Tak Berkategori

Tiket & Pesona Pemandian Air Panas Januari 2024

Pemandian Air Panas Penalahan Tabanan

  • Biaya masuk: Rp25.000
  • Jam buka: 06.30 – 18.30 WITA
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Penalahan, Penebel, Tabanan, Bali, Indonesia, 82152

Bali menawarkan berbagai atraksi wisata, liburan dan istirahat dari kehidupan sehari-hari. Salah satunya ada di sana Air panas penahan, Tabanan, Bali. Letaknya yang jauh dari kota membuat tempat ini menawarkan suasana sejuk dan damai bagi pengunjungnya.

Tempat yang terletak di tepian Sungai Ho atau Yeh Ho ini disebut juga dengan Taman Kupu-Kupu. Saat musim kemarau, pengunjung bisa melihat bebatuan besar di Sungai Ho. Suara gemericik air sungai yang tidak terlalu deras menambah sensasi nikmatnya berendam.

Biaya Masuk Pemandian Air Panas Penalahan Tabanan

Jika Anda berencana untuk berenang di perairan hangat yang menyegarkan ini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Jika Anda hanya membayar Rp 25.000 Anda sudah bisa menikmati kolam air panas.

Jenis tiket Harga
Tiket masuk Rp25.000

Biaya Masuk Pemandian Air Panas Penalahan Tabanan

Baca: TERAS PADI JATILUWIH Tabanan Teras sawah yang menakjubkan

Jam Buka Pemandian Air Panas Penalahan Tabanan

Tempat yang menggunakan air bersuhu 38-40°C ini sudah ada sejak tahun 1993. Sumber Air Panas Penalahan (Yeh Panes Penalahan) buka setiap hari mulai pukul 06.30 hingga 18.30 WITA.

daya tarik

Tentu saja yang menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke tempat ini adalah keinginan untuk merasakan kesegaran kolam termal. Selain itu, dari kolam pemandian ini pengunjung dapat menikmati keindahan sungai dan indahnya suasana kawasan sekitar.

Baca: Tiket Masuk Bali Safari Marine Park dan Atraksi Satwa

1. Kolam air panas dan dingin

Pemandian Air Panas Panatahan Kolam Umum Atas dan BawahPemandian Air Panas Panatahan Kolam Umum Atas dan BawahKolam umum atas dan bawah di Sumber Air Panas Penalahan. Foto: googlemap/VERDIER Loïc

Pemandian air panas ini memiliki 2 kolam renang umum. Kolam-kolam tersebut dibagi menjadi air panas dan dingin sesuai dengan air yang digunakan. Selain itu, terdapat total 8 kolam renang pribadi, masing-masing empat, di area atas dan bawah. Kolam renang dapat digunakan pengunjung apabila diperlukan.

Di sudut kolam terdapat shower air panas yang dapat membantu relaksasi tubuh. Pada kolam renang pribadi terdapat meja khusus untuk menyimpan barang-barang pengunjung. Usai berenang atau berendam, pengunjung bisa membasuh badan di pancuran.

Cekungan bagian atas dipisahkan oleh bilik bambu. Sedangkan yang lebih rendah menggunakan dinding sebagai partisi tanpa atap.

Baca: Tiket Masuk DANAU BERATAN dan Objek Wisata di Tabanan

2. Berendam di kolam air panas

Benamkan diri Anda di kolam termalBenamkan diri Anda di kolam termalBenamkan diri Anda dalam pemandian air panas dan nikmati keindahan alam. Foto: Instagram/gunggekmirah16

Pengunjung dapat memilih tempat untuk bersantai. Misalnya jika pengunjung membawa anak-anak, maka dapat memilih kolam renang umum dengan kedalaman sekitar 80 cm. Suhu air di kolam renang umum ini tidak terlalu tinggi sehingga cocok untuk anak-anak.

Sedangkan orang dewasa bisa menggunakan kolam di lantai atas untuk berenang. Kolam renang ini memiliki kedalaman 115-180 meter di perairan normal. Ada nilai plusnya jika mandi di kolam bagian atas. Pengunjung bisa langsung menikmati pemandangan sekitar, seperti pemandangan Sungai Ho.

Pengunjung juga bisa berenang di kolam renang pribadi, misalnya bersama pasangan. Terlepas apakah Anda ingin berenang di kolam renang umum atau pribadi, dikenakan biaya per orang.

Baca: Tiket Masuk Kebun Raya Bali dan Koleksi Uniknya

3. Menyenangkan

Pada dasarnya tempat yang terdapat sumber air panasnya adalah sebuah penginapan. Oleh karena itu, tidak heran jika terdapat juga spa air panas. Fasilitas ini merupakan fasilitas yang baru dibangun. Pemandian air panas menawarkan ruang untuk sekitar 58 orang.

4. Panorama kawasan sumber air panas Penalahan

Pemandangan sekitar Sumber Air Panas PanatahanPemandangan sekitar Sumber Air Panas PanatahanPemandangan sekitar Pemandian Air Panas Penalahan. Foto: googlemap/Ze luis

Salah satu yang membuat Sumber Air Panas Penalahan terkenal adalah suasananya. Pengunjung tidak hanya bisa mendengar suara alam gemericik air, tapi juga pemandangan alam yang hijau. Di sekitar tempat wisata ini dikelilingi oleh hutan dan persawahan yang masih asri. Hal ini memberikan pengunjung suasana damai.

5. Mitos menyembuhkan penyakit

Air Yeh Panes Penalahan berasal dari berbagai sumber. Salah satunya dari Kuil Yeh Panes yang terletak di area pemandian. Karena air Penalahan Yeh Panes dari berbagai sumber dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. Penyakit tersebut antara lain penyakit kulit dan rematik.

Gelembung menggelembung di kolam di bawah pohon beringin. Karena mengandung belerang, air kolamnya tidak jernih. Jadi warna kolamnya kombinasi kuning, hijau dan coklat. Air tersebut kemudian disaring dan didistribusikan melalui pipa ke setiap kolam pemandian.

Oleh karena itu, air di Pemandian Penalahan dapat menyembuhkan penyakit. Namun, penyakit ini tidak bisa disembuhkan dengan segera. Pengunjung harus berendam secara rutin untuk memaksimalkan manfaat belerang di kolam tersebut.

6. Akomodasi

Menandai di depan area pemandianMenandai di depan area pemandianPenanda depan kawasan Sumber Air Panas Penalahan. Foto: peta google/Harry –

Akomodasi disediakan bagi pengunjung luar kota atau asing untuk bermalam. Pengunjung dapat memesan kamar yang mereka inginkan langsung di bagian penerima tamu. Bagian penerima tamu berjarak sekitar 200 meter dari tempat parkir.

Salah satu tipe kamar di penginapan memungkinkan pengunjung menikmati suasana indah dari balkon. Di dalamnya, kamar dilengkapi dengan sofa dan televisi. Selain itu, tempat tidur king sizenya dilengkapi dengan kelambu sehingga cocok juga untuk pasangan.

Fasilitas umum

Selain area mandi dan ganti pakaian, Pemandian Yeh Panes juga menawarkan paviliun dan restoran. Pengunjung dapat bersantai di paviliun dan menikmati pemandangan yang indah. Jika Anda lapar, Anda bisa memilih antara masakan Asia dan Barat.

Lokasi air panas di Penalahan

Pemandian air panas ini terletak di Desa Penalahan, Penebel, Tabanan, Bali. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju Pemandian Yeh Panes. Perjalanan dari Denpasar memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button