Tempat Wisata

Top 10 Wisata Pantai Paling Hits di Pontianak

keinginan untuk berlibur Pontianak? Simak daftar wisata pantai populer di bawah ini Pontianak, Kalimantan Barat. Objek wisata bahari terindah, eksotik, populer dan terkenal dikunjungi wisatawan.

Bisa dibilang liburan adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Tak terkecuali karena saat itu Anda bisa menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta di salah satu destinasi wisata terpopuler di Pontianak ini. Dijuluki Kota Khatulistiwa, kota ini menawarkan beragam pilihan wisata bahari yang menyuguhkan pemandangan menakjubkan. Berikut daftar wisata pantai terindah di Pontianak yang bisa dipilih saat berlibur.

1. Pantai Lemukutan

Pantai LemukutanFoto: Google Maps/Jun San

Apakah Anda ingin menghabiskan liburan Anda di Pontianak? Tak perlu khawatir, Pantai Lemukutan bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Saat Anda datang kesini Anda akan disuguhkan keindahan yang sangat alami. Selain itu, penduduk setempat sangat ramah dan berhasil membuat suasana pantai lebih tenang dan menyenangkan.

Alhasil, traveler tentu saja betah dan ingin berlama-lama di sini. Selain itu, Anda juga bisa merasakan sejuknya hembusan udara dari semilir angin pantai dan pepohonan yang mengelilingi pantai. Tak ayal, banyak pengunjung yang datang ke sini untuk melepas penat dari hiruk pikuk kota.

Hal unik yang bisa Anda rasakan saat berkunjung ke sini adalah warna air lautnya yang kerap berubah-ubah. Mulai dari coklat, hijau, biru, hijau tua hingga biru jernih. Keunikan tersebut membuat para pelancong dari luar daerah rela melakukan perjalanan jauh hanya untuk merasakannya secara langsung. Selain keindahan di atas permukaan laut, Anda juga bisa menikmati keindahan bawah lautnya.

harga tiket: Rp 229.000; Map: pemeriksaan lokasi
Alamat: Pulau Lemukutan, Kepulauan Sungai Raya, Kab.Bengkayang, Kalimantan Barat.

2. Pantai Kijing

Pantai KijingFoto: Google Maps/Ajie Arief

Destinasi wisata bahari berikutnya yang patut dikunjungi adalah Pantai Kijing. Meski cukup tersembunyi, namun tak menyurutkan niat para pelancong untuk mengunjunginya. Bahkan tak jarang pengunjung datang dari luar daerah sekadar untuk menikmati keindahan destinasi wisata bahari tersebut.

Karena letaknya yang tersembunyi, Pantai Kijing mempunyai suasana yang tenang dan damai. Belum lagi kondisi pantainya yang masih sangat bersih membuat setiap orang yang mengunjunginya merasa nyaman dan betah berlama-lama. Udara pantai yang masih terasa alami dan sejuk ternyata sangat baik untuk menenangkan pikiran.

Jika ingin kesini, disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Pasalnya, jarak kota menuju Pantai Kijing cukup jauh dan belum tersedia angkutan umum. Saat Anda memasuki kawasan pantai ini, Anda disuguhkan pemandangan yang sangat istimewa. Dimana terdapat hamparan pasir putih dengan ombak yang bergulung-gulung.

harga tiket: Rp10.000; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Desa Sungai Kunyit Kec. Sungai Kunyit, Cab.Pontianak, Kalimantan Barat.

3. Pantai Sawi

Pantai Pulau SawiFoto: Google Maps/Novel Muamar

Bosan dengan destinasi wisata yang ramai? Tenang, Anda masih bisa mengunjungi salah satu pantai di Pontianak bernama Pantai Sawi. Bisa dibilang pantai ini masih tergolong perawan, dihiasi pasir putih lembut dan pemandangan eksotis. Bahkan birunya laut yang terbentang jauh mampu membuat siapapun yang melihatnya terpesona.

Padahal, pantai ini awalnya tidak dihuni oleh siapa pun. Maka tak heran jika kondisinya masih sangat bagus dan alami. Namun seiring berjalannya waktu, tepatnya pada tahun 2016, Pantai Sawi banyak dikunjungi wisatawan. Saat anda kesini anda akan menjumpai deretan pohon kelapa yang sangat indah dan rindang.

