Berita Wisata

Tips Aman Listrik Selama Libur Natal dan Tahun Baru, Baca Disini!

Jakarta (ANTARA) – Libur Natal dan Tahun Baru 2023 sudah di depan mata. Menjelang akhir tahun, masyarakat biasanya menghabiskan waktu untuk jalan-jalan ke kampung halaman atau berlibur ke tempat-tempat wisata.

PT PLN (Persero) mengimbau masyarakat untuk memastikan listrik di rumah dalam keadaan baik saat ditinggal. Dengan begitu, masyarakat bisa nyaman dan tenang saat berwisata.

“Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan sistem kelistrikan yang aman, masyarakat dapat beristirahat di rumah maupun di tempat wisata,” ujar Executive Vice President Corporate Communications dan TJSL PLN Gregorius Adi Trianto.

Berikut beberapa tips aman keluar rumah saat berlibur:

1. Cabut peralatan elektronik yang tidak terpakai dari stopkontak listrik. Pastikan untuk mencabut peralatan listrik yang tidak digunakan agar lebih aman dari kemungkinan korsleting.

2. Nyalakan lampu jika perlu.

Penting untuk menjaga pencahayaan di beberapa bagian seperti teras, tengah dan belakang rumah agar terpantau situasi, terutama bagi yang memasang kamera pengintai (CCTV).

3. Isi Token/Bayar Tagihan Listrik

Bagi masyarakat yang ingin keluar rumah, pastikan kondisi listrik dalam keadaan baik. Untuk pelanggan prabayar, isi token listrik terlebih dahulu sebelum berangkat. Begitu juga untuk pelanggan pascabayar, bayar tagihan listrik terlebih dahulu sebelum keluar rumah. Ini untuk menghindari pemadaman listrik.

4. Tinggalkan tetangga atau lapor ke RT setempat.

Jika ada tetangga yang tidak bepergian, Anda harus meminta bantuan untuk menjaga rumah. Atau Anda dapat melaporkan ke pengelola RT setempat. Penting juga untuk memastikan keamanan rumah.

Bagi masyarakat yang menginginkan informasi lebih lanjut dapat mengunduh PLN Mobile. Dalam aplikasi ini, pelanggan PLN dapat menikmati berbagai layanan kelistrikan seperti token dan pembayaran, sambungan baru, pergantian dan migrasi listrik, dan masih banyak lagi layanan kelistrikan lainnya. *

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button