Berita Wisata

TNI bersihkan sampah di Pantai Seulg Belanak Lombok Tengah – ANTARA News Mataram

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) – Anggota TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, Polri dan masyarakat menggelar bakti sosial dengan membersihkan sampah di kawasan pesisir Pantai Menurut Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Tenggara, agar tetap bersih dan indah dipandang oleh wisatawan.

“Kegiatan pengabdian masyarakat ini berhasil mengumpulkan berbagai jenis sampah organik dan anorganik,” ujar Dandim 1620/Lombok Tengah Letkol Kav. IF Andi Yusuf Kertanegara di Praya, Jumat.

Laut dan pantai Pulau Lombok memiliki potensi sumber daya yang bisa dibanggakan. Ruang laut dan pesisir memberikan banyak manfaat bagi kehidupan sebagai sumber pangan dan industri kelautan untuk mendukung berbagai lini sektor kehidupan manusia.

“TNI memahami pentingnya menciptakan laut yang sehat, aman, tangguh dan produktif,” ujarnya.

Hal ini, kata dia, sejalan dengan prinsip ekonomi biru, yakni pemanfaatan sumber daya laut secara berwawasan lingkungan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan, mata pencaharian, dan kelestarian ekosistem.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membantu mengatasi tantangan masyarakat dan memperkuat paradigma persatuan TNI,” ujarnya.

Selain itu, jelasnya, pengabdian masyarakat ini merupakan tindakan nyata untuk mendukung program pemerintah pelestarian alam sehingga mengedepankan prinsip kehidupan sosial yang mandiri, memiliki semangat integrasi yang kuat, dan membangun semangat gotong royong masyarakat.

Ia mengimbau semua pihak untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan, termasuk sungai dan pantai, karena pantai merupakan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

“Berbagai upaya dapat kita lakukan untuk menjaga keberadaan dan kelestarian alam kita. Dengan melakukan upaya mewujudkan pantai sehat yang menjamin keberlangsungan pengelolaan dan pemanfaatan laut itu sendiri,” ujarnya.-tegasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button