Berita Wisata

Tim nasional bola tangan pantai berpartisipasi dalam Kejuaraan Asia Tenggara 2022

Jakarta (ANTARA) –

Pengurus Besar Persatuan Bola Tangan Seluruh Indonesia (PB ABTI) akan mengirimkan tim bola tangan pantai ke Kejuaraan Bola Tangan Pantai Asia Tenggara 2022 yang akan diadakan di Bangkok, Thailand mulai 15 hingga 19 November.

Presiden PB ABTI Zulfydar Zaidar Mochtar dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu mengatakan, acara tersebut merupakan bagian dari persiapan Indonesia menuju Kejuaraan Asia 2023 dan Kejuaraan Handball Pantai Dunia.

“ASEAN Handball Championship menyatukan lima negara dan bisa dijadikan ajang,” ujarnya. mencoba untuk tim bola tangan pantai Indonesia. Mudah-mudahan saat mengikuti Kejuaraan Asia dan Dunia, dia mampu mengimbangi lawan-lawannya,” kata Zulfydar saat menonton Festival Bola Tangan Jakarta di Gimnasium Pemuda Jakarta Utara, kemarin.

Zulfydar mengatakan tim handball pantai nasional Indonesia untuk acara di Thailand telah melakukan persiapan yang cukup singkat. Bahkan, sebagian besar atletnya adalah pemain bola tangan indoor yang ditempa di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: PB ABTI Berharap DKI Bangun Lapangan Bola Pasir di Ancol

Ia berharap peran dan bantuan pemerintah, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) untuk melatih para atlet yang akan berlaga di ajang internasional.

Sebab, lanjut Zulfydar, seluruh atlet yang tampil di luar negeri tidak hanya menyandang nama pribadi dan organisasi, melainkan hanya mengharumkan nama negara dan bangsa.

“Negara-negara yang akan menurunkan atletnya di ASEAN Championship akan berasal dari Singapura, Filipina, Vietnam dan tuan rumah Thailand. Harusnya diadakan di Thailand,” kata Zulfydar.

Selain itu, kata Zulfydar, dengan persiapan minim karena keterbatasan anggaran, tim handball pantai Indonesia akan berangkat ke Thailand pada 13 November 2022 di bawah asuhan pelatih Abdul Kadir.

Menurut Zulfydar, beach handball lebih padat dipertandingkan di kawasan ASEAN, Asia dan global. Untuk itu, kompetisi bola tangan juga harus dimainkan saat PON tidak di dalam ruangan.

Bahkan dalam handball pantai, Indonesia menyelenggarakan Asian Beach Games di Bali pada tahun 2008 dan kemudian pada tahun 2023 akan diselenggarakan Asian Beach Games di Jakarta dan World Beach Games di Bali.

“Dengan cara ini, program latihan harus bertahap mulai dari bawah. Bahkan harus dipertandingkan di PON, agar prestasi para atlet sejajar dengan dunia,” pungkas Zulfydar.

Baca Juga: PB ABTI Terus Gencarkan Upaya Mempopulerkan Bola Tangan di Indonesia

Wartawan : Mohammad Ramdan
Penerbit: Gilang Galiartha
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button