Tempat Wisata

TOP 15 Makanan Ambanian Unik dan Lezat Terbuat Dari Pisang

Berkunjung ke Ambon untuk berwisata, bekerja atau lainnya tidak lengkap tanpa mencicipi makanan khas Ambon yang memiliki ciri khas tersendiri.

Potensi alam Indonesia Timur memang sangat indah dan mempesona, yang tidak lepas dari kuliner yang identik dan khas dari daerah itu sendiri.

Berbagai jenis makanan olahan yang dipadukan dengan bumbu dan bumbu yang unik dijamin akan menghadirkan pengalaman dan pengalaman rasa yang berbeda saat Anda mencicipi makanan khas Ambon.

Daftar makanan khas Amonia

Di bawah ini adalah daftar makanan khas Ambon untuk menambah daftar berburu kuliner Anda selama di Ambon.

1. Rujak Natsepa

Jika Anda mengunjungi pantai Natsepa, Anda pasti akan menemukan makanan ini dengan mudah. Karena di pantai ini banyak pedagang yang menjual rujak ini.

Rujak natsepa sebenarnya tidak jauh berbeda dengan olahan rujak di daerah lain, yang banyak mengandung campuran buah-buahan dengan bumbu kacang, cabai, kacang goreng, gula merah, dan asam jawa.

Namun, ada satu perbedaan yang membedakan salad ini dari yang lain. Dalam salah satu sajiannya, salad ini menampilkan irisan ubi jalar yang menambah cita rasa dan rasa berbeda saat disantap.

2. Pisang Gepe

Ambon memiliki banyak olahan makanan khas yang berbahan dasar pisang. Pisang Gepe salah satunya dan banyak yang mengira makanan ini adalah makanan pisang terenak di Ambon.

Secara tampilan, pisang ini memiliki kemiripan dengan pisang Penyet Semarang atau pisang Makasar Jepit. Tapi bukan Ambon kalau tidak menyajikan makanan khasnya sendiri.

Jika kedua hidangan tersebut disajikan hanya dengan gula merah cair, Pisang Gepe menawarkan topping yang berbeda, mis. B. sejumput kacang tanah yang dihancurkan. Rasanya sangat enak, silahkan dicoba saat berkunjung ke Ambon.

3. Pisang Asar

Masih dengan makanan khas ambon yang berbahan dasar pisang. Meski memiliki bahan dasar yang sangat sederhana yang berasal dari pisang, namun tidak bisa sembarangan dalam menentukan pisang mana yang akan diolah.

Dalam makanan ini, pisang yang digunakan adalah pisang raja, dan pisang ini sudah memiliki rasa yang sangat manis. Biasanya Pisang Asar disajikan saat Anda minum kopi atau teh.

Pisang Asar sendiri memiliki nama seperti itu karena berasal dari cara atau proses pengolahannya yaitu dengan cara memanggang oven, atau bisa juga disebut diasari atau oven dalam bahasa Ambon.

4. Pisang Walnut Mash

Sarapan pagi bagi masyarakat Ambon seringkali tergantikan dengan makanan ini. Rasanya sangat enak dan segar dan juga bisa membuat Anda kenyang. Bahan utamanya masih pisang.

Hidangan ini disajikan dengan kuah santan yang sangat gurih dan ditaburi kacang kenari yang dihancurkan, yang memiliki rasa manis dan gurih.

Selain pengganti nasi untuk sarapan, makanan ini juga cocok untuk memberi makan anak Anda. Karena bahannya yang alami, makanan ini aman untuk diberikan kepada si kecil.

5. Roti Kenari

Hidangan ini dibuat dengan kenari, yang memiliki tekstur yang sangat kering garing. Sekilas, roti ini mengingatkan pada tempe kedelai yang sering dijadikan bahan utama keripik.

Selama pemrosesan, roti kenari dicampur dengan adonan gula merah. Adonan ini dimasak dengan cara dipanggang dalam oven, menghasilkan roti yang berkerak.

Rasa roti ini juga enak, manis dan gurih bercampur menjadi satu. Biasanya banyak wisatawan yang mencari kue ini sebagai oleh-oleh karena umur simpannya yang lama.

6. Tuna asap

Ikan tuna asap adalah makanan khas Ambon yang terbuat dari ikan tuna atau biasanya sering disebut bonito asar oleh masyarakat Ambon.

Bahan utama dari olahan makanan khas ini adalah hasil laut Ambon yang banyak ditangkap oleh nelayan, yaitu bonito atau tuna. Cara memasaknya cukup dihisap dengan bahan bakar tempurung kelapa.

Hidangan ini biasanya disajikan dengan Chili Colo yang merupakan olahan sambal khas Ambon dengan nasi putih. Bisa juga disantap dengan kecap yang berisi irisan bawang merah dan cabai.

7. Ikan dalam pala

Ikan kuah pala merupakan masakan yang mirip dengan gulai ikan, dengan kuah yang menyerupai kuah kari kuning. Terbuat dari ikan laut, makanan ini memberikan rasa gurih dengan olahan rempah-rempah Ambon.

Pakan ini sangat cocok dikonsumsi tanpa nasi, ditemani pakan dengan olahan ikan lainnya. Seperti ikan bakar atau goreng. Saus dari hidangan ini memiliki rasa asam yang pedas dan segar.

Diolah untuk memberikan cita rasa yang sangat gurih, tak jarang makanan yang satu ini diburu untuk dijadikan santap siang.

8. Kohu – Kohu

Kalau di Jawa urap, di Ambon kohu – kohu. Makanan ini memiliki kesamaan yaitu sama-sama menggunakan sayuran mentah sebagai bahan dasarnya.

