Tempat Wisata

TOP 15 makanan khas gorontalo berbahan dasar ikan dan bahan lainnya

Indonesia memang kaya akan budaya dan ciri tradisionalnya masing-masing. Dari budaya lokal, adat istiadat hingga makanan khas.

Berbicara tentang makanan khas, setiap daerah di Indonesia memiliki resep, bumbu dan rasa yang berbeda, resep turun temurun, penemuan baru dan pengembangan dari makanan yang sudah ada.

Sama seperti Gorontalo, salah satu provinsi di Sulawesi. Rempah-rempah yang terbuat dari tanaman gorontalo memiliki cita rasa tersendiri di setiap olahan makanan yang ada.

Dengan bumbu yang khas, cara memasak yang berbeda, memberikan cita rasa masakan yang berbeda di setiap daerah di Indonesia.

Bagi Anda yang memiliki passion di bidang kuliner, tidak ada salahnya mencoba makanan khas Gorontalo yang memiliki cita rasa lezat dengan khasiat yang berbeda-beda.

Daftar sembako khas gorontalo

Di bawah ini kami berikan daftar makanan khas Gorontalo yang wajib dicoba dari tim Dolanyok.

1. Sate Tuna

Jika kebanyakan atau umumnya makanan sate berbahan dasar daging kambing atau sapi, maka sate tuna gorontalo memiliki rasa yang berbeda. Sate ini menggunakan adonan atau olahan daging tuna sebagai bahan utamanya.

Tuna sendiri memiliki tekstur daging yang sangat lembut dan mudah dinikmati untuk segala usia. Dengan kombinasi nasi hangat saat disajikan, menambah kenikmatan bagi penikmatnya.

Cita rasa pada makanan ini memang sangat kental dengan bumbu dari hasil bumi Gorontalos. Banyak pecinta kuliner juga memburu makanan ini sebagai tujuan utama mereka saat berada di Gorontalo.

2. Binte Buluhuta

Binte Buluhuta adalah makanan khas gorontalo yang berbahan dasar jagung. Dimana sajian khas ini diolah sesuai dengan produk Gorontalo yaitu jagung.

Makanan ini umumnya seperti sup yang mengandung makanan berkuah. Isinya terdiri dari serutan jagung, udang dan daging ikan bonito serta di atasnya diberi saus pedas dengan rasa gurih.

Tak hanya itu, sajian ini hadir dengan topping seperti irisan tomat, daun kemangi, cabai, ditambah perasan jeruk atau lemon dalam penyajiannya. Sebagai? Kebayang kan kesegaran makanan ini?

3. Kue Sabongi

Makanan yang satu ini banyak dijumpai di warung – watung atau pasar tradisional di Gorontalo. Makanan ini memiliki bentuk dan tekstur yang mirip dengan Combro.

Bahan utama masakan ini adalah ubi jalar, menggunakan bahan yang sama dengan yang digunakan untuk membuat combro. Namun, yang membedakan makanan khas Gorontalo ini adalah isian hidangannya.

Isi dari makanan ini hadir dalam bentuk irisan pisang raja. Jika Anda berkunjung ke Gorontalo, cobalah untuk mencicipi makanan yang sering dijadikan camilan dan sesekali dijadikan teman.

4. Bilenthango

Bilenthango adalah makanan khas Gorontalo dengan bahan dan cara pengolahan yang unik. Bahan utama pakan ini adalah ikan nila yang termasuk dalam kategori ikan air tawar.

Proses pembuatannya juga sangat unik dan hanya bisa ditemukan di industri pengolahan makanan ini. Ikan mujair yang dipotong-potong dan dibersihkan, kemudian dibungkus dengan daun pisang sebelum digoreng atau dibakar, dibumbui secara alami dengan bumbu khas Gorontalo.

Setelah matang bisa juga langsung disantap, namun tak sedikit juga yang disajikan dengan siraman kuah rempah yang memiliki cita rasa khas rempah gorontalo.

5. Brenebon

Ini dia minuman khas Gorontalo yang bisa menimbulkan rasa kenyang di perut. Yang sebenarnya adalah es krim kacang merah dengan berbagai isian pendukung di dalamnya.

Bahan-bahan yang digunakan dalam minuman ini juga sangat sederhana dan mudah ditemukan yaitu rebusan kacang merah, rebusan daun pkanum, gula merah cair, susu kental manis, air secukupnya dan es batu.

Penyajiannya sangat menggoda dan terlihat sangat segar, cocok untuk diminum saat cuaca panas.

6. Kue Tobu’u

Berikutnya adalah kue tobu’u yang merupakan makanan khas Gorontalo yang sering dijadikan sebagai jajanan masyarakat setempat.

Hidangan ini terbuat dari tepung beras, gula pasir, nasi pulo, irisan nangka, santan, santan, pasta pkamun, dan vanili. Semua bahan ini dikukus dan berlapis-lapis.

Makanan ini memiliki cita rasa yang sangat cocok untuk lidah orang Indonesia, dengan rasa yang manis dan otentik, cocok untuk dihidangkan kepada tamu atau bersantai sendiri.

7. Kue Nike

Pada umumnya kue-kue tersebut berbahan dasar umbi-umbian, namun Gorontalo menyajikan kue-kue dengan ciri khas daerah. Bahan yang digunakan tidak berasal dari umbi-umbian, melainkan dari ikan teri mirip ikan nike.