Menikmati liburan di sini tidak akan lengkap tanpa berkumpul dengan orang-orang tercinta. Pasalnya, Anda akan merasakan pengalaman liburan yang benar-benar berbeda ketika datang ke sini. Apalagi saat ombak sedang tenang, Anda bisa menghabiskan waktu dengan berenang atau sekedar bermain air di salah satu pantai indah Pontianak ini.

harga tiket: -; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Jadilah Tengar, Kec. Kendawangan, Cab.Ketapang, Kalimantan Barat.

4. Pantai Sungai Kinjil

Pantai di Sungai KinjilFoto: Google Maps/Redi Erwansyah

Tidak dapat disangkal bahwa menghabiskan waktu di akhir pekan memang menyenangkan. Apalagi saat Anda sedang bersama anggota keluarga atau teman. Salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan saat musim liburan adalah pantai. Jadi tidak ada salahnya mengunjungi pantai bernama Pantai Sungai Kinjil di Pontianak.

Perlu anda ketahui kalau wisata laut ini menawarkan panorama yang memanjakan mata. Berkat ombaknya yang tenang dan tidak bergejolak, pantai ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata di akhir pekan atau saat musim liburan. Hal yang menarik dari pantai ini adalah pemandangan matahari terbenamnya yang mampu membuat siapapun terpesona.

Untuk mencapai wisata ini hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam dari pusat kota. Begitu Anda menginjakkan kaki, panorama menakjubkan tersaji di hadapan Anda. Anda juga bisa menikmati keindahan pantai langsung melalui jembatan kayu yang sengaja dibangun oleh pengelola.

harga tiket: -; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Sungai Kinjil, Kec. Benua Kayong, Kabin Ketapang, Kalimantan Barat.

5. Pantai Pulau Datok

Pantai Pulau DatokFoto: Google Maps/Rudi Saki

Sebagai salah satu destinasi wisata bahari terpopuler di Pontianak, Pantai Pulau Datok menawarkan keindahan yang tiada duanya dibandingkan lainnya. Karena pantai ini dikelilingi pepohonan rindang sehingga suasananya lebih sejuk dan asri. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pengunjung yang betah berada di Pantai Pulau Datok untuk menginap.

Selain itu, Pantai Pulau Datok selalu ramai dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang sangat strategis. Berkat ombaknya yang tenang, anak-anak hingga orang dewasa bisa bermain sepuasnya di tepi pantai. Bahkan tak jarang digunakan untuk berenang. Hamparan pasirnya yang luas terkadang dijadikan tempat piknik bersama orang tersayang.

harga tiket: Bebas; Map: pemeriksaan lokasi
Alamat: Pampang Harapan, Kec. Sukadana, Cab.Kayong Utara, Kalimantan Barat.

6. Pantai Penyu

kura Kura pantaiFoto: Google Maps/Ahmad

Banyak orang yang mengira Pantai Kura Kura merupakan destinasi wisata bahari terindah di Pontianak. Hal itu dikarenakan Pantai Kura Kura memiliki pasir putih yang bersih dan ombak yang tenang dibandingkan pantai lainnya. Padahal menurut masyarakat setempat, dulunya pantai ini ditumbuhi pepohonan yang sangat lebat dan rindang.

Namun seiring berjalannya waktu pohon-pohon tersebut ditebang dan hanya tersisa rumput dan semak-semak. Meski begitu, Pantai Kura Kura tetap menjadi tempat wisata terpopuler di kalangan wisatawan yang datang ke Pontianak. Karena berada di balik bukit, tak heran jika Anda menjumpai bebatuan di beberapa sudut.

harga tiket: Rp10.000; Map: pemeriksaan lokasi
Alamat: Karimunting, Kec. Sungai Raya Kepulauan, Cab.Bengkayang, Kalimantan Barat.

7. Pantai berbatu milik nenek

Pantai berbatu milik nenekFoto: Google Maps/Ilham

Berbeda dengan pantai pada umumnya, tempat wisata bernama Pantai Nenek Batu ini terdiri dari gugusan bebatuan yang sangat besar. Namun salah satu pantai di Pontianak ini masih memiliki pasir putih yang bersih. Ditambah lagi dengan birunya laut yang sangat menggoda untuk diceburkan ke dalamnya bagi siapapun yang melihatnya.

