Tempat Wisata

Tiket Taman Mini Indonesia Indah TMII & 10 Wahana

Tarif Masuk Taman Mini Indonesia Indah : Rp 25.000 Jam : 06:00 WIB – 18:00 WIB No. Telepon : 021-87792078 Alamat : Jl. Taman Mini Indonesia Indah RT.7/RW.2, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia, 13820

Taman Mini Indonesia Indah – TMII hampir setengah abad sejak pemerintahan Presiden ke-2 Indonesia. TMII tetap menjadi tujuan wisata yang populer bagi wisatawan. Taman rekreasi ini tidak pernah sepi pengunjung, baik dari dalam maupun luar kota.

Peminat TMII tidak hanya wisatawan domestik, tetapi juga wisatawan asing dari berbagai usia. Tidak hanya sebagai tempat rekreasi tetapi juga sebagai sarana edukasi tentang sumber daya alam dan budaya Indonesia.

Sesuai dengan namanya, TMII benar-benar menghadirkan Indonesia dalam bentuk mini. Ada tempat wisata edukasi seni, budaya, replika mini rumah adat, flora & fauna.

Ada juga bangunan keagamaan, museum, teater dan berbagai fasilitas rekreasi. Karena penyajian yang lengkap dari wahana tersebut, Taman Mini Indonesia Indah mampu menarik banyak pengunjung setiap harinya.

Baca: Tiket Masuk ANCOL DUFAN dan 12 Wahana Top

Ibu Tien Soeharto secara resmi membuka Taman Mini Indonesia Indah pada tanggal 20 April 1975. Luasnya mencapai 150 hektar. Karena areanya yang sangat luas, pengunjung tidak sempat melihat setiap kendaraan TMII dalam satu hari.

Juga, menjelaskan semua detail dalam satu artikel jelas tidak cukup. Namun setidaknya bagi wisatawan yang baru berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah, ada lima wahana yang tidak boleh dilewatkan. Seperti museum, tempat rekreasi, paviliun daerah, bangunan rumah ibadah dan taman rekreasi.

Tiket masuk Taman Mini Indonesia Indah

Tiket masuk yang bagus ke Taman Miniatur Indonesia TMII dikenai biaya 25.000 rupiah per orang untuk masuk. Sementara itu, Anda dapat menemukan harga yang lebih lengkap pada tabel di bawah ini.

Biaya masuk ke Taman Mini Indonesia Indah
tiket masuk Rp 25.000
Pendaftaran kendaraan
Tiket Masuk Sepeda Rp 5.000
Tiket Masuk Sepeda Motor Rp 15.000
Tiket Masuk Mobil Rp20.000
Tiket bus Rp 40.000

Baca: Tiket Masuk & Wahana MINI TAMAN ANAK ISTANA

Anak-anak berusia 3 tahun ke atas memerlukan tiket masuk.

Informasi penting sebelum mengunjungi TMII:

  • Pembelian tiket mulai 16 November 2022 dan hanya melalui www.tamanmini.com.

Jam buka TMII

Pembukaan kembali dibatasi mulai 20 November 2022.

Taman mini buka dari pagi hingga sore hari. Baik hari kerja maupun akhir pekan. Ada baiknya wisatawan datang dari pagi. Mengingat begitu banyak wahana dan kawasan wisata di TMII.

Jam buka Taman Mini Indonesia yang indah – TMII
Pintu masuk utama 06.00 – 18.00 WIB

Atraksi dan wahana yang indah di Taman Miniatur Indonesia

Candi Bentar, Taman Mini Indonesia memang indahTaman Mini Indonesia Indah TMII. Foto: Mohsein Sani

Mengingat banyaknya wahana yang ada di TMII, berikut ini beberapa wahananya Berkendara di taman mini yang sangat populer dan sering dipadati pengunjung. Wahana tersebut antara lain:

taman rekreasi

Ada sembilan taman rekreasi yang wajib dicoba pengunjung saat berlibur di TMII. Kesembilan taman tersebut adalah dua taman monumental, empat taman flora, lima taman fauna, dan satu taman budaya. Taman Monumen adalah Prasasti APEC dan Monumen Persahabatan Negara-Negara Non Blok.

Taman Flora terdiri dari Taman Kaktus, Legenda Siput Emas, Melati dan Apotek Hidup. Sedangkan Taman Fauna terdiri dari Taman Reptilia, Taman Kupu-Kupu dan Bekisar serta Taman Burung.

