Tempat Wisata

Tiket & Wahana COBAN RAIS Februari 2023

Biaya masuk ke Coban Rais: Rp 12.500. Jam buka: 07.00 – 15.00. Nomor telepon : -. Alamat/Lokasi : Jalan Lkr.Bar.No.8, Oro-Oro Ombo, Batu, Batu, Jawa Timur, Indonesia, 65316.

Coba Rais identik dengan air terjun yang terjun dari sela-sela tebing bebatuan setinggi 70 meter. Air terjun ini berada di lereng Gunung Panderman dengan ketinggian kurang lebih 1.150 mdpl. Terletak di Desa Oro-oro Ombo, Kota Batu, sekitar 25 km dari Kota Malang.

Air terjun ini menawarkan panorama pegunungan dan udara sejuk alami. Dulunya tempat ini bernama Coban Sabrangan yang artinya Anda harus menyeberangi 14 sungai untuk sampai ke air terjun ini. Wisata ini telah berkembang dan dilengkapi dengan berbagai wahana seru dan menarik.

Biaya masuk ke Coban Rais

Pengunjung dikenakan biaya masuk untuk memasuki kawasan wisata air terjun. Harga tiketnya relatif murah, namun terjangkau.

Biaya masuk ke Coban Rais
tiket masuk Rp 12.500

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Coban Putri Batu

Jam buka Coban Rai

Kawasan wisata air terjun ini dibuka untuk umum setiap hari. Mulai dari pagi hingga sore hari. Tidak ada perbedaan jam buka antara hari kerja dan akhir pekan.

Durasi
Senin minggu 07.00 – 15.00

Baca: JATIMPARK 1 Tiket Masuk & 4 Wahana Ekstrim

aktivitas dan wahana

Air Terjun Coban RaisCoban Rais bisa menjadi pilihan wisata alam bagi penyuka wisata air terjun. Foto: Google Maps/Tintonadi Nugroho

Coban Rais yang sejak awal terkenal dengan air terjunnya kini semakin berkembang. Wisatawan selalu tampak memadati kawasan ekowisata di Kota Batu.

Menawarkan tidak hanya air terjun eksotis tetapi juga tempat Instagramable. Banyaknya spot keren dan unik membuat tempat wisata ini sangat diminati oleh para wisatawan. Lebih dari 35 spot foto bisa dinikmati dengan keunikannya masing-masing.

Baca: Tiket Masuk Coban Talun & Wana Wisata

Berbagai wahana menarik juga tersedia. Seperti Sepeda Terbang, Flying Fox, Hammock Tower, Batu Flower Garden dan masih banyak lainnya. Setiap spot memiliki backdrop alam yang indah sebagai backdropnya.

Trekking santai ke air terjun

Trekking santai di kawasan Coban RaisObyek wisata Coban Rais menawarkan berbagai macam kegiatan, termasuk jalan-jalan santai di sekitar air terjun. Foto: Google Maps/Arjono PTA

Untuk menuju lokasi air terjun Coban Rais, wisatawan harus terlebih dahulu mengikuti jalur trekking. Aksesnya cukup menuntut, cocok untuk wisatawan petualang. Dari meja masuk, jaraknya sekitar 1 jam menyusuri bukit dan sungai.

Kondisi alamnya masih asri dengan udara yang benar-benar segar. Wisatawan juga melewati Taman Bunga Batu yang dipenuhi taman bunga dan berbagai spot foto. Monyet liar sering muncul bergelantungan di dahan.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Taman Selecta Malang

Semak rimbun dan keindahan lanskap pegunungan dipamerkan sepanjang perjalanan. Riuh suara burung dan serangga hutan memberikan efek relaksasi bagi wisatawan. Mendekati puncak kawasan objek wisata, suara air terjun terdengar dari jauh.

Menikmati keindahan air terjun

Keindahan Air Terjun Coban PutriDi sekitar Coban Rais, wisatawan juga bisa menikmati keindahan Coban Putri. Foto: Google Maps/Ika Widjaja

Di sebelah kiri jalan menuju air terjun terdapat sebuah bukit bernama Bukit Gumuk. Dari bukit ini wisatawan bisa menikmati pemandangan indah kota Malang dan sekitarnya. Bukit Gumuk berjarak sekitar 600 meter dari pintu masuk.

Setibanya di tempat tujuan, wisatawan akan disambut oleh air terjun setinggi 20 meter. Air terjun ini berada di ketinggian kurang lebih 1.025 mdpl di lereng Gunung Panderman. Panorama alamnya yang indah membuat banyak wisatawan mengantre untuk berswafoto.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Coban Rondo Malang

Pesona air terjun Coban Rais

Panorama Air Terjun Coban Rais MalangCoban Rais merupakan wisata alam dengan air terjun setinggi 20 meter.
Foto: Instagram/novtianafisah

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Hotel ini terletak di kawasan perbukitan di ketinggian kurang lebih 1025 m dpl di lereng Gunung Panderman. Aliran airnya mengalir melewati perbukitan hijau yang sejuk.

Awalnya “Coban” ini bernama Coban Sabrangan karena harus menyeberangi 14 sungai untuk sampai ke sini. Udara di sekitar air terjun ini segar dan dingin.

bermain air

Karena lokasinya yang berada di dataran tinggi, air terjun Coban Rais memiliki suhu yang lebih sejuk. Wisatawan bisa berenang dan bermain air di kolam alami yang terbentuk dari air terjun.

