Tempat Wisata

Top 5 air terjun terpopuler dan indah di Tawangmangu Karanganyar

Top 5 air terjun terpopuler dan indah di Tawangmangu Karanganyar

Tawangmangu Di dalam Karanganyar diketahui Banyak objek wisata alam yang menakjubkan. Ini adalah daftar air terjun terindah di Tawangmangu Ini populer dan menarik untuk dijelajahi pesonanya.

Tawangmangu merupakan nama yang dimiliki salah satu kecamatan di Provinsi Jawa Tengah, lebih spesifiknya Kabupaten Karanganyar. Jika dibandingkan dengan kecamatan lain di Jawa Tengah, Tawangmangu punya keistimewaan tersendiri, karena banyak destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi saat liburan.

Salah satunya destinasi wisata ala air terjun. Banyaknya wisata air terjun ini dikarenakan lokasinya yang berada di lereng gunung bernama Gunung Lawu. Selain pesona air terjunnya, faktor ini juga membuat udara dan cuaca di sini terasa semakin sejuk dan segar, ditambah lagi dengan panorama yang menyambut kedatangan Anda.

Wisata Kecamatan Tawangmangu menjadi salah satu tempat favorit para wisatawan yang ingin menghabiskan liburannya dengan mengusung tema air terjun alami. Jadi ketika berwisata ke Jawa Tengah, jangan selalu hanya berlibur di dekat kota Jogja atau Solo saja. Berikut rekomendasi air terjun eksotik di Tawangmangu Karanganyar.

1. Air Terjun Pringgodani

Air Terjun PringgodaniFoto: Google Maps/Papit Susanto

Air terjun ini merupakan air terjun yang dianggap oleh penduduk setempat sebagai air terjun yang sangat sakral. Saking sakralnya, tempat wisata ini justru menjadi tempat wisata bernuansa religi dan bukan objek wisata alam untuk menikmati keindahannya. Yang khusus untuk agama tertentu.

Meski demikian, diubahnya Air Terjun Pringgodani menjadi objek wisata religi tidak mengurangi nilai keindahan objek wisata alam tersebut. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini dengan tujuan berwisata menikmati keindahan alam dan tidak mempunyai tujuan untuk melakukan wisata religi di Air Terjun Pringgodani.

Karena letaknya yang berada di lereng gunung, udara di tempat ini terasa sejuk dan segar. Panorama di sekitarnya juga hijau asri sehingga membuat pengunjung enggan berpaling. Suasana seperti inilah yang dicari kebanyakan orang. Sebab, mereka ingin melepas penat dari hiruk pikuk pekerjaan.

Keindahan tempat ini terletak pada tingkatannya, air terjun ini mempunyai 2 tingkat. Air terjun ini bahkan merupakan yang tertinggi di provinsi Jawa Tengah, tingginya bisa mencapai sekitar 100 meter. Daya tarik tersebut menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata alam yang direkomendasikan di Tawangmangu.

Lokasi Air Terjun Pringgodani mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Air terjun ini sendiri terletak di sebuah desa bernama Blumbang. Letaknya sekitar 4 km dari terminal bernama Tawangmangu. Jika ingin kesini, Anda perlu berjalan kaki 1-2 km dari jalan utama.

Menurut cerita warga setempat, tempat ini merupakan tempat yang digunakan seseorang sebagai tempat meditasi pada zaman dahulu. Warga meyakini bahwa orang yang bertapa di tempat ini adalah orang yang pernah mengalahkan kesaktian Prabu Baka. Orang tersebut merupakan orang yang hidup pada zaman Kerajaan Kaling.

Harga tiket: Rp10.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Blumbang, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

2. Air Terjun Ngarai Sundo

Air terjun Ngarai SundoFoto: Saluran Google Maps/Wens_3699

Yang kedua adalah air terjun tersembunyi yang penuh keindahan, sehingga tempat ini sangat cocok untuk dimasukkan ke dalam list liburan Anda selanjutnya. Lokasinya masih belum diketahui banyak orang, itulah sebabnya lokasi tempat ini masih sepi, damai namun asri.

Air terjun ini memiliki keindahan dan nilai eksotik tersendiri dibandingkan dengan air terjun lain di Karanganyar. Karena tiket masuknya tidak tetap, siapa pun dari kalangan menengah, bawah, atau atas bisa bersama-sama menikmati keindahan ciptaan Tuhan ini.

Air terjun ini tingginya hanya sekitar 9 meter, ketinggiannya sangat rendah jika melihat air terjun lain yang menyaingi tempat di Karanganyar ini. Namun jangan salah: di ketinggian yang hanya 9 meter, aliran air dan drainase sangat deras di titik ini. Artinya, tempat wisata ini jarang sekali terkena dampak kekeringan.