Baca: Taman Legenda TMII: Tiket Masuk dan Wahana Seru

Paviliun Daerah

pendopo rumah gadang sumbar, tmiiAnjungan daerah menampilkan rumah khas yang berbeda dari setiap daerah di nusantara. Foto: Fahri Max

Di TMII terdapat Danau Arsipel Indonesia, yang memiliki replika mini kepulauan Indonesia di tengahnya. Masing-masing pulau ini memiliki pendopo daerah yang berjajar, melambangkan tiga sila Pancasila.

Selain itu, setiap provinsi memiliki kerajinan tangan, pakaian tradisional, barang-barang bersejarah, dan peralatan seni untuk setiap daerah. Tentunya dengan adanya wahana seperti ini akan sangat bermanfaat bagi generasi muda untuk lebih mengenal kebhinekaan Indonesia.

kereta gantung

Kereta gantung taman miniJika Anda ingin melihat seluruh area TMII, Anda bisa langsung naik kereta gantung. Foto: Ibrahim F Burhan

Wahana ini merupakan wahana yang populer bagi pengunjung TMII. Wahana tersebut adalah kereta gantung yang menjadi pionir kendaraan wisata di Indonesia. Pengunjung dapat melihat rangkaian pulau mini Indonesia dari Sabang hingga Merauke dengan kereta gantung.

Pengunjung dapat melihat pulau-pulau dengan jelas seolah-olah berada di langit. Selain itu, pengunjung bisa mendapatkan gambaran yang baik tentang seluruh taman wisata dari empat stasiun berbeda.

Teater IMAX Keong Ema

teater imax keong mas tmiiSaksikan berbagai pertunjukan di Teater IMAX TMII Keong Mas. Foto: Regis HENNEQUIN

Teater ini merupakan wahana populer sekaligus ikon Taman Mini Indonesia Indah yang sayang jika dilewatkan. Teater IMAX Keong Emas sangat terkenal karena bentuknya seperti keong mas raksasa.

Baca: Teater IMAX Keong Ema: Tiket, Atraksi, dan Wahana Seru

Pengunjung dapat menyaksikan pemutaran film yang menampilkan kecanggihan teknologi yang menakjubkan. Sinematografi menggunakan proyektor IMAX modern. Oleh karena itu, ketika pengunjung menonton film di sini, mereka akan merasakan perasaan yang berbeda dan akan selalu mengingatnya.

Wahana angsa dan sepeda air

Saat berkunjung ke TMII, wisatawan berkesempatan untuk mencoba mengayuh perahu dan naik angsa. Kedua transportasi air tersebut berada di kawasan Danau Arsipel TMII yang terkenal. Pengunjung dapat mengelilingi danau dengan mesin angsa dan mengayuh perahu. Tiketnya juga terbagi dua, yaitu tiket naik angsa manual dan tiket sepeda air manual.

Bagi pengunjung yang tidak bosan membawa wahana manual, TMII juga menyediakan tiket angsa mesin. Wahana ini sangat cocok jika Anda mencobanya bersama keluarga. Selain rekreasi, pengunjung dapat bersantai dan menikmati pemandangan danau dan Taman Mini secara keseluruhan. Bagi pengunjung yang ingin merasakan segarnya suasana danau bisa langsung memesan tiket wahana ini.

Baca: 60+ Tempat Wisata Terbaik di Jakarta

taman burung

Taman burung dan taman miniLihat berbagai jenis burung di Taman Burung TMII. Foto: Felix Schwarz

Taman burung ini memiliki bentuk yang unik, yaitu kubah kaca. Dengan luas minimal 6 hektar, taman ini memiliki konsep mengadaptasi pola sebaran burung yang sebenarnya. Ada 175 spesies burung di kawasan ini.

Dengan begitu banyak spesies, jumlahnya mencapai ribuan. Tentu saja rekor ini menjadikan Taman Mini Bird Park sebagai kolektor burung terbesar dan terlengkap di Indonesia.

Monorel Titihan Samirono

tertarik untuk mencobanya pesawat terbang atau monorel yang pertama berdiri di Indonesia? Sehingga pengunjung yang datang ke Taman Mini wajib mencoba Titihan Samirono yang menggunakan sistem SHS-20 milik Aeromovel Indonesia.

Yaitu kendaraan yang bergerak dengan tenaga angin dan memiliki kecepatan 20 km/jam. Sedangkan kendaraan sendiri melaju di jalan layang yang memiliki ketinggian 6 meter.

