Tempat Wisata

Tiket & Tempat Wisata Gunung Tangkuban Perahu Februari 2023

Harga tiket masuk Wisata Gunung Tangkuban Perahu : Rp 20.000 – Rp 300.000. Jam buka: 07.30 – 17.00 WIB. Nomor Telepon : 082120052011. Alamat / Lokasi : Jl. Raya Tangkuban Parahu, jangkrik, Sagalaherang, Subang, Jawa Barat, Indonesia, 40391.

Bandung memiliki kesempatan tak terbatas untuk menghabiskan waktu berlibur. Pusat perbelanjaan, wisata kuliner, hingga keindahan alamnya layak untuk dinikmati. Tempat ikonik yang tidak boleh dilewatkan adalah Gunung Tangkuban Parahu di Kabupaten Bandung Barat.

Sebagai salah satu gunung berapi aktif di Indonesia, Gunung Tangkuban Parahu memiliki beberapa kawah yang terbuka untuk dikunjungi. Taman wisata alam ini menawarkan kepada wisatawan pengalaman menikmati keindahan kawah belerang aktif dari dekat, bahkan secara langsung. Keunikan bentang alamnya membuat tempat ini tidak pernah luput dari perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara.

Baca: 20 Pilihan Tempat Wisata di Lembang

Tiket masuk Gunung Tangkuban Parahu

Wisatawan yang ingin berwisata ke sini dikenakan biaya masuk yang berbeda-beda tergantung rombongannya, yaitu wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara. Tiket masuk ini belum termasuk biaya guide Kawah Domas. Ada juga harga yang berbeda bagi yang ingin melakukan sesi foto.

Tiket masuk Gunung Tangkuban Perahu
baik Hari biasa liburan
Tiket masuk untuk wisatawan lokal Rp 20.000 Rp30.000
Tiket Masuk Turis Internasional Rp 200.000 Rp300.000
Tiket masuk rombongan mahasiswa lokal Rp 18.000 Rp 20.000
Tiket Masuk Roda 2 (Sepeda Motor) Rp 12.000 Rp 14.500
Tiket Masuk Roda 4 (Mobil) Rp 25.000 Rp30.000
Tiket sepeda 6 (bus) Rp 110.000 Rp 125.000
Angkutan Jayagiri-Kawah Ratu (PP) Rp7.000
PARKIR MOTOR Rp 2.000
area parkir Rp5.000
parkir bis Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk ORCHID FOREST Cikole & 6 Aktivitas

  • *Anak-anak di atas usia 5 tahun memerlukan tiket.
  • TWA Gunung Tangkuban Perahu menerima wisatawan dari segala daerah dan segala usia.
  • Tidak lagi wajib menunjukkan kartu vaksinasi.
  • Rombongan mahasiswa wajib membawa surat dari sekolah atau kampus dengan kop surat sekolah yang ditandatangani Kepala Sekolah atau Rektor.

jam buka

Obyek wisata ini bisa dikunjungi setiap hari dari pagi hingga sore hari. Pengunjung bisa datang di pagi hari untuk menikmati sejuknya udara di sekitar kawah. Pada siang hari matahari cukup terik, sedangkan pada sore hari kawasan kawah diselimuti kabut.

jam operasi
Setiap hari 07.30 – 17.00 WIB

Pesona Gunung Tangkuban Parahu

TWA Gunung Tangkuban ParahuGunung Tangkuban Parahu merupakan kawasan wisata alam vulkanik yang berada di ketinggian 2.084 meter – Foto: Google Maps/Jefry Parapat

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Great Asia Africa Lembang

Gunung Tangkuban Parahu merupakan salah satu gunung berapi aktif Indonesia yang berada di Kabupaten Bandung Barat. Gunung ini memiliki ciri khas bentuk puncak datar dari kejauhan. Bentuk ini sebenarnya mengingatkan Anda pada penampakan perahu yang terbalik sekilas.

Gunung yang menjadi pusat cerita legenda Sangkuriang ini menawarkan lebih dari sekedar kemegahan gunung api. Kawahnya yang berbahaya dan indah, flora dan fauna endemik yang kaya, dan panorama alam yang menakjubkan melengkapinya sebagai tujuan wisata juga. Selain berwisata kuliner yang khas, mengunjungi Gunung Tangkuban Parahu akan selalu menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Kawah Ratu

Kawah Ratu, kawah terbesar di Gunung Tangkuban ParahuKawah Ratu merupakan kawah terbesar dan salah satu kawah yang bisa dikunjungi wisatawan Gunung Tangkuban Parahu – Foto: Google Maps/nany fatma ramadhani

Baca: Tiket dan Aktivitas GRAFIKA CIKOLE LEMBANG

Gunung Tangkuban Parahu disebut-sebut memiliki 13 kawah aktif. Namun, hanya dua di antaranya yang cukup aman untuk dikunjungi. Kedua kawah tersebut adalah Kawah Ratu dan Kawah Domas.

Kawah Ratu merupakan kawah terbesar dan paling ikonik dari Gunung Tangkuban Parahu. Bentuknya menyerupai mangkok raksasa berisi campuran lava, belerang, dan belerang. Di kedalaman sekitar 500 meter, permukaannya terus menerus mengeluarkan asap belerang yang menimbulkan kesan misterius di sekitar kawah.

