Tempat Wisata

Tiket & Wahana PUNTI KAYU Palembang Desember 2022

Tiket Masuk Taman Wisata Alam Punti Kayu : Rp 20.000 – Rp 30.000 Jam : 09:00 – 17:00 No. Telepon: 0711410666 Alamat: Jalan Kol. Burlian Km.6.5, Karya Baru, Alang-Alang Lebar, Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia, 30961

Taman Wisata Alam Punti Kayu Palembang merupakan hutan wisata dan rekreasi keluarga. Kawasan hutan penghasil oksigen segar ini terletak di tengah kota Palembang. Di sini wisatawan bisa menikmati panorama alam yang indah.

Taman Wisata Alam (TWA) ini merupakan hutan kota terbesar di dunia setelah hutan kota Islandia. Dengan luas sekitar 50 hektar, taman ini menjadi tempat liburan populer bagi warga Palembang. Tempat wisata ini selalu ramai terutama pada akhir pekan dan hari libur nasional.

Harga tiket masuk Punti Kayu

Wisatawan yang berlibur di taman ini perlu membeli tiket masuk. Namun tentu saja harganya bervariasi tergantung usia dan jangka waktu kunjungan.

Tiket masuk Kayu Punti
jenis tiket hari dalam seminggu akhir pekan
Tiket masuk untuk anak-anak Rp 20.000 Rp 25.000
Tiket dewasa Rp 25.000 Rp30.000
perahu naga, sepeda air Rp 10.000
Taman air Rp5.000
tiket kendaraan
sepeda motor Rp5.000 Rp5.000
mobil Rp 10.000 Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk dan Wahana AMANZI Waterpark Palembang

Biaya masuk sudah termasuk wahana: Replika Keajaiban Dunia, Desa India, Taman Bermain dan Danau Rekreasi.

Syarat dan ketentuan mengunjungi Punti Kayu:

  1. Selalu gunakan masker
    2. Pemeriksaan suhu tubuh di bawah 37,5 °C
    3. Cuci tangan setiap kali masuk kendaraan
    4. Bawa hand sanitizer atau cairan pembersih pribadi
    5. Membawa perlengkapan ibadah pribadi
    6. Jaga jarak antar pengunjung

Jam buka Punti Kayu Palembang

Karena merupakan kawasan Ruang Terbuka Hijau kota, tempat wisata ini buka setiap hari. Berbagai wahana kini bisa dimainkan dari pagi hingga sore hari.

Durasi
Senin minggu 09.00 – 17.00

Beragam aktivitas di Taman Wisata Alam Punti Kayu

Taman Wisata Alam Punti Kayu PalembangTaman Wisata Alam Punti Kayu Palembang. Google Maps/Michael Kesuma

Kawasan wisata hutan kota ini memiliki empat kawasan. Yakni bumi perkemahan, hutan lindung, danau dan rawa, serta tempat rekreasi. Tempat rekreasi tersebut merupakan kawasan ramah anak, cocok untuk wisatawan, terutama bersama keluarga.

Ruang Terbuka Hijau (RTH) ini menampilkan keindahan alam dan suasana yang tenang. Hutan Punti Kayu di Palembang melengkapi kawasannya dengan berbagai replika keajaiban dunia, satwa liar, berbagai wahana dan pohon air. Lokasinya yang mudah dijangkau dengan transportasi umum seperti LRT, membuatnya selalu ramai pengunjung.

Baca: Tiket dan Wahana Palembang Bird Park

Jembatan gantung dan replika keajaiban dunia

Jembatan gantung ini menjadi spot foto dan prewedding yang populer di Taman Wisata Alam Punti Kayu PalembangJembatan gantung adalah kesempatan berfoto dan tempat populer untuk prewedding. Foto: Instagram/mutiaratasqiroh

Taman wisata alam ini telah menambah tempat-tempat menarik di kawasan tersebut. Seperti jembatan gantung dan beberapa keajaiban kecil dunia yang dibangun di sini.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana OPI Water Fun Palembang

Ada replika Patung Liberty, Gedung Opera Sydney, Piramida, Kincir Angin Belanda, dan Menara Eiffel. Ada juga miniatur Big Ben London, Red Telephone Box, Candi Borobudur dan Pantai Punka. Tempat-tempat unik ini populer di kalangan wisatawan untuk berswafoto dan berfoto bersama keluarga.

