Tak Berkategori

Tiket & Tempat Pesona Gunung Padang Januari 2024

Lokasi Gunung Padang

  • Biaya masuk: Rp10.000
  • Jam buka: 08.00 – 16.30 WIB
  • Nomor telepon: 0213805678
  • Alamat lokasi : Jl. Alternatif Cibubur, Karyamukti, Cempaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, 43215

“Tempat wisata megalitikum yang keren”ini pendapat seorang pengunjung situs web Gunung Padang Cianjur. Peninggalan sejarah diyakini berbentuk piramida. Dikatakan lebih tua dari Candi Borobudur dan Piramida Giza di Mesir.

Situs megalitik ini diperkirakan sudah ada sejak 5.200 SM. SM ada. Sering disebut sebagai misteri terbesar Indonesia abad ini. Bukan tanpa alasan, sebab di sini masih banyak hal yang menjadi misteri.

Biaya masuk ke situs Gunung Padang

Kawasan wisata megalitikum ini tidak mematok harga yang mahal bagi wisatawan. Hanya dengan Rp 10.000, pengunjung sudah bisa berjalan-jalan dan menikmati lingkungan sekitar.

Baca: Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara Cianjur dan 10 Taman Berbeda

Jam operasional lokasi Gunung Padang

Wisatawan bisa datang ke kawasan wisata ini setiap hari. Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 04.30.

Objek wisata situs Gunung Padang

Situs Gunung Padang resmi mendapat sertifikat cagar budaya pada tahun 2018. Dengan adanya sertifikat tersebut, namanya diubah menjadi Gunung Padang Cagar Budaya Nasional Gunung Padang.

Terlepas dari berbagai misteri dan kontroversi yang beredar, kawasan Gunung Padang layak untuk dikunjungi. Selain sebagai destinasi wisata alam, juga terdapat peninggalan megalitik peninggalan zaman dahulu. Berikut beberapa daya tarik dari objek wisata ini.

1. Situs Megalitikum Dunia

Batuan megalitik di situs Gunung PadangBatuan megalitik di situs Gunung PadangBagian batuan tersebut diyakini berasal dari masa Megalitikum. Foto: Google Maps/Okky Febrian

Megalitikum merupakan zaman kuno yang ditandai dengan peradaban batu besar. Bagian batuan purba ini masih dapat dilihat di sekitar lokasi. Tak salah jika kawasan ini disebut sebagai situs megalitikum terbesar di dunia.

Selain karena konstruksi bangunannya, hal ini juga disebabkan oleh ukuran dan umur situs tersebut. Situs ini memiliki ketinggian hingga 220 meter dan menempati lahan yang cukup luas yaitu 29,1 hektar.

2. Pemandangan indah dari perbukitan

Pemandangan perbukitan dari situs megalitik Gunung PadangPemandangan perbukitan dari situs megalitik Gunung PadangObjek wisata ini tidak hanya menyuguhkan situs megalitikum, namun juga pemandangan yang tak kalah indahnya. Foto: Google Maps/chchusnul chikam

Untuk menuju Gunung Padang, pengunjung harus menaiki ratusan anak tangga. Kelelahan pasti akan muncul, namun akan segera tergantikan. Pengunjung akan terkesima dengan eksotisme peninggalan sejarah masa lalu.

Yang tak kalah menariknya: banyak pemandangan menakjubkan dari sini. Dimulai dari pepohonan hijau yang terhampar di bawah bukit. Dari kejauhan terlihat pemandangan yang lebih eksotis lagi yaitu Gunung Gede Pangrango.

Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Selain pemandangan pepohonan dan pegunungan, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam. Melihat matahari terbenam dari atas bukit akan memberikan ketenangan.

Baca: Tiket dan Wahana KOTA BUNGA KECIL VENICE Cianjur

3. Bukan sekedar bukit

Tak hanya letaknya di atas bukit, tempat ini juga menyembunyikan hal lain. Menurut penjaga disana, tempat itu sebelumnya tidak bernama Gunung Padang. Nama situs ini sebelumnya adalah Nagara Siang Padang.

Menurut pengurusnya, nama Nagara Siang Padang mempunyai filosofi tersendiri. Namun menurut pengelola Gunung Padang, tempat ini merupakan tempat ilmu yang berbeda. Mulai dari sejarah, arkeologi, antropologi, sosiologi dan geologi.

Terdapat air mancur di dekat pintu masuk situs. Air mancur tersebut diberi nama Air Mancur Kahuripan. Nama ini mengacu pada air sumur yang tetap tersedia meski di musim kemarau.

4. Misteri Situs Gunung Padang

Misteri Situs Gunung PadangMisteri Situs Gunung PadangSitus Gunung Padang masih menyimpan misteri, seperti dugaan adanya piramida yang terkubur di gunung tersebut. Foto: Google Maps/Styman Taroreh

Situs di perbukitan ini tingginya mencapai 220 meter. Namun belum semuanya tergali, baru sekitar seratus meter yang tergali. Teknologi yang digunakan untuk membuat situs setinggi itu di perbukitan belum diketahui.

Terdapat 5 tingkatan atau tahapan pada situs bersejarah ini. Banyaknya jumlah undangan membuat situs ini dikenal dengan sebutan “Punden Berundak”. Di Lantai 5 ada tempat bernama Sunan Ibu Sunan Rama.

Teka-teki selanjutnya ada di level 2 area situs. Rahasia level 2 terletak pada bentuk batu mahkota dunia. Keberadaan batu ini membuat masyarakat percaya bahwa ada harta karun yang terpendam di Gunung Padang.

Baca: Tiket Masuk CIBODAS ROYAL GARDEN dan 6 Kegiatan

5. Diduga ada piramida

Transformasi Gunung Padang menjadi situs warisan menyebabkan banyak penelitian dilakukan di situs tersebut. Penelitian ini membuahkan hasil yang cukup mengejutkan. Bentuknya yang segitiga sama sisi diyakini terkubur oleh piramida di bawahnya.

Fasilitas di lokasi Gunung Padang

Banyak komentar positif tentang pelayanan di sini. Hal ini tidak lepas dari fasilitas yang memadai bagi pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain: masjid, toilet, dan warung makan.

Lokasi dan Kontak Lokasi Gunung Padang

Objek wisata ini terletak di Kabupaten Cianjur Jawa Barat tepatnya di Jl. Alternatif Cibubur, Karyamukti, Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43215. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi (021) 3805678.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button