Berita Wisata

Tips memotret dari dalam kabin pesawat yang baik dan wajar, jangan asal memotret

Surabaya (Beritajatim.com) – Pesawat terbang merupakan salah satu transportasi umum yang menyediakan perjalanan dengan pemandangan yang menarik untuk dinikmati. Terutama bagi mereka yang duduk di dekat jendela. Karena pesawat melintasi awan yang seolah-olah dipegang oleh tangan kita.

Tentu momen ini tidak boleh dilewatkan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memotret pemandangan objek di luar jendela dari kabin pesawat. Namun, jika Anda tidak mengerti cara mengambil foto yang baik. Ketahui tips berikut ini.

1. Duduk di samping jendela

Untuk mencapai hasil foto yang optimal di pesawat, tentunya posisi duduk mutlak menentukan. Nah, triknya kamu bisa ambil tempat duduk tepat di sebelah jendela karena kamu bisa mendapatkan sudut yang lebih luas untuk berfoto dengan pemandangan luar.

Namun, ada juga kendala jika mendapatkan tempat duduk di tengah badan pesawat. Anda tidak akan menikmati pemandangan. Karena terhalang sayap pesawat. Jadi lebih baik, Anda memesan tempat duduk dekat jendela di barisan depan atau paling belakang.

2. Cari tahu waktu dan arah bandara tujuan

Cara selanjutnya untuk mendapatkan objek foto yang menakjubkan dari pesawat adalah dengan mengetahui waktu dan arah bandara tujuan. Dengan cara ini Anda bisa mengetahui waktu matahari terbit dan terbenam yang tepat.

Sedangkan arah pesawat menuju bandara memberikan informasi yang jelas dimana matahari akan terbit dan tenggelam. Sehingga Anda akan lebih paham dimana letak kota yang Anda lintasi serta viewpoint yang indah untuk difoto.

3. Memotret saat pesawat miring atau menukik

Nah, untuk mendapatkan hasil foto terbaik berikut ini, ambillah foto saat pesawat sedang menukik atau dalam posisi miring. Momen ini bisa Anda nikmati saat pesawat hendak mendarat atau sesaat setelah lepas landas.

4. Gunakan fokus manual

Tips selanjutnya adalah menggunakan mode fokus manual untuk membantu kamera menangkap gambar secara otomatis. Karena lensa kamera cenderung sulit diatur saat memotret melalui partikel kaca. Kondisi kaca bidang yang ditumpangkan akan menyebabkan objek yang difoto menjadi buram.

Perlu diingat, ambil foto di awal start. Memang, penerbangan panjang cenderung membuat jendela pesawat berkabut, sehingga gambar tidak jelas.

5. Jangan gunakan fungsi Flash

Karena pesawat merupakan salah satu transportasi umum yang digunakan bersama, sebaiknya hindari penggunaan flash atau lampu kilat saat mengambil foto. Memang, kedipan lampu akan mengganggu kenyamanan penumpang dan awak kabin.

Selain itu, penggunaan flash juga dapat membuat objek landscape menjadi gelap atau tidak terlihat sama sekali. (frs/ian)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button