Istana Anak Indonesia

istana taman mini tmiisIstana Anak adalah salah satu area paling populer untuk keluarga dan anak-anak. Foto: Pongky man

Berbentuk seperti bangunan seperti istana kerajaan di dongeng-dongeng Eropa, bangunan berwarna merah ini tidak pernah sepi. Terutama pengunjung anak-anak. Pasalnya, kawasan Istana Anak Indonesia dibangun khusus untuk hiburan anak-anak.

Baca: Promo Hotel Santika Taman Mini Diskon 30%

Di dalamnya, pengunjung akan terpesona dengan kesempatan belajar yang lengkap, terutama untuk anak-anak. Ada alat musik diatonic, pentatonic, alat ilmiah dan teknologi, dan alat bermain lainnya yang menyenangkan tapi mendidik.

dunia air tawar

Wahana ini merupakan taman biota air tawar terlengkap dan terbesar di Asia, bahkan kedua di dunia. Koleksinya termasuk ikan krustasea, tumbuhan air dan reptilia berjumlah 6000 dari 126 spesies. Taman biota yang sangat besar ini juga didukung oleh beberapa fasilitas penunjang wahana.

Diantaranya adalah Auditorium, Perpustakaan, Aula Gurame, Museum, Akuarium Raksasa dan Pojok Reptil serta Ruang Karantina.

Taman air Snowbay

Taman mini taman air SnowbayBermain air dengan pegunungan salju di Snowbay Waterpark. Foto: Taman Air SnowBay TMII

Dengan luas minimal 3 hektar, Snowbay Waterpark memiliki sejumlah seluncuran air yang populer. Katakan saja, Lari keren, kolam renang anak-anakkolam ombak, baster boomingcekungan aliran, Kolam renang sampai bermain biliar. Seperti namanya, kendaraan ini didesain khusus dengan tema pegunungan salju yang nyaman, menyenangkan dan berkelas dunia.

Baca: Snowbay Waterpark: Tiket Masuk dan Wahana Salju

Pengunjung tidak hanya dapat menikmati berbagai wahana yang ada tetapi juga berbagai fasilitas yang ada. Beberapa di antaranya seperti fasilitas Cafe Polaris, Pujasera, Spa & Jacuzzidan VIP cabana.

Taman Mini Indonesia Indah-TMII

Sebagai tempat wisata yang memiliki area yang luas dengan berbagai wahana, Fasilitas di Taman Mini Indonesia Indah sangat lengkap. Fasilitas tersebut dikelompokkan mulai dari persewaan gedung, angkutan umum, restoran dan hotel hingga toko kerajinan.

TMII telah menyewa beberapa gedung dengan budget terjangkau untuk berbagai aktivitas. Misalnya pernikahan, mengumpulkan, pentas seni, promosi dan acara lainnya. Ada juga fasilitas toilet.

Selain itu, Taman Mini Indonesia Indah seluas 150 hektar juga menawarkan berbagai jenis transportasi. Misalnya saja wahana mobil travelling, sepeda listrik dan sepeda wisata yang tentunya menyenangkan. Pengunjung bisa sampai ke TMII lebih awal, menghindari antrean dan menghemat waktu.

Transportasi umum ke Taman Mini Indonesia Indah

Ada banyak cara untuk menuju Taman Mini Indonesia Indah. Beberapa alternatif angkutan umum yang bisa digunakan adalah bus TransJakarta dan Busway. Pengunjung dari kawasan Ragunan hanya perlu naik Angkot CHP S15A menuju Ragunan – Taman Mini/Pinang Ranti. Sedangkan bagi yang berasal dari Cililitan bisa naik angkot KWK T 01 menuju Setu.

Selain itu, bagi yang senang berkendara Trans Jakarta dapat memilih Rute Pluit menuju Pinang Ranti. Anda kemudian dapat melanjutkan menggunakan angkot KWK S15A untuk Taman Mini. Harap diperhatikan bahwa halte bus terdekat dari TMII adalah Taman Mini Garuda. Sehingga pengunjung dari daerah lain dapat menanyakan kepada petugas rute menuju halte Taman Mini Garuda.

Alamat & Kontak Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah terletak di Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta. Lebih tepatnya, wahana terkenal dan populer ini terletak tak jauh dari Jalan Raya Taman Mini. Nomor telepon yang dapat dihubungi untuk informasi lengkap (021) 87792078.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button