Area aman di sekitar Kawah RatuAneka tumbuhan khas pegunungan menghiasi kawasan sekitar Kawah Ratu – Foto: Google Maps/Muhamad Nova

Baca: Tiket Masuk Farm House Lembang & 5 Wahana Spesial

Ada jalan setapak di bibir kawah yang dilindungi pagar kokoh. Daerah ini dihiasi dengan berbagai jenis vegetasi pegunungan. Wisatawan bisa menikmati Kawah Ratu di kawasan ini atau berfoto dari jarak aman.

Saat berkunjung ke sini, wisatawan tidak boleh tinggal terlalu lama karena terlalu banyak menghirup uap belerang. Selain itu, kawasan ini juga berada di ketinggian dengan suhu antara 2 – 17 derajat Celcius. Jadi jangan lupakan pakaian hangat!

Kawah Domas

Turis mencoba lulur lumpur belerangKawah Domas hadirkan kolam air panas belerang dan menyehatkan – Foto: Google Maps/Hyunguk Kim

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Mini City of Lembang

Kawah Domas merupakan kawah lain di kawasan Gunung Tangkuban Parahu yang bisa dikunjungi wisatawan. Jika Anda tertarik untuk merasakan sensasi air panas dan lumpur belerang, tempat ini wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda. Untuk menuju kawah Domas, wisatawan membutuhkan jasa pemandu melalui jalan setapak yang membelah hutan.

Jarak antara Kawah Domas dan Kawah Ratu sekitar 1,2 kilometer. Sepanjang jalan, wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai flora yang ada. Jika beruntung Anda akan melihat beberapa fauna endemik seperti monyet dan lutung.

Memasak telur di kawah DomasMerebus telur adalah salah satu pengalaman yang bisa dicoba di Kawah Domas Gunung Tangkuban Parahu – Foto: Google Maps/moezny nanank lamaska

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas D’Dieuland Bandung

Kawah Domas terdiri dari beberapa kolam dan genangan yang berisi air panas. Suhu bervariasi dari 35 derajat hingga hampir 100 derajat Celcius. Setiap kolam dan genangan memiliki fungsinya masing-masing. Di kolam dengan suhu yang tidak terlalu tinggi, wisatawan bisa memandikan kaki dan lulur dengan lumpur belerang yang menyehatkan.

Sedangkan di kolam yang airnya sangat hangat, wisatawan bisa mencoba merebus telur. Jika tidak membawa sendiri, banyak pedagang yang menjualnya di sekitar kawah. Telur ini bisa dimakan langsung atau dibawa pulang. Pengalaman unik, bukan?

Kawah Upas

Matahari terbit di kawah UpasPemandangan matahari terbit di kawasan kawah Upas – Foto: Google Maps/Offroad Adventure Tourism

Baca: Tiket Masuk RANCA UPAS Ciwidey & 5 Aktivitas Terbaik

Kawah populer lainnya adalah Kawah Upas. Namun, wisatawan hanya bisa menikmati keindahannya dari jauh. Pasalnya, kawah ini memiliki kandungan belerang yang sangat tinggi dan berpotensi mengeluarkan asap beracun.

Keindahan Kawah Upas dilengkapi dengan luasnya Tebing Upas sebagai latar belakangnya. Pemandangan ini sangat bagus di kalangan pecinta alam. Dari ketinggian, panorama Kawah Upas saat matahari terbit menciptakan lukisan alam yang menakjubkan.

Masakan hangat

Deretan warung dan warung di TWA Gunung Tangkuban ParahuTWA Gunung Tangkuban Parahu memiliki berbagai kios yang menjual aneka makanan, minuman, dan oleh-oleh khas Jawa Barat – Foto: Google Maps/Dony Haryadi

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Lembang Valley of the Gods Park

Bepergian dalam suhu dingin paling baik dibarengi dengan suguhan hangat. Kawasan wisata Gunung Tangkuban Parahu memiliki banyak pilihan kuliner panas yang bisa Anda coba. Deretan warung dan bale warung siap menghibur wisatawan.

Beberapa makanan yang bisa dinikmati disini adalah jagung rebus dan jagung bakar, ketan bakar dan oncom raos. Singkirkan hawa dingin dengan minuman hangat seperti susu dan bandrek. Rasanya semakin nikmat karena disantap sambil ditemani panorama kawah yang mempesona.

Fasilitas Gunung Tangkuban Parahu

Fasilitas yang ada di Taman Wisata Gunung Tangkuban Parahu sangat lengkap dan memadai. Terdapat tempat parkir yang luas dan cukup untuk memuat kendaraan jenis besar seperti bus. Pengunjung dapat dengan mudah menemukan toilet, masjid, serta kios suvenir dan makanan di kawasan ini.

Lokasi Gunung Tangkuban Parahu

Taman Wisata Gunung Tangkuban Perahu terletak di Jl. Raya Tangkuban Parahu, Cicadas, Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 40391. Gerbang ini mudah dijangkau karena tidak jauh dari jalan raya.

Bagi pengunjung yang ingin menuju Kawah Domas, disarankan untuk melewati pintu gerbang sebelum menuju ke Kawah Ratu. Dari sini pengunjung hanya perlu mendaki 15-20 menit untuk sampai ke kawah.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button