Tak Berkategori

Tiket SARASWATI PURA dan Aneka Tempat Wisata Januari 2024

Candi Saraswati

  • Biaya masuk: 10.000 hingga 50.000 Rp
  • Jam buka: 07.00 – 17.00
  • Nomor telepon:
  • Alamat lokasi : Jl. Kajeng, Ubud, Ubud, Gianyar, Bali, Indonesia, 80571

Candi Saraswati merupakan kuil yang didirikan untuk memuja dewi ilmu pengetahuan, Dewi Saraswati. Dibangun oleh I Gusti Nyoman Lempad, seorang seniman terkenal Ubud, pura ini terletak di Gianyar.

Yang membuat Pura Taman Saraswati unik dibandingkan pura Bali lainnya adalah adanya kolam teratai. Bunga teratai yang bermekaran di kolam sekitar membuat objek wisata ini begitu megah. Pura ini juga memiliki panggung tari Bali yang rutin menampilkan tari Kecak.

Biaya Masuk Candi Saraswati

Wisatawan yang ingin mengunjungi candi ini harus membayar tiket masuk antara Rp 10.000 hingga 50.000. . Biaya masuk untuk anak-anak dan dewasa berbeda.

Jenis tiket Harga
Tiket masuk untuk anak-anak Rp10.000
Tiket masuk dewasa Rp20.000
Tiket masuk bagi wisatawan mancanegara Rp50.000

Biaya Masuk Candi Saraswati

Baca: 10 Tempat Wisata Menarik di Ubud

Jam Buka Pura Saraswati

Pura Saraswati dibuka untuk umum setiap hari. Dengan jam buka dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore.

Berbagai Tempat Wisata Candi Saraswati

Arsitektur unik Candi SaraswatiArsitektur unik Candi Saraswati

Kunjungi kuil ini Wisatawan Anda akan terpesona dengan pesona arsitekturnya yang menakjubkan. Kolam teratai merupakan salah satu keunikan dan salah satu daya tarik wisata candi ini.

Baca: Tempat Wisata di GOA GAJAH Ubud

Saat memasuki kawasan, wisatawan harus mengenakan selempang dan sarung yang melingkari pinggang. Hal ini untuk menghormati objek wisata yang merupakan tempat pemujaan Dewi Saraswati ini.

Kemegahan arsitektur candi

Patung Dewi Saraswati berdiri megah di area candiPatung Dewi Saraswati berdiri megah di area candiPatung dewi Saraswati berdiri megah di area candi – Foto: GoogleMaps /Przemyslaw Kielbowicz

Saat memasuki kompleks candi, wisatawan akan disambut dengan kemegahan candi yang cantik dan indah. Keindahan arsitektur bangunan candi menjadi daya tarik tersendiri dari objek wisata ini. Patung Dewi Saraswati berdiri megah di area candi.

Baca: Tiket Masuk Museum Lukisan Puri dan Tempat Wisata

Pura Taman Saraswati dibangun oleh I Gusti Nyoman Lempad, seorang ahli seni Bali yang terkenal. Konstruksi dimulai pada tahun 1951 dan selesai pada tahun 1952. Pembangunan pura untuk memuja dewi ilmu pengetahuan Hindu ini dilakukan atas perintah langsung Pangeran Ubud.

Di sini wisatawan diajak mengagumi suasana pura yang menyejukkan. Relief dasar batupasir dengan ornamen ukiran yang sangat rumit menambah keindahan candi. Dibuat halaman dalam yang dikelilingi kolam teratai sebagai panggung tari Kecak.

Keindahan kolam teratai

Kolam teratai mengelilingi area candiKolam teratai mengelilingi area candiKolam teratai yang mengelilingi candi menambah keindahan pesona artistiknya – Foto: Instagram/julia.andreev_

Pura Taman Saraswati adalah pura air yang indah di pusat kota Gianyar. Kuil ini dirancang dengan indah dan memiliki taman yang indah dan alami.

Baca: Wisata Mandi ke Pura Tirta Empul

Tempat ini populer di kalangan wisatawan karena kolamnya yang penuh dengan bunga teratai mengelilingi kuil. Saat bunga teratai mekar, pura ini terlihat semakin indah dan mempesona.

