Berita Wisata

Tol Serang-Panimbang akan mensinergikan kawasan industri dan wisata

Jakarta (ANTARA) –

Konsultan properti Knight Frank Indonesia mengungkapkan jalan tol Serang – Panimbang yang dibangun BUMN Wijaya Karya (WIKA) dapat menciptakan sinergi antara Kawasan Industri Cileles dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung.

“Keberadaan kawasan industri tentunya bisa menjadi salah satu penunjang aktivitas wisata yang ditawarkan di KEK Tanjung Lesung,” ujar Senior Research Advisor Knight Frank Indonesia Syarifah Syaukat atau yang biasa disapa Sari saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Sari mengatakan, karena Pandeglang memiliki komoditas unggulan di bidang pertanian, maka kawasan industri harus meningkatkan nilai tambah atau Nilai tambah dari berbagai fasilitas yang ada di kawasan tersebut, yang terhubung dengan jalan tol yang dibangun oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Wijaya Karya Serang Panimbang.

“Dengan demikian, warga yang tidak berkecimpung di bidang pariwisata tetap bisa merasakan manfaat keberadaan kawasan industri dan kawasan ekonomi khusus di wilayahnya,” kata Sari.

Ekosistem industri yang berdekatan di Koridor Jakarta Barat ini diharapkan dapat menjadikan kawasan ini lebih matang dengan menyediakan layanan industri yang lebih bervariasi, tidak hanya berbasis ekstraksi sumber daya alam, tetapi memasuki industri dengan aplikasi teknologi tinggi.

Baca Juga: Konsultan: Tol Serang-Pantanding Optimalkan Kawasan Industri Cileles

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meyakini pembangunan tol Serang-Panimbang dipastikan akan menghubungkan kawasan industri, produksi, dan pariwisata.

Dampak pembangunan jalan tol tersebut akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Banten.

“Kami optimistis KEK akan banyak dikunjungi wisatawan dan akan ada hotel berbintang serta destinasi wisata,” kata Basuki.

Pembangunan jalan tol tersebut akan memunculkan kawasan industri sekaligus kawasan wisata, sehingga keberadaan jalan tol Serang-Panimbang akan mendorong penyerapan lapangan kerja.

Wartawan: Aji Cakti
Penerbit : Risbiani Fardaniah
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button