dan warung. Toilet dan pancuran untuk membilas tersedia tidak jauh dari lokasi air terjun.

Baca: Tiket Masuk Bukit Panorama GSE dan Berbagai Aktivitasnya

Biasanya letaknya di dekat warung makan di sepanjang jalan menuju air terjun. Di sini juga terdapat beberapa pendopo atau saung untuk beristirahat. Kawasan air terjun juga rutin dipantau oleh petugas penyelamat untuk menjamin keselamatan pengunjung dari risiko banjir.

Lokasi Air Terjun Kondang

Objek wisata air terjun ini terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan. Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jarak dari gerbang masuk kawasan wisata Gunung Salak Endah kurang lebih 2 km. Air Terjun Kondang dapat dicapai dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum, khususnya angkutan umum menuju Gunung Picung.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button