Tempat Wisata

Tiket Wisata Umbulan Tanaka & Aneka Aktivitas Desember 2022

Harga Tiket Wisata Umbul Tanaka : Rp 5.000. Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB. Nomor telepon : -. Alamat: Dusun Arjomulyo, Desa Bangelan, Wonosari, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65164.

Wisata Umbulan Tanaka tempat rekreasi keluarga ala Jepang. Kawasan wisata ini memang bukan hal baru di Kabupaten Malang dan sudah dibuka sejak Oktober 2020. Meski begitu, keindahan alamnya tidak kalah dengan wisata lainnya.

Wisata ini berada di lereng selatan Gunung Kawi. Lokasinya jauh dari pusat kota Malang dan berada di desa yang agak terpencil. Sebelumnya, kawasan ini merupakan sungai biasa yang digunakan untuk mengairi persawahan. Namun, karena airnya yang terlihat jernih dan alami, juga dijadikan objek wisata.

Biaya Masuk Umbulan Tanaka Tour

Wisata Umbul Tanaka merupakan wisata hemat. Karena harga tiket masuk dengan sangat baik ke kantong para siswa. Jangan lupa juga siapkan biaya parkir bagi yang membawa kendaraan.

Biaya Masuk Umbulan Tanaka Tour
jenis tiket Harga
tiket masuk Rp5.000
PARKIR MOTOR Rp3.000
area parkir Rp5.000

Baca: Tiket, Jam & Kendaraan FLORA WISATA San Terra

Jam Buka Wisata Umbul Tanaka

Kawasan wisata ini selalu buka setiap hari dan tidak pernah libur nasional. Baik hari kerja, akhir pekan dan tanggal merah akan tetap beroperasi seperti biasa. Jam buka sekarang dari pagi hingga sore.

jam buka
Hari Jam
Setiap hari 07.00 – 17.00 WIB

Obyek wisata Umbulan Tanaka

Wisata Umbulan Tanaka menawarkan suasana liburan yang berbeda dari tempat lain. Di sini pengunjung bisa merasakan keindahan negeri sakura Jepang dari dekat. Lengkap dengan ornamen bunga sakura menghiasi setiap sudutnya. Ada juga kolam renang, tempat bersantai, kuliner dan air terjun buatan.

Keindahan alam Jepang

Cewek-cewek foto-foto di Wisata Umbul Tanaka.Suasana tempat wisata yang menawarkan liburan ala negeri sakura Jepang. Foto: Googlemap/Herman Sinyo

Sama seperti namanya menggunakan bahasa Jepang. Juga konsep wisata umbul Tanaka menghadirkan suasana ala cherry country. Hal ini dapat dikenali dengan adanya beberapa ornamen khas Jepang. Misalnya bunga sakura, jembatan lengkung dan gerbang khas kuil Shinto yang disebut torii.

Memang keindahan bunga sakura menjadi daya tarik wisata Umbul Tanaka. Bentuk bunga merah muda menggoda semua orang untuk berfoto selfie. Pengunjung dapat menemukannya di sepanjang sungai yang menempel di sisi jembatan. Meski hanya replika, namun keberadaannya mampu menggambarkan suasana Jepang seperti negara aslinya.

Sebagai pelengkap, ada pula jembatan lengkung berwarna merah. Lengkap dengan gerbang kuil torii atau shinto di kedua ujungnya. Bangunan itu memiliki 2 bambu vertikal yang menopang 2 bambu horizontal di bagian atas. Kedua bangunan tersebut terletak di atas kolam yang memiliki sekat di air terjun.

Baca: Harga Tiket JATIM PARK 1, Jam Operasional, dan 10 Wahana Seru

Kolam Renang Wisata Umbul Tanaka

Keramaian di kolam renang Wisata Umbul Tanaka.Kolam renang dengan air yang jernih dan menyegarkan. Foto: Googlemap/Khotibul Kahn

Wisata Umbul Tanaka menawarkan kolam renang dengan tingkat kedalaman yang berbeda-beda. Mulai dari yang paling dangkal hingga yang paling dalam. Tak perlu bingung membedakannya karena petugas sudah membuat divisi khusus. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk dengan mudah memilih tempat untuk berenang.