Kohu – Kohu disajikan dengan bumbu urap dan ditambah bonito atau tuna ditambah jeruk nipis dan kelapa parut.

Biasanya makanan ini disajikan dengan ubi, singkong, talas, atau bihun ikan yang dimasak. Jika Anda lebih suka nasi, hidangan ini juga cocok sebagai pendamping nasi dengan ikan asap.

9. Asam

Asida merupakan makanan khas Ambon yang memiliki rasa manis, kenyal dan gurih. Makanan ini memiliki tekstur yang lembek namun kenyal.

Makanan ini terbuat dari tepung terigu yang diolah bersama gula merah, mentega, bubuk kayu manis, dan kapulaga. Biasanya makanan ini sering disajikan sebagai sarapan pagi dan ditemani teh atau kopi.

Makanan ini juga bisa Anda temukan dengan mudah saat bulan Ramadhan dimana makanan ini sering dijual dan menjadi takjil untuk berbuka puasa.

10. Papeda

Ambon memiliki kesamaan dengan Papua dalam makanan khasnya karena penyebaran penduduk dan transportasi makanan ke daerah tempat tinggalnya sekarang.

Papeda terbuat dari tepung sagu yang memiliki rasa yang ringan. Karena rasanya yang ringan, sering disantap oleh masyarakat Ambon dengan olahan khas Ambon, berbahan dasar saus atau lauk pauk.

Di Ambon sendiri, Anda biasanya makan papeda dengan ikan pindang dengan kuah kuning, disajikan dengan beberapa sayuran dan sejumput kacang tanah atau kenari.

11. Nasi Lapola

Mungkin banyak yang mengira makanan pokok ambon adalah sagu atau umbi-umbian. Namun jangan salah, Ambon juga memiliki makanan khas yang terbuat dari olahan nasi atau nasi.

Nasi Lapola misalnya, makanan ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan olahan kacang kedelai merah atau kacang tolo. Dalam penyajiannya juga mendapatkan topping yang terbuat dari kacang kedelai Meran dan kacang tolo.

Meski hanya diberi campuran kacang, rasa pada pakan ini sangat gurih dan mengenyangkan. Anda juga bisa menambahkan lauk pauk seperti ikan asap atau ikan dengan kuah kuning yang tentunya akan menambah cita rasa yang berbeda.

12. Nasi Kelapa

Fakta bahwa Ambon juga merupakan makanan khas yang terbuat dari beras atau Pengolahannya juga sangat sederhana yaitu nasi putih dengan parutan kelapa yang dilengkapi dengan bumbu khas Ambon.

Diberi nama saja sudah enak. Jika ingin menambahkan lauk pauk, biasanya lauk pauk seperti ikan asin, ikan asap, dengan sambal colo-colo yang panas dan segar.

Meski hidangannya sangat sederhana, makanan ini patut dicoba. Meski sederhana, namun tidak bisa dianggap remeh untuk kualitas rasanya.

13. Ikan Komu Asar

Ikan komu asar merupakan makanan khas Ambon yang sudah sangat terkenal. Bahan dasar pakan ini adalah ikan tuna, ikan laut yang sangat mudah ditemukan.

Mengolah Ikan Ini Dengan Pengasapan Saat mengasapi ikan ini, ikan ditusuk dengan bambu dan dibiarkan selama sekitar satu jam agar bumbunya keluar.

Saat disajikan, ikan ini bisa dimakan langsung atau digunakan dengan nasi, ubi, talas atau lainnya. Dipadukan dengan Chili Colo – Colo menambah kenikmatan makanan ini.

14. Lembar Palito

Palito Daun adalah kue khas Ambon yang disajikan dalam bungkus daun pisang. Bagi masyarakat Ambon, kue ini sering dijadikan sebagai santapan berbuka puasa di bulan Ramadhan.

Makanan ini juga sangat mudah ditemukan dan banyak dijual dipinggir jalan. Kue ini memiliki tampilan yang berwarna putih karena bahan dasar yang digunakan adalah tepung beras. Namun jika digigit, Anda akan mendapatkan sensasi rasa manis dari lelehan gula yang dikandungnya.

15. Nasi Pulut Srikaya

Dan sebagai kesimpulan dan rangkuman terakhir dari masakan khas Ambon adalah Nasi Pulut Srikaya. Makanan yang satu ini memang sangat unik dan hanya ada di Ambon.

Sajian ketan putih dan srikaya ini memberikan cita rasa yang unik dan sangat khas. Dimana anda mendapatkan rasa ketan dan srikaya yang asam manis. Kebayang kan gimana rasanya makanan ini?

Biasanya masyarakat Ambon menggunakan makanan ini sebagai pengganti nasi dan dijadikan sebagai sarapan sebelum melakukan aktivitas apapun. Selain rasanya yang sangat enak dan unik, makanan ini bisa menjadi obat perut yang lapar.

Ambon tidak hanya menyajikan alamnya yang mencolok, tetapi juga makanan khas dengan cita rasa yang luar biasa. Cita rasa yang unik dan tinggi mungkin adalah nama yang tepat untuk makanan khas Ambon.

Dengan berbagai bahan yang disediakan oleh alam dan sangat mudah untuk didapatkan. Orang-orang yang pandai memanfaatkan bahan alam ini sebagai bahan makanan yang enak dan bercita rasa tinggi.

Demikian informasi yang dapat kami rangkum mengenai makanan khas Ambon. Semoga dapat memberikan manfaat dan referensi kuliner nusantara khususnya saat anda berkunjung ke Ambon.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button