Selain itu, air lautnya sangat jernih apalagi jika dipantulkan sinar matahari. Anda akan melihat seperti ada kristal di lautan. Tak sedikit juga yang menyebut Pantai Nenek Batu memiliki pemandangan yang mirip dengan Pulau Belitung. Jika ingin berkunjung ke pantai ini, waktu terbaik adalah saat air laut sedang surut.

harga tiket: Rp 20.000; Map: pemeriksaan lokasi
Alamat: Temayuk, Kec. Palo, Cab.Sambas, Kalimantan Barat.

8. Pantai Air Mata Permai

Pantai Air Mata yang IndahFoto: Google Maps/Eko Fitrianto

Destinasi wisata bahari ini tidak kalah menariknya dengan Pantai Kura Kura dan juga dikenal sebagai pantai terindah di Pontianak. Pasirnya yang putih bersih membuat pemandangan pantai menjadi sempurna. Ternyata Pantai Air Mata Permai tidak hanya memiliki pasir putih saja, namun juga dianugerahi flora dan fauna yang sangat menarik.

Tak heran jika banyak orang yang datang ke pantai ini hanya sekedar untuk mengagumi keindahan pantai dan vegetasinya. Berkunjung ke sini, Anda bisa melihat sekitar 27 jenis burung terbang bebas di kawasan pantai. Selain itu, berbagai aktivitas menarik lainnya juga bisa Anda lakukan dengan peralatan yang disediakan pengelola.

harga tiket: -; Map: pemeriksaan lokasi
Alamat: Sungai Awan Kanan, Kec. Muara Pawan, Cab.Ketapang, Kalimantan Barat.

9. Pantai berpasir Mayang

Pantai berpasir MayangFoto: Google Maps/Don don

Bosan dengan suasana perkotaan yang memunculkan pikiran kacau? Tak perlu khawatir, kunjungilah salah satu destinasi wisata bahari di Pontianak, Pantai Pasir Mayang. Pemandangan indah tersaji di sini, yang bisa membantu Anda melepas lelah dalam menjalani aktivitas sehari-hari di kota.

Selain itu, Anda akan menjumpai pantai berpasir putih dengan formasi bebatuan besar yang sangat menarik. Tak sedikit wisatawan terutama para remaja yang datang kesini hanya sekedar untuk memotret keindahan pantai yang satu ini. Apalagi saat matahari terbenam, pemandangan yang tercipta mampu membuat siapapun yang melihatnya terpesona.

harga tiket: Rp10.000; Map: pemeriksaan lokasi
Alamat: Pampang Harapan, Kec. Sukadana, Cab.Kayong Utara, Kalimantan Barat.

10. Pantai berpasir panjang

Pantai berpasir panjangFoto: Google Maps/Walter Hoogervorst

Sebagai satu-satunya pantai di Jalan Nasik, Pantai Pasir Panjang menawarkan pengalaman liburan yang berbeda dengan pantai lainnya. Pasalnya, destinasi wisata ini terletak di balik hutan sehingga cukup melelahkan untuk mencapainya. Meski begitu, usaha Anda akan terbayar dengan keindahan yang ditawarkannya.

Ketika Anda datang ke sini Anda akan menemukan sesuatu yang sangat unik: pasirnya memiliki tekstur yang keras. Kondisi pasirnya yang umumnya tidak dimiliki pantai menjadikannya daya tarik tersendiri. Selain itu Pantai Pasir Panjang juga dikelilingi perbukitan sehingga menjadi pemandangan yang sangat memanjakan mata.

harga tiket: Rp10.000; Map: pemeriksaan lokasi
Alamat: J L. Pasir Panjang No. 89, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Padahal, di awal musim liburan, mengunjungi salah satu destinasi wisata yang bisa menenangkan pikiran menjadi sebuah rutinitas yang wajib dilakukan. Apalagi jika Anda datang berkunjung bersama orang-orang tercinta, pengalaman liburan tentunya akan semakin seru. Oleh karena itu, tak ada salahnya mengunjungi salah satu tempat wisata pantai di Pontianak di atas.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button