Tak Berkategori

Tiket, Wahana dan Aktivitas BUKIT INDAH Simarjarunjung Januari 2024

Bukit Simarjarunjung Indah

  • Biaya masuk: 15.000 hingga 40.000 rupee
  • Jam buka: 07.00 – 19.00
  • Nomor telepon: 082366041103
  • Alamat lokasi : Jl. Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Dolok Pardamean, Simalungun, Sumatera Utara, Indonesia, 21163

Jika Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki Kalibiru sebagai tempat wisata alam, maka masyarakat Sumut mempunyai tempat wisata alam yang tak kalah indahnya dengan Kalibiru. Tempat wisata tersebut adalah Bukit Simarjarunjung Indah.

Bukit Indah Simarjarunjung atau BIS menyerupai Kalibiru dalam kesejukan dan keindahan alamnya. Yang membedakan kedua tempat wisata ini hanyalah pemandangan alam yang ditawarkannya. Jika Kalibiru menawarkan pemandangan alam hutan hijau dari perbukitan, BIS menampilkan keindahan Danau Toba dari atas.

Biaya masuk Bukit Indah Simarjarunjung

Pengunjung hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 15.000 hingga 40.000 untuk menikmati berbagai keindahan alam yang ada di BIS ini.

Jenis tiket Harga
Tiket masuk sepeda motor Rp.15.000
Tiket masuk mobil Rp40.000
Perjalanan berbayar 5.000 hingga 40.000 Rp

Biaya masuk Bukit Indah Simarjarunjung

Baca: Tiket Masuk dan Objek Wisata BAH DAMANIK Simalungun

Jam operasional Bukit Indah Simarjarunjung

Objek wisata alam ini bisa dikunjungi wisatawan setiap hari mulai pagi hingga sore hari. Waktu yang paling populer adalah saat matahari terbit atau terbenamnya senja. Disarankan untuk menghindari berkunjung pada akhir pekan karena banyak pengunjung di sana.

aktivitas jam buka
kendaraan 07.00 – 19.00
Akomodasi 24 jam

Jam buka Bukit Indah Simarjarunjung

Objek wisata bukit simarjarunjung yang indah

Pengunjung mengambil foto di salah satu tempat yang disediakan pengelola BISPengunjung mengambil foto di salah satu tempat yang disediakan pengelola BISBerfoto dengan latar belakang Danau Toba menjadi salah satu aktivitas yang wajib dilakukan saat berkunjung ke sini – Foto: googlemaps/ Jhoni Edianto Girsang

Objek wisata alam perbukitan ini merupakan bagian dari Pegunungan Bukit Barisan. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk melihat berbagai keindahan alam dari atas. Tak salah jika pemerintah daerah setempat pernah menjuluki Bukit Indah Simarjarunjung Bali Baru.

Baca: Destinasi Wisata Terbaik di Simalungun

Keindahan Danau Toba dari berbagai sudut

Keindahan Danau Toba dari puncak Bukit Indah SimarjarunjungKeindahan Danau Toba dari puncak Bukit Indah SimarjarunjungKeindahan Danau Toba dari atas bukit – Foto: googlemaps/perusahaan Hutagalung

Berada di ketinggian hampir 1.160 meter di atas permukaan laut, pengunjung bisa menyaksikan keindahan Danau Toba dari berbagai sisi. Terdapat padang rumput hijau dengan pohon pinus setinggi 5 hingga 7 meter menghiasi bukit ini. Dari ketinggian ini pengunjung juga bisa melihat menara stasiun televisi pemerintah, Pulau Tao, Pulau Samosir bahkan sekilas Parapat.

Kurang memuaskan bila kunjungan Anda ke BIS tidak dicatat dalam bentuk dokumentasi. Tak jarang wisatawan datang untuk mengambil foto sebanyak-banyaknya dengan latar belakang Danau Toba. Sungguh sayang sekali jika kita melewatkan keindahan yang ditawarkan. Tak hanya sekedar menikmati keindahan Danau Toba secara rutin, terkadang sebagian pengunjung juga memilih melihat Danau Toba sambil menyaksikan matahari terbenam atau matahari terbit.

Baca: DANAU TOBA 8 Atraksi dan Wahana Seru

Wahana spot foto unik

Sepeda gantung, salah satu spot foto unik di siniSepeda gantung, salah satu spot foto unik di siniSepeda gantung menjadi salah satu spot foto – Foto: googlemaps/ Romaulina Purba

Bukit Indah Simarjarunjung tidak hanya menyuguhkan keindahan alam saja, namun juga beberapa spot foto menarik yang patut untuk dicoba. Spot fotonya antara lain rumah pohon, sepeda gantung, kursi dan meja apung, pohon cinta, dan gardu pandang. Salah satu spot pemandangan yang paling populer adalah gardu pandang berbentuk balon udara.

Pengunjung tidak perlu khawatir akan memakan waktu lama untuk mengambil foto. Karena titik fotonya lebih dari satu, misalnya rumah pohon yang ada 5. Setiap dua bulan sekali

Untuk mengambil foto di lokasi yang disediakan, pengunjung harus mengeluarkan biaya yang relatif murah. Selain itu, pengunjung dapat menyewa fotografer untuk membantu mengabadikan momen bahagia di tempat tersebut. Persiapkan saja dirimu Kartu memorikamera atau handphone itu sendiri.Tersedia juga paket foto berupa paket 30 foto termasuk fotografer.

Baca: GRATIS Tiket Masuk Pantai Parapat dan Berbagai Fasilitasnya

Mainkan ayunan gantung

Pengunjung menjajal ayunan gantung di Bukit Indah SimarjarunjungPengunjung menjajal ayunan gantung di Bukit Indah SimarjarunjungBerayun dari atas bukit sambil mengagumi keindahan Danau Toba dan alam sekitarnya – Foto: googlemaps/ Sang Rahman Chanel

Atlet ekstrim harus mencoba wahana ini. Naik ayunan gantung di atas danau. Ayunan ini digantung langsung di atas Danau Toba, sehingga pengunjung bisa langsung melihat keindahan Danau Toba dan sekitarnya sambil berayun. Untuk menjajal ayunan ini, pengunjung harus membayar sejumlah biaya. Selain ayunan gantung ini, wisatawan juga bisa menjajal permainan rubah terbang 100 meter jauhnya.

Perabot

Sebagai tempat wisata alam, fasilitas di Bukit Indah Simarjarunjung cukup lengkap. Diantaranya adalah kantin atau tempat makan, toko oleh-oleh, penginapan, pondok peristirahatan dengan pemandangan Pulau Samosir, bumi perkemahan, tempat parkir, toilet dan berbagai spot foto.

Tak jauh dari lokasi terdapat akomodasi dengan berbagai fasilitas bagi pengunjung yang ingin berlama-lama di objek wisata ini. Harga akomodasi ini mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 400.000 per malam. Ada juga beberapa yang berjarak sekitar 10 meter dari BIS kedai kopi untuk bersantai dengan pemandangan Danau Toba.

Rute dan Lokasi Bukit Indah Simarjarunjung

Objek wisata alam perbukitan ini terletak di Jl. Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara 21163.

Jika pengunjung datang dari kota Medan bisa melalui jalur Berastagi kemudian melanjutkan perjalanan ke Parapat atau Samosir. Setelah itu perjalanan menuju Simalungun dan berakhir di Simarjarunjung. Perjalanan dapat dilakukan dengan kendaraan pribadi atau bus sewaan, waktu tempuh 3 jam 30 menit.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button