Tidak terlihat seperti kolam renang pada umumnya. Bentuk kolam menyerupai sungai alami di pedesaan. Dimana terdapat aliran air yang terlihat seperti air terjun mini. Agar semakin seru, perosotan anak juga akan ditambahkan.

Air kolamnya sendiri menggunakan mata air asli dari pegunungan. Jadi jangan heran jika warnanya bening dan terlihat sangat bening. Dan saat memasuki kawasan wisata pun, airnya masih segar dan jernih. Karena petugas tidak menambahkan zat apapun dan membuat air seolah-olah berasal dari mata air.

Baca: Tiket & Wahana ECO GREEN PARK

Bersantai di Gazebo Nuansa Alam

Wisata Umbul Tanaka adalah tempat yang paling cocok untuk bersantai. Suasananya begitu tenang dan jauh dari hiruk pikuk kota. Lokasinya juga berada di pedesaan terpencil dengan pemandangan alam yang indah. Di mana-mana terlihat deretan pohon rindang berhias langit biru.

Untuk menikmati keindahan alam, pengunjung dapat duduk santai di pendopo. Sebuah bangunan dengan hanya 1 lantai dan 4 tiang bambu yang menopang atapnya. Sebagian besar dindingnya terbuat dari anyaman bambu dengan motif ketupat. Warna bangunannya didominasi warna coklat dengan perpaduan warna hitam pada bagian atapnya.

Selain gazebo, juga terdapat kursi dan meja kayu yang terletak di tengah sungai. Bentuknya memanjang dan berwarna agak kecokelatan. Fasilitas tersebut sebenarnya milik salah satu kafe yang ada di sekitar tempat wisata tersebut. Tapi tidak apa-apa, pengunjung bisa menggunakannya sebagai tempat bersantai dan bermain air.

Baca: Tiket & Aktivitas PANTAI BALEKAMBANG

Wisata kuliner

Tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya seperti di negeri sakura. Tempat wisata ini juga terkenal dengan kulinernya. Sebagian besar makanan yang dijual merupakan menu khas Indonesia. Misalnya sempol, goreng, tempura, tahu kres, jagung bakar dan nasi tiwul.

Namun menu yang paling populer adalah Nasi Tiwul. Makanan ini merupakan pengganti nasi beras yang terbuat dari singkong. Meski sebagai pengganti, penyajian di sini tetap dicampur dengan nasi putih. Tak lupa juga ditambahkan lauk pauk berupa 1 ekor ikan dengan bumbu pedas dan sepotong ketimun.

Minuman yang paling digemari saat ini adalah kopi hitam khas Gunung Kawi. Menu lainnya termasuk kopi dengan susu, es krim, teh jahe, dan lainnya. Anda tidak perlu khawatir soal harga, karena masih cukup terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah.

Baca: Tiket & Aktivitas Kebun Teh Wonosari

Air Terjun Buatan

Tiga anak berfoto di depan air terjun oleh Wisata Umbul Tanaka.Nikmati keindahan air terjun buatan sambil bersantai di tengah sungai. Foto: Googlemap/Tri Yunianti

Menariknya, Wisata Umbul Tanaka memiliki wahana air terjun buatan. Ukurannya relatif kecil dan bentuknya memanjang. Aliran airnya sendiri agak lambat dan tidak terlalu deras. Lantainya dihias dengan batu-batu besar dan terdapat meja serta sepasang kursi.

Tenang saja, kolamnya sangat dangkal dan hanya setinggi mata kaki orang dewasa. Pengunjung bisa bersantai sambil bermain air dan menikmati suara air terjun. Selain itu, kondisi lingkungannya sangat sejuk dengan angin sepoi-sepoi. Harap berhati-hati saat masuk karena permukaan lantai dipenuhi kerikil kecil.

Sarana Wisata Umbul Tanaka

Meski biaya masuknya relatif murah, fasilitas umumnya sangat memadai. Di bawah ini terdapat toilet, tempat parkir, dan musala. Bagi yang lapar, kafe atau warung yang ada di kawasan wisata bisa dikunjungi. Sebelum pulang, luangkan waktu sejenak untuk berbelanja oleh-oleh di toko oleh-oleh.

Lokasi Wisata Umbul Tanaka

Tempat wisata ini terletak di Dusun Arjomulyo, Desa Bangelan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jarak tempuh dari pusat kota Malang sekitar 36 km.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button