Tempat Wisata

Tips liburan di Karimun Jawa yang nyaman, aman dan tidak berlebihan

Anda dapat menggunakan tips liburan kami di Karimun Jawa untuk memberi Anda bahan pemikiran. Kawasan wisata di Jawa Tengah ini memang populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Keindahan alam bawah laut memang tidak bisa dipalsukan, semua orang pasti tertarik untuk mengunjunginya.

Sebelum datang, perhatikan waktu terbaik untuk mengunjungi pulau yang disebut “Karibia Jawa”. Karena wilayahnya berupa pulau, Anda bisa menggunakan perahu sebagai moda transportasi utama karena ombak yang tinggi akan menyulitkan perjalanan Anda.

Jika tidak ingin jadwal yang berantakan, sebaiknya sesuaikan waktu berkunjung dengan kondisi air laut. Anda dapat memanfaatkan website BMKG untuk mengetahui kondisi cuaca pada hari pemberangkatan. Anda juga mendapatkan keuntungan karena matahari terbenam, Bima Sakti, dan visibilitas air laut juga terpengaruh.

Dengan menentukan waktu yang tepat, biaya perjalanan juga bisa dihemat. Menggunakan jasa pemandu wisata tidak memberikan Anda jaminan perjalanan. Saat cuaca berubah buruk di tengah jalan, semua jadwal berubah. Namun, jika Anda berwisata sebagai backpacker, anggaran Anda akan bertambah.

Foto:

Ada banyak cara untuk menuju Karimun Jawa, baik dari Semarang maupun Jepara. Jika Anda berangkat dari Jakarta atau Surabaya. Cara terbaiknya adalah naik kereta api dan turun di stasiun Semarang. Alasan utamanya adalah untuk menghemat energi karena perjalanan pulang harus dilanjutkan.

Setibanya di Semarang, ada dua pilihan transportasi yang bisa dipilih. Dengan pesawat yang terbang setiap hari Rabu, Jumat dan Minggu. Harga mulai dari Rp 600.000. Atau Anda bisa naik perahu dari Pelabuhan Tanjung Mas yang berangkat setiap hari Kamis dan Sabtu dengan Kapal Kartini.

Pilihan lainnya adalah menuju Jepara melalui pelabuhan pantai Kartini. Dari sini ada dua penyeberangan feri terjadwal. Sayangnya hanya ada 1 penyeberangan per hari. Jadi cobalah untuk tidak terlambat.

Perhatikan juga pembelian tiketnya. Jika menggunakan jasa tour maka tiket sudah otomatis tersedia. Namun bagi backpacker harus membeli tiket secara langsung. Oleh karena itu, perhatikan waktu keberangkatan kapal. Agar Anda tidak tiba di pelabuhan terlalu dini dan membuang waktu.

Pilih akomodasi

Foto:

Tips terpenting yang perlu diperhatikan saat liburan Anda di Karimun Jawa adalah akomodasi. Anggap saja tempat ini adalah tempat yang populer untuk bersantai. Jadi pasti akan ramai dikunjungi wisatawan saat liburan sekolah atau akhir pekan.

Jika Anda memutuskan untuk bermalam di hotel, pastikan akomodasi Anda tidak penuh. Kami lebih memilih membeli secara online. Kemudian sesuaikan dengan budget dan Anda. Sekali lagi, tersedia rentang harga yang berbeda-beda, mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 1.000.000.

Peralatannya juga berbeda. Cari akomodasi yang dekat dengan tujuan Anda. Jangan terlalu jauh, karena liburanmu akan segera berakhir. Setiap pulau memiliki rentang waktu 30 menit hingga 120 menit. Mungkin bisa lebih jika ombaknya tidak bersahabat.

Jika ingin backpacker datang ke sini, jangan lupa membawa tenda dan segala perlengkapan yang diperlukan. Tak ada salahnya Anda mencari tahu terlebih dahulu apakah aman atau tidaknya mendirikan tenda di pulau yang ingin Anda kunjungi. Sebab sebagian wilayahnya masih berupa hutan. Oleh karena itu, kawanan hewan liar pasti telah melakukan penetrasi dengan kuat.

Jangan lupa membawa kantong sampah. Sebagai tempat sampah untuk semua sampah Anda. Bawa ke dermaga utama dan buang di sana. Jagalah kebersihan alam Karimun Jawa karena kalau bukan kita siapa lagi?

Perhatikan kondisi alat elektronik

Foto:

Tips berwisata ke Karimun Jawa selanjutnya adalah memperhatikan perangkat elektronik yang dibawa. Misalnya ponsel, kamera atau GoPro. Ini sangat penting untuk keperluan foto dan video. Sebab, tempat ini masih kesulitan mendapatkan listrik. Maksimal hanya 12 jam sehari.

