Berita Wisata

Tirta Agung Bondowoso, Pool Tour dan Kafe Tengah Sawah

Jika Anda berkunjung ke Bondowoso, jangan hanya membeli oleh-oleh makanan saja. Jangan hanya berkendara ke pegunungan kawah Ijen Sempol. Coba mampir ke Kecamatan Sumberwringin. Tepatnya Dusun Sokleh Selatan, Desa Sukosari Kidul.

Ada tempat wisata dengan pemandangan sawah terasering yang memanjakan mata. Juga, kolam renang dan kafe di tengah sawah yang menyediakan makanan dan minuman khas pedesaan yang jarang ditemukan saat ini.

Namanya Desa Wisata Tirta Agung. Dibangun pada bulan April 2018 dan diresmikan pada tahun 2019. Pembangunannya diprakarsai oleh pemuda desa yang memiliki ide yang sama untuk mengembangkan potensi wisata alam desa dengan membentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) mandiri.

Dengan dukungan pemerintah desa melalui anggaran Dana Desa (DD), pemuda desa merancang wisata Tirta Agung yang unik, artistik, dan alami. Pengunjung dimanjakan dengan pemandangan sawah dan pepohonan rimbun yang mengelilingi wisata Tirta Agung.

Bagi pengunjung yang gemar berenang, mereka bisa menyelam ke kolam dengan sumber air alami di tengah sawah. Tak jauh dari kolam berdiri deretan gazebo di atas kolam ikan.

Pemandangan malam deretan gazebo di atas kolam ikan di desa wisata Tirta Agung Bondowoso.  (Foto: Pokdarwis Tirta Agung) Pemandangan malam deretan gazebo di atas kolam ikan di desa wisata Tirta Agung Bondowoso. (Foto: Pokdarwis Tirta Agung)

Gardu pandang di atas kolam ikan juga bisa menjadi tempat bersantai sambil menikmati pemandangan alam wisata Tirta Agung. Apalagi bisa menjadi tempat makan dan minum bagi pengunjung untuk menikmati kuliner khas pedesaan yang disajikan kafe-kafe di tengah sawah.

Tak hanya itu, deretan gazebo di atas kolam ikan dengan background pemandangan sawah yang alami dan mempesona, bisa menjadi spot foto yang menarik. Karena pengunjung bisa duduk, berjalan dan menyisir rambut di jembatan antara gazebo-gazebo di atas kolam ikan.

Saat berkunjung ke Tirta Agung, pengunjung juga bisa bersantai dari sore hingga malam hari. Bersama keluarga, sahabat, dan pasangan, nikmati indahnya pemandangan persawahan dengan semilir angin pedesaan. Apalagi kerlap-kerlip lampu yang indah di gazebo yang berdiri di atas kolam ikan menambah kenyamanan rekreasi saat berwisata di Tirta Agung.

“Desa Wisata Tirta Agung sengaja kami jadikan alami dengan suasana pedesaan. Karena kami melihat masyarakat sangat menginginkan tempat rekreasi alam pedesaan yang jarang ditemukan saat ini. Alhamdulillah Desa Wisata Tirta Agung dapat memenuhi keinginan masyarakat tersebut,” ujar Kepala Desa Wisata Tirta Pokdarwis Agung Bondowoso, Fadhil Susanto.

Pengunjung wisata ke Tirta Agung tidak pernah sepi. Terutama di akhir pekan. Pengunjung tidak hanya datang dari Bondowoso, tapi juga dari luar Kota Tape –julukan Kabupaten Bondowoso-.

Sebuah kafe di tengah sawah di desa wisata Tirta Agung Bondowoso, tempat pengunjung bersantai menikmati menu kuliner khas desa.  (Foto: Pokdarwis Tirta Agung) Sebuah kafe di tengah sawah di desa wisata Tirta Agung Bondowoso, tempat pengunjung bersantai menikmati menu kuliner khas desa. (Foto: Pokdarwis Tirta Agung)

Desa Wisata Tirta Agung juga dikunjungi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno. Bahkan, membuat Bondowoso bangga dengan kompetisi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI dengan meraih juara II kategori Desa Wisata Percontohan ADWI 2022.

Fadhil mengatakan bagi masyarakat yang ingin mengunjungi Wisata Tirta Agung, Desa Sukosari Kidul, Kecamatan Sumberwringin tidak salah lagi. Bisa lihat lokasi di google maps. Dari pusat kota Bondowoso berjarak sekitar 27 km ke arah timur.

“Jalan aspalnya mulus. Begitu sampai di Desa Sukosari Kidul, Kecamatan Sumberwringin, sudah ada papan penunjuk arah menuju wisata Tirta Agung. Harga tiket masuknya sangat murah,” ujarnya.

Lokasi Desa Wisata Tirta Agung Bondowoso

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button