Berita Wisata

Tips hemat saat liburan di Jember

Siapa yang tidak mengenal Jember. Daerah ini terkenal dengan Jember Fashion Carnival dan tembakaunya sampai ke pasar dunia. Jember juga memiliki banyak destinasi wisata alam termasuk pantai karena berbatasan langsung dengan Laut Selatan atau Samudera Hindia. Daya tarik alamnya yang mempesona menjadikan kawasan ini sangat menarik untuk dijadikan sebagai tujuan berlibur.

Bagi anda yang ingin mencoba berlibur atau pejalan kaki hemat di Jember, berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti di bawah ini!

1. Mengunjungi wisata gratis atau murah seperti pantai atau kebun teh

6 tips hemat liburan di Jember, cocok untuk hikingPantai Papuma Jember (Instagram/jemberawesome)

Liburan hemat, sesuatu yang murah atau bahkan gratis tentu akan sangat menarik! Nah, di Jember sendiri ada banyak wisata gratis populer yang bisa kamu kunjungi saat liburan hemat. Beberapa tempat wisata gratis tersebut adalah Alun-alun Jember, Pantai Watu Ulo, Pantai Tanjung Papuma, Air Terjun Tancak, Air Terjun Antrokan, Situs Duplang, Museum Surat, Taman Kota Sumbersari, Kampung Durian Panti dan masih banyak lagi.

Selain mengunjungi tempat wisata gratis, anda juga bisa menikmati liburan anda di Jember di tempat wisata menarik dan murah serta membuat diri anda lebih eksis jika berfoto di tempat wisata tersebut.

Nah, wisata dengan tiket di bawah Rp 15.000 di Jember antara lain Pantai Payangan, Love Bay, Taman Dira, Pantai Asmara, Taman Nasional Meru Beriti, Museum Tembakau, Kebun Teh Gunung Gambir dan masih banyak lagi.

2. Gunakan transportasi kereta api

6 tips hemat liburan di Jember, cocok untuk hikingAngkutan kereta api (pesona Instagram/jember)

Bagi Anda yang tinggal jauh dari Kota Jember, Anda bisa mengunjungi Kota Tembakau menggunakan kereta api karena biaya perjalanannya lebih terjangkau.

Jember memiliki banyak stasiun yang dilayani oleh kereta api jarak menengah dan jauh seperti Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Purwokerto, Surabaya, Malang dan Banyuwangi. Terdapat 9 stasiun di Jember yaitu Stasiun Jember, Stasiun Arjasa, Kecamatan Sari, Stasiun Mangli, Garahan, Stasiun Rambipuji, Tanggul, Stasiun Kalisat dan Stasiun Ledokombo. Banyaknya stasiun ini akan memudahkan Anda dalam memilih destinasi wisata.

3. Angkutan umum di Jember kurang menguntungkan, sewa sepeda motor saja

6 tips hemat liburan di Jember, cocok untuk hikingIlustrasi persewaan sepeda motor (freepik.com/prostooleh)

Setelah naik kereta, tentunya Anda harus menyewa kendaraan untuk bisa mengeksplor keindahan kota karnaval ini. Secara alami, angkutan umum di sini tidak terlalu mendung. Anda dapat menyewa sepeda motor jika berlibur dengan kurang dari 4 orang.

Beberapa tempat rental motor murah di Jember adalah Rental Motor Retrocakti Jember, Rental Motor GeJe Jember, Pegasus Motorent, Rental Blackjeck, Jurnal Trans, dan Rental Motor Sky Jember.

Namun jika anda berlibur lebih dari 5 orang, sewalah mobil dari tempat rental yang murah dan anda bisa unlock atau menggunakan driver seperti Rafael Rent Car, Gund Rock Traveling, Cahaya Rent Car, Laura Rent Car dan Mandiri Rent . Mobil.

Baca juga: 5 Tempat Makan di Jember yang Buka Hingga Subuh

4. Pesan hotel di dekat Alun-alun Jember

6 tips hemat liburan di Jember, cocok untuk hikingAlun-alun Jember dari atas (Instagram/pemonajember)

Tidak banyak hostel di dekat tempat wisata Jember, jadi Anda bisa menginap di kawasan Jember Alun-alun. Ada banyak hotel murah yang bisa Anda temukan. Selain itu, Anda juga akan lebih dekat dengan wisata gratis seperti Alun-alun Jember.

Hotel dekat Alun-alun Jember dengan harga dibawah Rp 200.000 antara lain Lestari Hotel & Resto, JC Hotel Jember, Hotel Karunia, Hotel Ebizz, Mitra Guest House dan Demasto Homestay.

5. Cari warung makan tradisional atau dekat kampus

6 tips hemat liburan di Jember, cocok untuk hikingSoto Ayam Dahlok Jember (Instagram/ketostepup)

Dalam hal memasak, Anda tidak perlu khawatir. Jember merupakan salah satu tempat dengan harga makanan yang murah. Ada beberapa kuliner yang bisa kamu coba disana seperti soto ayam dahlok seharga Rp 10.000, pecel pincuk garahan, pia tape, mie rahma dan makanan lainnya yang disediakan di warung tradisional lokal atau di dekat kampus jember.

6. Kalau mau oleh-oleh yang harganya bisa nego, lebih baik ke Pasar Tanjung

6 tips hemat liburan di Jember, cocok untuk hikingPasar Tradisional Tanjung Jember (Instagram/charmjember)

Saat Anda sedang berlibur hemat di Jember, tidak ada salahnya jika Anda membeli barang atau oleh-oleh di pasar tradisional. Salah satu pasar terlengkap Jember adalah Pasar Tanjung. Barang-barang di sana cukup lengkap dan harga bisa dinegosiasikan.

Namun jika anda ingin mengunjungi Jember Souvenir Center maka cobalah untuk mengunjungi Jember Souvenir Center yang terkenal murah seperti Primadona Shop, Taste of Souvenirs, Sari Rasa Shop, Souvenir Shop Purnama Jati, dll.

Nah, buat kamu yang suka hiking atau liburan hemat, wajib banget mengunjungi salah satu kabupaten besar di Jawa Timur yang kaya akan tradisi, budaya, dan keindahan alamnya. Jadi, jangan lewatkan liburan seru di Jember hanya karena budget yang minim!

Baca Juga: 8 Kafe Populer di Jember, Referensi Kesembuhan Tahun Baru

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button