Kadang hanya 6 jam, bahkan dari jam 6 sore sampai jam 12 malam. Jadi Anda harus pandai menangani baterai pada perangkat elektronik. Sehingga momen langka tersebut bisa diabadikan. Saran kami: bawalah baterai cadangan dan power bank.

Saat ini sinyal seluler di lokasi tersebut sudah didukung 4G. Namun hanya beberapa penyedia saja. Ketika tidak ada penerimaan telepon seluler. Sebaiknya paket data dimatikan. Paket data mengkonsumsi energi lebih cepat dibandingkan menggunakan foto dan video.

Berbaurlah dengan penduduk setempat

Foto:

Beberapa pulau di sini berpenghuni. Di pulau utama, tidak ada salahnya untuk berbaur dengan mereka. Orang-orang di sini sangat ramah dan bersahaja. Anda bisa mendapatkan berbagai informasi menarik mengenai tempat wisata yang mungkin belum banyak orang ketahui.

Atau informasi mengenai waktu terbaik untuk mengunjungi suatu daerah. Anda juga bisa mendapatkan panduan gratis dan mendapatkan pengalaman yang tidak dirasakan orang lain. Perlu diketahui bahwa tempat ini dihuni oleh 5 suku sekaligus. Ada suku Jawa, Bugis, Bajo, Mandar, dan Madura.

Anda bisa belajar tentang kehidupan budaya 5 suku tersebut. Tak heran jika mereka mulai mengembangkan jenis pariwisata baru yang mencerminkan keberagaman Indonesia. Aspek positif dari bertemu penduduk setempat adalah penghematan biaya.

Setidaknya untuk makan. karena orang-orang di sini sangat baik. Mereka biasanya memasak masakan khas dan istimewa yang tidak dijual di Alun-Alun maupun disajikan oleh jasa wisata. Datanglah saat diadakan acara tahunan dan rasakan kemeriahan masyarakat sekitar hingga membuat Anda ragu untuk mudik.

Salah satu hal terindah adalah melihat aktivitas para nelayan saat memancing. Banyak sekali spesies biota laut yang bisa ditangkap. Biasanya ada yang digunakan untuk memasak, ada pula yang dijual. Rasakan serunya memancing bersama para nelayan di sini, mudah namun menawarkan pengalaman yang tak terlupakan.

Mengenal kehidupan hewan bawah air

Snorkel KarimunjawaFoto:

Keindahan bawah laut Karimun Jawa memang tiada duanya. Namun, Anda perlu mengetahui sisi lain dari kehidupan ikan di dalamnya. Anda juga memiliki sengatan atau zat yang dapat membahayakan Anda. Seperti ikan pari atau terumbu karang.

Atau cumi-cumi dan masih banyak makhluk laut lainnya yang bisa mengeluarkan zat berbahaya di dalam tubuhnya. Kenakan sepatu yang kokoh. Beberapa pulau mempunyai karang tajam yang dapat menyebabkan cedera. Dampak buruknya adalah Anda bisa tertular dan liburan bahagia Anda akan berubah menjadi suram.

Pemilihan layanan perjalanan

Paket Wisata KarimunjawaFoto:

Tips liburan ke Karimun Jawa yang terakhir adalah memilih jasa travel jika ingin menggunakannya. Jangan tergiur hanya dengan harga yang ditawarkan, terkadang setiap broker menawarkan pelayanan yang kurang memuaskan. Ini bukan tentang perusahaan, tapi tentang pemandu tugas yang menemani Anda.

Sebelum memesan, lihat dulu bagaimana perjalanannya. Anda dapat melihat ini di situs web mereka. Lihatlah pengaturan jadwal yang disediakan. Tidak ada salahnya memulai dengan berbagai pertanyaan terkait liburan.

Berdasarkan jawaban mereka, Anda dapat memutuskan apakah akan menggunakannya atau memilih yang lain. Kami menyarankan Anda untuk tidak mempertimbangkan harga sebagai kriteria utama, tetapi memperhatikan kemungkinan layanan purna jual dan kemungkinan keluhan, karena kenyamanan tidak bisa dibeli dengan harga berapa pun.

Oleh karena itu kami menyarankan Anda untuk memanfaatkan paket wisata Karimun Jawa dari thekarimun.com. Karena menawarkan pelayanan terbaik yang bisa membuat liburan Anda tak terlupakan.

Tips berlibur ke Karimunjawa di atas bisa Anda jadikan referensi. Baik Anda menyewa agen atau backpacker, sebenarnya sama saja. Itu tergantung pada bagaimana Anda menikmati liburan Anda. Jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya agar pulau ini tetap bersih dan layak untuk dikunjungi setiap saat.

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button