Makanan ini sangat populer di Gorontalo, bahkan Anda bisa dengan mudah menemukannya di warung makan. Makanan ini biasa digunakan sebagai pendamping nasi putih.

Rasanya juga enak dan gurih, sangat cocok dijadikan lauk pauk dengan cita rasa khas gorontalo.

8. Kue Popolulu

Kue popolulu adalah makanan khas gorontalo yang terbuat dari ubi jalar merah. Sepintas, feed ini menyerupai Jemblem dalam tekstur dan bahan dasarnya.

Makanan ini sangat cocok dinikmati dengan teh atau kopi sambil menikmati waktu santai.

Makanan ini juga sangat mudah ditemukan, Anda bisa menemukannya di pasar atau warung makan yang biasa menyajikannya sebagai camilan.

9.Tili Aya

Tili Aya adalah makanan khas Gorontalo yang wajib di santap di awal bulan puasa. Makanan ini berupa kue dengan tekstur yang lembut.

Bahan makanan ini juga cukup sederhana, yaitu gula merah, telur, dan santan. Makanan ini memiliki rasa manis dan gurih yang bahkan bisa menunda rasa lapar.

Makanan ini tidak hanya cocok sebagai hidangan pembuka untuk makanan pertama, tetapi juga sangat cocok untuk bersantai sambil minum teh atau kopi.

10. Ayam Iloni

Ayam Iloni adalah masakan ayam khas Gorontalo. Makanan ini diolah dengan cara dibakar dengan berbagai bumbu khas Gorontalo.

Rasanya pasti berbeda dengan ayam bakar pada umumnya. Karena bumbu-bumbu di Gorontalo memiliki cita rasa tersendiri.

Dalam penyajiannya, makanan ini biasanya disajikan dengan sepiring nasi putih hangat, lalapan, dan sambal.

11. Ilabulo

Masakan ayam ini merupakan makanan khas Gorontalo, sering dijadikan sebagai pelengkap. Dimana makanan ini diolah dengan cara dibakar, yang tentunya memberikan rasa yang nikmat.

Makanan ini disiapkan dengan dibungkus daun pisang yang diisi dengan bumbu atau jeroan ayam seperti hati dan ampela yang dibakar bersama dibungkus daun pisang.

Karena masakannya menggunakan sekam daun pisang dengan bumbu khas Gorontalo, makanan ini memiliki aroma dan rasa yang sangat nikmat.

12. Sayur Putunggo

Bahan dasar sayur ini adalah jantung pisang. Nah, untuk rasa yang diberikan sayur ini mirip dengan sayur lodeh, tidak hanya rasanya, tampilannya juga tidak jauh berbeda.

Yang membedakan sayur putunggo dengan sayur lodeh adalah isiannya berbentuk hati pisang. Saat mengolah sayur ini, ada beberapa cara penyajiannya.

Sayuran ini bisa ditumis, digoreng, atau disajikan dalam kuah santan yang sangat mirip dengan lodeh. Tentu saja Anda bisa menentukan pilihan sendiri untuk mencicipinya.

13. Lalampa

Berikutnya adalah makanan khas Gorontalo yang memiliki kemiripan dengan makanan di daerah lain. Makanan ini memiliki kemiripan dengan Lemper.

Bahan yang digunakan juga sama yaitu terbuat dari beras ketan dan dibungkus dengan daun pisang. Namun, santan dan garam ditambahkan selama pemrosesan, yang memberikan rasa gurih pada makanan ini.

Jika lemper biasanya diisi dengan suwiran ayam atau sapi, maka untuk lalampa sendiri memiliki isian daging tuna. Makanan ini juga bisa menggantikan nasi saat Anda lapar.

14. Duduli

Duduli merupakan makanan khas gorontalo yang sangat mirip dengan dodol dari segi tekstur, rasa dan bungkus daunnya.

Duduli terbuat dari ketan, santan dan gula merah. Ketiga bahan tersebut disatukan dan dibungkus dengan daun woka.

Tekstur makanan ini juga sangat kenyal, yang membedakan dengan dodol pada umumnya adalah daunnya yang digunakan untuk pembungkus. Daunnya memberikan aroma yang unik dan identik, membuat makanan ini sangat khas dari Gorontalo.

15. Kue Karawo

Kue karawo atau dengan nama lain kue kerawang merupakan makanan khas gorontalo yang sering dijumpai pada hari-hari besar festival seperti natal dan lebaran dimana kue ini disajikan sebagai suguhan untuk para tamu.

Saking terkenalnya, tak jarang wisatawan yang berkunjung ke Gorontalo memanggang kue ini sebagai oleh-oleh karena teksturnya yang kering dan tahan lama.

Perkembangan zaman juga mempengaruhi rasa dan desain kue ini. Banyak pencipta kuliner membuat inovasi seperti rasa untuk membuat tampilan kue lebih menarik.

Sebagai? Tertarik menjelajahi kuliner Gorontalo?

Di atas adalah rangkuman makanan Gorontalo yang paling terkenal dan enak. Artikel ini bisa Anda jadikan referensi wisata kuliner Anda saat berkunjung ke Gorontalo.

Demikian informasi mengenai makanan khas Gorontalo yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat menambah ilmu dan bermanfaat bagi kita semua.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button