Berita Wisata

Tips perawatan kulit untuk liburan pantai atau gunung dari dokter kulit

TEMPO.CO, Jakarta – Salah satu bagian tersulit menjelang liburan adalah mengemas hasil bumi perawatan kulit. Tentunya Anda harus menentukan produk mana yang perlu dikemas atau produk mana yang tidak bisa dibawa dalam koper Anda. Selain itu, Anda harus mengubah rutinitas perawatan kulit saat bepergian.

“Menyesuaikan rutinitas Anda akan membantu memberi kulit Anda apa yang dibutuhkan untuk tetap tenang dan seimbang dalam iklim yang berbeda, dan membantu mencegah kulit kering, ruam, terbakar sinar matahari, dan reaksi buruk lainnya,” kata dokter kulit Dendy Engelman.

Plus, mengubah rutinitas Anda bisa membuat hidup Anda lebih mudah. “Kebanyakan orang, saat bepergian, tidak ingin membawa banyak produk,” kata dokter kulit Debra Jaliman. Jadi, dia merekomendasikan untuk menyederhanakan rutinitas perawatan kulit Anda, terutama jika Anda sedang berlibur, agar Anda bisa bersantai.

Produk perawatan kulit yang paling penting dibawa saat liburan

Secara umum, kedua ahli sepakat bahwa penting untuk mengemas sesuatu untuk membersihkan wajah, seperti tisu pembersih, air misel atau toner untuk menghilangkan riasan dan kotoran, pelembab dan tabir surya. . Engelman menambahkan bahwa Anda dapat beralih ke produk multitasking seperti pelembab kombinasi dan SPF jika Anda benar-benar ingin bepergian dengan ringan.

Anda juga ingin mempertimbangkan apa lagi yang mungkin dibutuhkan kulit Anda. Ketahuilah “keadaan darurat” apa yang mungkin Anda temui dan kemasi sesuai kebutuhan, saran Jaliman. Misalnya, jika Anda cenderung berjerawat, Anda juga ingin membawa produk jerawat yang Anda gunakan di sekitar rumah.

Lalu ada perawatan kulit yang perlu dipertimbangkan untuk perjalanan udara: “Saya sarankan untuk mengemas produk ekstra yang menenangkan dan menghidrasi untuk digunakan selama dan setelah penerbangan Anda untuk menyegarkan kulit Anda dan mengisi kembali kelembapan yang mungkin hilang selama perjalanan, karena udara di kabin pesawat adalah sangat dehidrasi. kata Engelman. Ini bisa termasuk masker wajah, krim mata, kabut toning menghidrasi, masker mata dan lip balm.

Perawatan kulit untuk liburan pantai

Jika Anda menuju ke iklim yang panas dan lembab, Anda dapat melakukan beberapa penyesuaian pada daftar hal-hal penting. Jaliman merekomendasikan untuk menggunakan pembersih, air misel atau toner, dan tabir surya tahan air di pagi hari. Di malam hari, dia menyarankan untuk menggunakan pembersih eksfoliasi, toner, dan losion ringan sebagai pengganti pelembap.

“Banyak orang di iklim panas dan lembap cenderung gemuk,” kata Jaliman. Pembersih eksfoliasi menyeimbangkan kulit dan memfasilitasi penghapusan sebum. Sementara itu, losion yang ringan menghidrasi kulit Anda tanpa membuatnya berminyak dan membiarkan pori-pori Anda bernapas. Sebagai alternatif, katanya Anda bisa menggunakan serum asam hialuronat, dan Anda juga bisa mempertimbangkan produk multitasking pelembab serta tabir surya dan riasan mineral berwarna.

Perawatan kulit untuk liburan di daerah dingin

Untuk mencegah kulit menjadi kering dan teriritasi, Jaliman menyarankan untuk mengemas pembersih yang menghidrasi dan serum asam hialuronat untuk digunakan pagi dan malam, bersama dengan pelembab tabir surya. Engelman juga menyarankan untuk mengemas produk yang menutrisi dan melembabkan bersama Anda, seperti serum pelembab, minyak wajah, dan krim yang lebih kental. “Cari bahan-bahan seperti ceramide, peptida, dan asam hialuronat untuk menutrisi dan memperkuat penghalang,” jelasnya.

Terakhir, Engelman menyarankan untuk berkemas balsem Serbaguna untuk area seperti tangan, kutikula, bibir dan telinga. “Kulit yang terpapar cenderung menjadi merah, pecah-pecah, dan kering di iklim dingin,” jelasnya.

Jaliman juga memiliki tip untuk perjalanan semacam ini yang melebihi apa yang Anda miliki di koper Anda: jika Anda menginap di hotel dengan pelembab udara, gunakanlah! Anda bahkan mungkin bertanya apakah mereka memiliki pelembab udara yang belum ada di dalam ruangan.

Tip Perawatan Kulit Liburan Penting lainnya

Namun, jika Anda liburan di suatu tempat dengan iklim yang sama, Anda tidak perlu melakukan banyak penyesuaian. Engelman mencatat bahwa Anda mungkin dapat melanjutkan rutinitas perawatan kulit seperti biasa.

Jika Anda ingin mengurangi jumlah produk yang Anda kemas, Jaliman menyarankan untuk memilih bahan aktif pilihan Anda (seperti vitamin C atau niacinamide) dari rotasi produk Anda. Dan jika Anda biasanya menggunakan lebih dari satu jenis tabir surya, Anda dapat mengemas salah satu yang cocok untuk Anda dalam berbagai skenario.

Setelah Anda kembali dari liburan, tidak ada aturan baku jika Anda harus segera melanjutkan rutinitas perawatan kulit Anda. “Jika Anda menderita ruam, iritasi, atau kekeringan yang berlebihan akibat perjalanan, Anda perlu mendengarkan kulit Anda dan menyesuaikan rutinitas Anda untuk mengatasi masalah tersebut,” kata Engleman.

Jaliman dan Engelman memiliki beberapa ide lain untuk membantu menjaga kulit Anda tetap terlihat bagus saat berlibur:

– Tetap terhidrasi dan batasi kafein dan alkohol, saran Jaliman. Dehidrasi tidak hanya buruk bagi tubuh Anda, tetapi juga buruk bagi kulit Anda, kata Engelman.

– Untuk menghindari perpindahan kuman dan bakteri, kata Engelman, usahakan jangan terlalu sering menyentuh wajah.

– Anda tidak ingin mengalami reaksi alergi saat bepergian, jadi cobalah produk ini di rumah sebelum Anda mengemasnya. Dan bawa pulang produk hotel untuk dicoba, kata Jaliman.

KESEHATAN PEREMPUAN

Baca juga : 3 tips perawatan kulit setelah liburan

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button