Bermain seluncuran air di Waterboom

Waterboom melengkapi keseruan di Taman Wisata Alam Punti Kayu PalembangWahana taman air dan kolam renang juga siap menghibur pengunjung yang datang ke sini. Foto: Instagram/puntikayu

Taman Wisata Alam Punti Kayu Palembang juga menawarkan wahana air yang menyegarkan. Waterboom yang cocok untuk wisatawan dengan keluarga, terutama dengan anak-anak.

Waterboom ini dilengkapi dengan seluncuran air yang berputar. Di seluncuran air ini, wisatawan diajak untuk menikmati sensasi berputar di seluncuran. Kemudian mendarat di permukaan kolam sedalam 1,5 meter.

Hamparan pohon pinus

Hutan pinus di Taman Wisata Punti KayuTaman wisata alam ini memiliki habitat vegetasi pohon pinus sehingga membuat suasana rindang, sejuk dan asri alami. Foto: Instagram/saemy1123

Taman wisata alam ini terkenal dengan suasana alamnya yang hijau. Getaran ini berasal dari hamparan pohon pinus yang begitu sejuk dan asri. Wisatawan dapat menikmati semilir angin sepoi-sepoi di antara rimbunnya pepohonan pinus.

Cagar alam ini memang pilihan yang tepat untuk merasakan udara segar. Ratusan pohon, terutama pinus dengan daun hijau membuatnya tak tersentuh polusi udara.

Di dalam hutan, wisatawan bisa duduk santai atau mengeksplorasi keindahan pohon pinus. Banyak yang membentangkan tikar untuk piknik santai dan menikmati makan siang mereka. Wisatawan juga bisa bersantai di puncak tempat tidur gantung diikat ke pohon pinus.

Game drive di Punti Kayu Palembang

Danau dengan wahana perahu bebekTelaga dengan wahana perahu bebek di Taman Wisata Alam Punti Kayu Palembang.
Foto: Instagram/puntikayu

Banyak wahana rekreasi tersedia di Hutan Wisata Punti Kayu. Sebagai taman burung, Desa Indian, ke Danau Perahu Bebek. Ada juga wahana disini rubah terbang sebaik bola cat.

Ada juga taman bermain untuk anak-anak. Anak-anak dapat menunggang gajah, mengunjungi kebun binatang mini, dan museum fauna. Cagar alam ini juga bisa dilewati dengan kendaraan pribadi.

Berbagai koleksi hewan

Monyet ekor panjang mendominasi spesies hewan tersebutMonyet ekor panjang mendominasi spesies hewan di taman ini. Foto: Instagram/alhadi_farid

Di sela-sela pepohonan, wisatawan bisa mengamati kelincahan monyet ekor panjang. Tingkah lucu hewan liar ini cukup menghibur wisatawan dengan santai. Kelima kelompok monyet ekor panjang ini mendominasi spesies di sini.

Awalnya, Taman Wisata Alam Punti Kayu memiliki banyak koleksi satwa langka. Namun, hanya hewan yang tidak dilindungi yang dipelihara dengan Undang-Undang Kesejahteraan Hewan. Seperti kelinci, kuda, iguana, kura-kura dan hewan lainnya.

Fasilitas Taman Wisata Punti Kayu Palembang

Taman Wisata Alam Punti Kayu telah menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan wisatawan. Ada banyak kursi kayu yang tersedia di area tersebut. Setiap sudut telah dikembangkan menjadi kawasan yang membuat wisatawan betah saat berlibur di sini.

Beberapa fasilitas seperti toilet, mushola dan tempat parkir mobil yang luas tersedia di taman yang dikelola oleh Dinas Kehutanan ini. Lalu ada ruang makan yang menyajikan makanan dan minuman. Di akhir pekan sering dimeriahkan dengan hiburan dari seniman lokal dan luar kota.

Lokasi hutan Punti Kayu

Taman wisata alam ini terletak di Jalan Kol. Burlian Km. 6.5, Karya Baru, Kec. Alang-Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30961. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Telp (0711) 410666

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button