Air terjun dengan pancuran air besar ini sangat jernih namun airnya sangat dingin. Bagi wisatawan yang tidak tahan dengan hawa dingin, cukup menikmati panorama sekitar dari pinggir kolam.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Coban Rondo Labyrinth

Tempat wisata ini diperuntukkan bagi generasi milenial yang belakangan ini hobi berbagi pengalaman berwisata melalui foto yang diunggah melalui media sosial. Tak heran jika kawasan wisata ini langsung digandrungi wisatawan.

Kebun Bunga Batu dan Bukit Bulu Coban Rais Malang

Kebun Bunga Batu Coban RaisKebun Bunga Batu Coban Rais. Foto: instagram/batuflowergarden

Selain wisata air terjun, disini juga ada Bukit Bulu dan Batu Flower Garden. Lokasinya masih dalam kawasan ekowisata ini dengan jarak tempuh sekitar 30 menit berjalan kaki dari tempat parkir mobil.

Seperti namanya, Taman Bunga Batu merupakan sebuah taman yang penuh dengan bunga-bunga indah berwarna-warni. Hal inilah yang menarik wisatawan untuk berfoto di taman ini.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Batu Flower Garden

Ada banyak peluang foto kontemporer di sini. Seperti Bukit Bunga, Pinus, Swing, Love dan I Love U. Ada juga Sepeda Gantung, Hammock dan masih banyak tempat menarik lainnya.

Spot foto aku mencintaimu

Sejak awal tahun 2017, kawasan wisata ini mulai berdandan dengan menciptakan beberapa tempat wisata yang ramah kamera. Kawasan ini menawarkan sejumlah tempat wisata yang sedikit romantis.

Salah satunya adalah spot foto “I Love U” yang menjadi ikon wisata Coban Rais. Situs ini berada di atas lembah di sebelah Taman Bukit Bulu. Selain romantis, wisatawan juga bisa menikmati sensasi menikmati udara sejuk khas Pegunungan Bukit Bulu.

Tempat ini menjadi spot selfie yang populer bagi wisatawan yang datang ke sini. Banyak wisatawan yang rela antre di titik ini untuk mengambil foto-foto unik.

salju yg turun

Naik di hutan saljuRaining Snow menyediakan zona khusus dengan ornamen pendukung untuk mendapatkan foto berkualitas di Coba Rais Malang.
Foto: Instagram/emiy_maiy02

Coban Rais memiliki zona khusus yaitu area “salju” berwarna putih. Meski terletak di kawasan hutan tropis, khusus untuk “hujan es” wisatawan serasa berada di luar negeri. Di spot foto ini juga terdapat rumah orang Eskimo dengan halaman yang dipenuhi tumpukan salju.

Pihak pengelola telah menyiapkan pakaian, sarung tangan tebal, dan topi pelindung bagi wisatawan. Dengan hadirnya ornamen, foto yang diambil pada titik ini menghasilkan gambar berkualitas tinggi.

wahana sepeda udara

Wahana sepeda udara atau sky bikeWisatawan dapat mencoba bersepeda di dataran tinggi dengan menaiki Hanging Bike.
Foto: Instagram/my_name_is_rew_part_2

Mengayuh sepeda di tengah angin sambil menikmati pemandangan perbukitan menghadirkan tantangan tersendiri. Wahana sepeda udara merupakan salah satu spot aktivitas wisata yang memacu adrenalin di tempat wisata ini.

Sepeda udara ini juga dapat digunakan berdampingan. Ini mendukung memotret wisatawan berpasangan.

taman tempat tidur gantung

tempat tidur gantung kamp disebut tempat tidur gantung taman penerbangan Tempat tidur gantung dengan taman bunga sebagai latar belakang. Di sini para wisatawan dipandu oleh kru BFG Hammock dengan peralatan berstandar internasional.

Ada berbagai pilihan wahana hammock bagi wisatawan. Seperti Hammock Tower, Hammock Garden, Flying Hammock, Spider Hammock dan Triangle Hammock Tower.

Wahana di taman tempat tidur gantungHammock Park Rides menawarkan berbagai pilihan bagi wisatawan.
Foto: Instagram/batuflowergarden.cobanrais

berkemah

Coban Rais merupakan destinasi wisata alam yang juga dilengkapi dengan bumi perkemahan. Karena panorama alamnya yang menantang, kawasan ini juga kerap menjadi pilihan tempat berkemah. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang penyuka petualangan outdoor.

Ada juga jalur pendakian ke puncak Panderman di kawasan ini yang cocok untuk pemula. Kawasan ini diselimuti udara dingin dengan suasana segar alami.

Perabot

Di tempat wisata Coba Rais sudah terdapat beberapa fasilitas umum untuk wisatawan. Ini termasuk toilet, tempat parkir dan kios yang menjual makanan dan minuman.

Banyak oleh-oleh dan makanan khas Jawa Timur yang dijual di sekitar pintu masuk. Banyak masakan yang direkomendasikan, seperti rawon, bakso malang dan tahu campur.

Tempat Wisata Coban Rais

Kawasan wisata ini terletak di kaki Gunung Panderman, masih satu tempat dengan kantor penyiaran BatuTV dan TVRI. Tepatnya di Jalan Lingkar Barat No. 8, Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur 65316.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button