Kolam teratai berpadu serasi dengan keindahan pura yang penuh hiasan dan ukiran. Sebuah jalan setapak membelah bagian tengah kolam menjadi dua sehingga terlihat melalui candi air ini. Wisatawan akan menemukan suasana yang artistik, asri dan sangat asri.

Pengambilan foto instajenik dan prewedding

Berfoto di depan bangunan candi yang estetisBerfoto di depan bangunan candi yang estetisBerfoto di depan bangunan candi yang estetis

Pura Taman Saraswati dirancang dengan indah dan menampilkan taman yang mempesona dan kolam teratai. Suasana istimewa candi dengan relief, ukiran, dan karya seninya menjadi daya tarik tersendiri.

Baca: BUKIT CAMPUHAN Ubud, kawasan trekking yang fantastis

Pura Saraswati dengan segala pesonanya memberikan kesempatan kepada wisatawan untuk berfoto. Arsitektur pura klasik Bali dan serambi yang indah memberikan latar belakang yang menakjubkan. Dipadukan dengan tampilan kolam yang dipenuhi bunga teratai berwarna merah muda, terciptalah gambar yang indah.

Berbagai sudut candi menawarkan spot foto yang indah dan megah. Pura ini juga menyambut wisatawan yang ingin melakukan pemotretan prewedding. Namun, izin khusus dan biaya tertentu diperlukan untuk keperluan kuil.

Pertunjukan tari Bali

Pertunjukan tari Bali di puraPertunjukan tari Bali di puraPertunjukan tari tradisional Bali di panggung terbuka – Foto: Instagram/carpediemblondie

Gianyar, khususnya Ubud, merupakan salah satu tempat di Bali yang paling terkenal untuk menyaksikan tari Kecak. Pura Taman Saraswati adalah salah satu tempat pertunjukan tari Kecak paling terkenal di Ubud. Pertunjukan tari menambah daya tarik pura ini bagi wisatawan.

Baca: Puri Saren Agung Istana Ubud Masa Lalu

Pertunjukan tari tradisional diadakan secara rutin di Pura Taman Saraswati. Halaman dalam dengan arena panggung terbuka yang dikelilingi kolam teratai menjadi panggung pertunjukan. Pertunjukan tari tradisional rutin berlangsung pada malam hari dari tanggal 19 hingga 30 setiap bulannya.

Kini pertunjukan tari Kecak di pura ini hanya dipentaskan pada hari Selasa dan Kamis. Pertunjukan tari Kecak dimulai pukul 19.30 WITA dengan biaya Rp 75.000 per orang.

Wisata religi

Kegiatan keagamaan di Pura SaraswatiKegiatan keagamaan di Pura SaraswatiMelakukan ibadah keagamaan sebagai bagian dari wisata religi di pura ini – Foto: GoogleMaps/ABDULLAH ALKAISY

Pura Saraswati merupakan tempat ibadah umat Hindu Bali yang didedikasikan untuk pemujaan dewi Saraswati. Dewi Saraswati merupakan sosok yang diyakini umat Hindu sebagai dewi ilmu pengetahuan dan seni.

Baca: Keindahan Pura ULUN DANU diselimuti kesejukan

Pura Hindu ini penuh dengan aura spiritual. Ornamen religi dapat dilihat di setiap sudut Pura Taman Saraswati. Kegiatan peribadahan juga dilakukan oleh pemeluk agama Hindu khususnya dari Bali.

Sebagai tempat pemujaan Dewi Saraswati, pura ini juga menjadi tempat upacara keagamaan khusus. Musim festival yang disebut Hari Saraswati jatuh pada Legi Wuku Watugunung setiap hari Sabtu. Perayaan Hari Saraswati terjadi setiap 210 hari (7 bulan menurut penanggalan Bali).

Lokasi Candi Saraswati

Wisata candi ini berlangsung di Jl. Kajeng, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571. Terletak tepat di pusat kota Ubud. Terdapat berbagai pura unik di sekitar candi ini.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button