Berita Wisata

Tips berkendara dengan aman ke destinasi outdoor

Jakarta (ANTARA) – Produsen ban asal Korea Selatan, Hankook Tire, memberikan beberapa tips berkendara aman bagi para pengemudi yang hendak melakukan perjalanan ke luar kota.

yang dari suatu tempat”sembuh“Alam terbuka yang dipilih warga Jakarta adalah kawasan Puncak Bogor yang berjarak sekitar 90 km dan sekitar dua jam perjalanan darat dari ibu kota.

Medan jalan yang cukup ekstrim, berliku, berbukit terjal dan jalan sempit membutuhkan bantuan kendaraan yang terampil dan keterampilan berkendara yang handal.

Berikut empat tips yang harus diikuti sebelum memulai wisata outdoor, dikutip dari siaran pers yang diterima Senin di Jakarta.

Periksa kendaraan sebelum berangkat
Menurut Kementerian Perhubungan (Kemenhub), 9% kecelakaan dipicu oleh faktor teknis terkait kendaraan. Oleh karena itu, pengemudi disarankan untuk memeriksa mesin kendaraan, kondisi air radiator, dan tekanan ban. Tekanan ban yang ideal adalah sekitar 32 hingga 35 psi (per inci persegi).

Waktu mengisi ban mobil dengan udara sebaiknya dilakukan pada saat ban dalam keadaan dingin. Jika hal ini dilakukan pada saat ban dalam keadaan panas, maka tekanan udara akan meningkat dan terjadi pemuaian yang menyebabkan ban kempes.

Selain itu, periksa juga apakah ada benda atau kerikil yang menempel pada ban agar kendaraan tidak selip saat dikendarai.

National Sales Manager Passanger Car Radial PT Hankook Tire Sales Indonesia Apriyanto Yuwono mengingatkan ban merupakan bagian penting saat melakukan perjalanan. Ban bekerja seperti penghantar, menopang beban dan menunjang kestabilan saat melewati berbagai medan.

“Ban bocor atau kempes merupakan salah satu pemicu kecelakaan yang sering terjadi di Indonesia, jadi pastikan memilih ban yang tepat dan periksa kendaraan secara menyeluruh sebelum melakukan perjalanan,” kata Apriyanto.

Menentukan beban kendaraan
Untuk kendaraan jenis MPV atau SUV disarankan maksimal 8 orang termasuk pengemudi, dengan berat maksimal 3.500 kilogram. Anda bisa melihat kombinasi kode angka dan huruf pada ban indikator indeks beban per ban mobil.

Kendaraan yang mana kelebihan muatan sering menimbulkan insiden ban pecah dan rem blong karena tekanan yang diterima ban lebih tinggi sehingga terjadi gesekan yang melebihi kapasitas ban.

Buat perkiraan jarak yang akan ditempuh
Dengan mengetahui jarak tempuh, Anda bisa mempersiapkan kebutuhan bahan bakar, kondisi ban, kotak alatatau peralatan darurat lainnya.

Khusus untuk ban, Anda memerlukan karakteristik ban dengan desain tapak yang lebih kasar dan elastis agar lebih aman dan nyaman dikendarai di berbagai jenis medan. Ban harus memiliki kemampuan pengereman yang baik di jalan basah maupun kering.

Tetap fokus
Menurut Kementerian Perhubungan, 61% kecelakaan disebabkan oleh faktor manusia. Oleh karena itu, hindari penggunaan ponsel, multitaskingserta kegiatan lainnya.

Selain itu, hindari rasa kantuk saat berkendara dan pastikan istirahat yang cukup serta hindari konsumsi obat-obatan yang dapat memicu rasa lemas saat berkendara.

Baca juga: Cara Mudah Membedakan Pelumas Asli atau Palsu

Baca Juga: Manfaat Menggunakan Pelumas Sintetis Pada Mobil Modern

Baca Juga: Empat Tips Memilih Kartu Kredit Bagi Para Auto Enthusiast

Wartawan: Rizka Khaerunnisa
Penerbit : Ida Nurcahyani
Hak Cipta © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button