Tempat Wisata

Tirta Sanita Ciseeng: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Bagi yang ingin melepas penat dari keseharian bisa mengunjungi Tirta Sanita Ciseeng di kota Bogor, Jawa Barat. Di pemandian air panas ini kita bisa berendam di air panas dan menikmati keindahan alam yang mampu menenangkan pikiran. Lokasinya berada di Jalan Cogreg, Desa Bojong Indah, Kecamatan Parung, Bogor. Meski terletak di pedesaan, pemandian air panas ini sangat ramai dikunjungi wisatawan lokal pada akhir pekan dan hari libur.

Luas pemandian air panas ini adalah 8 hektar. Sumber air panas tersebut berasal dari pegunungan kapur yang banyak mengandung belerang. Jadi air panas ini sangat baik untuk kesehatan sendi dan tulang kita. Selain itu, air panas pada pemandian ini juga mengandung garam yang dapat membuat kulit menjadi lebih halus setelah berendam.

Fasilitas di Tirta Sanita Ciseeng

Tirta Sanita Ciseeng juga menawarkan pemandian tertutup berupa kabin. Terbagi menjadi dua bagian yaitu tipe reguler dan tipe VIP yang diperuntukkan untuk satu orang saja.

Selain mandi air panas dan menikmati pemandangan alam, di sini juga terdapat tempat tamasya. Wahananya juga mencakup wahana high wire, polo air, Flying fox, motorcross, sepeda air, trans mewah, dan monorel. Jangan lupakan sepeda ATV, paintball, rumah baon, pesawat terbang, mobil bom, kolam anak-anak, dan terapi ikan.

Karena sumber air panas ini terletak di pedesaan, pengunjung akan sedikit kesulitan mencari akomodasi atau hotel di dekatnya. Jika memang ingin mencari penginapan, sebaiknya carilah di sepanjang Jalan Raya Parung. Terdapat restoran dan tempat katering di sekitar area pemandian. Tempat parkir yang disediakan cukup luas dan toilet secara umum memadai.

Keindahan Tirta Sanita Ciseeng

Sesuai peraturan yang berlaku di pemandian ini, hanya satu orang yang boleh mandi dengan air hangat belerang. Jika ingin mandi di kolam terbuka, Anda bisa mengunjungi pemandian di belakang tempat parkir dengan mendaki bukit melalui jalan setapak. Untuk memasuki pemandian air panas terbuka ini, biaya masuknya lebih murah dibandingkan biaya masuk lokasi utama. Selain itu, tidak ada pedoman mengenai durasi perendaman.

Layaknya kawasan pegunungan, resor wisata Tirta Sanita Ciseeeng juga menawarkan udara yang masih sejuk dan segar. Deretan pohon palem kerajaan yang tersusun rapi di sisi kanan dan kiri turut menghiasi pemandian air panas ini. Terdapat taman bermain anak-anak di sebelah pohon palem kerajaan. Semakin jauh berjalan, Anda akan menjumpai kios-kios yang menjual ikan cupang yang dikemas dalam botol plastik.

Di pemandian air panas ini terdapat batu-batu besar yang bisa berubah warna menjadi putih. Hal ini terjadi akibat kandungan belerang pada pegunungan kapur. Jika Anda memanjat sedikit di atas bebatuan besar tersebut, Anda akan melihat kolam termal dengan warna putih kehijauan. Kolam termal ini digunakan untuk relaksasi luar ruangan dan bersantai bersama pengunjung lain.

Berburu foto di Tirta Sanita Ciseeng

Tempat terbaik untuk mengambil foto di area pemandian ini adalah di puncak batu kapur yang dapat diakses melalui jalan setapak. Dari puncak ini kita bisa melihat keseluruhan lokasi pemandian, menghadap ke pepohonan besar yang memberikan keteduhan dan asri. Tentu sangat cocok dijadikan objek foto yang menarik.

Akses Lokasi ke Tirta Sanita Ciseeng

Untuk menuju Pemandian Tirta Sanita Ciseeng membutuhkan waktu sekitar 40 menit dari pusat kota Bogor. Akses menuju sumber air panas dapat dilakukan dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika menggunakan angkutan umum, dari Ciputat bisa menggunakan angkutan umum D-29 jurusan Parung. Kemudian berhenti di pertigaan arah Ciseeng dan naik angkutan umum lain atau naik ojek hingga menemukan pemandian Tirta Sanita.

Biaya masuk ke Tirta Sanita Ciseeng

  • Biaya masuk pada hari biasa: Rp 12.000/orang
  • Biaya masuk akhir pekan: Rp 15.000/orang
  • Biaya berendam : Rp 50.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Tirta Sanita Ciseeng

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore

Tips liburan Tirta Sanita Ciseeng

  • Jaga barang masing-masing.
  • Jangan lupa membawa kamera dengan lensa wide-angle untuk berburu foto dari puncak puncak kapur.
  • Jaga kebersihan dengan membuang sampah pada lokasi yang disediakan pengelola wisata pemandian air panas ini.

Demikian ulasan mengenai pemandian air panas Tirta Sanita Ciseeng di Bogor. Jika Anda sedang berada di Kota Bogor, tak ada salahnya bersantai di pemandian air panas ini untuk melepas kepenatan. Tentunya berendam di air panas belerang disertai pemandangan alam yang indah akan menjadi kunjungan yang tak terlupakan dan tak terlupakan.

Galeri foto Tirta Sanita Ciseeng

Potret Tirta Sanita Ciseeng
Berendam di Tirta Sanita Ciseeng
Taman di kawasan Tirta Sanita Ciseeng
Keindahan Tirta Sanita Ciseeng

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button