Selain hanya terdapat satu Grojogan yaitu alun-alun, terdapat Grojogan yang lebih kecil di sebelah Grojogan utama yang sumber airnya berasal dari aliran air. Karena keindahan dan pesonanya, mengundang pengunjung untuk berenang di sini atau sekadar mengambil foto bertema air terjun.

Tidak sulit untuk mencapai tempat ini karena konektivitas jalan raya yang mudah dan jalur menuju tempat wisata ini tidak terlalu padat. Air Terjun Jurang Sundo berjarak sekitar 300 meter dari Terminal Tawangmangu. Nantinya Anda bisa melihat rambu-rambu jalan menuju ke tempat ini.

Harga tiket: Bebas; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Nlurah, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

3. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan SewuFoto: Google Maps/Xegaya Yoon

Air Terjun Gorojogan Sewu merupakan air terjun paling populer di kalangan pecinta wisata. Hal ini dikarenakan tempat ini mempunyai nama yang cukup unik, nama Grojogan Sewu tidak hanya dimiliki oleh air terjun ini saja namun ada juga beberapa Grojogan yang mempunyai nama yang mirip dengan tempat wisata yang ada disini.

Setelah sampai di tempat ini, Anda tidak akan menyesal jika memasukkan nama tempat ini ke dalam daftar destinasi alam yang ingin Anda kunjungi. Air terjun Grojogan Sewu terletak di kaki gunung bernama Gunung Lawu. Selain itu, air terjun Grojogan Sewu memiliki tinggi sekitar 81 meter dan menawarkan pemandangan yang indah.

Destinasi wisata ini memiliki dua pintu masuk. Pintu masuk pertama merupakan pintu masuk yang biasa digunakan pengunjung karena dekat dengan Terminal Tawangmangu. Di sini Anda perlu mempersiapkan fisik karena harus menaiki banyak anak tangga yang akan menguras energi Anda.

Yang kedua adalah pintu masuk yang cocok untuk orang lanjut usia karena jalur di pintu masuk ini cukup landai dan santai. Begitu tur dimulai, Anda akan disambut oleh monyet-monyet yang berkeliaran. Hal ini tentu sangat menarik. Namun, Anda harus berhati-hati karena monyet sering kali dengan kasar merampas tas atau makanan.

Sesampainya di kota utama Grojogan pasti akan terkesima dengan keindahannya. Namun dilarang terlalu dekat dengan lokasi air terjun karena dikhawatirkan air akan turun dengan sangat cepat dan juga akan terjadi angin yang sangat kencang. Anda bisa mencoba permainan seru seperti Flying Fox, Rafting dan lain-lain.

Untuk memasuki tempat wisata indah Air Terjun Grojogan Sewu ini anda akan dikenakan tiket masuk sebesar 20.000 rupiah saja. Harga yang relatif murah ini dinilai sangat wajar jika dibandingkan dengan keindahan alam yang ditawarkan tempat ini.

Harga tiket: Rp 20.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: J L. Raya Tawangmangu, Beji, Kecamatan. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

4. Air Terjun Jumog Putri

Air Terjun Jumog PutriFoto: Google Maps/Santosoadies

Awalnya, air terjun ini merupakan tempat yang dianggap biasa oleh penduduk setempat. Bahkan dianggap ibarat sungai yang membasahi dan mengairi sawah atau ladang masyarakat setempat. Namun tempat ini tidak menjadi tempat biasa ketika seseorang bernama Pak Subali membersihkan tempat ini.

Ketika pembersihan selesai tampak ada air terjun yang sangat jernih dan bersih mengalir di antara bebatuan yang cukup besar. Menurut Pak Subali, aliran air di air terjun ini tidak pernah berhenti meski musim kemarau terjadi. Sungai ini mempunyai dua arah, yang pertama menuju ke barat dan yang kedua menuju ke utara.

Karena letaknya yang strategis, air terjun ini layak untuk dikunjungi. Tempat ini terletak di Desa Gondosuli, Karanganyar, Kecamatan Tawangmangu. Biaya masuk ke tempat ini sangat murah, hanya 5.000 rupiah untuk satu orang. Dan biaya parkirnya 2.000 rupiah.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

5. Air Terjun Jumog

Air Terjun JumogFoto: Google Maps/Daniel Rahardjo

Objek wisata alam di Tawangmangu terakhir yang bisa Anda kunjungi adalah Air Terjun Jumog. Air terjun ini dulunya disebut sebagai surga yang pernah hilang. Pasalnya sebelum tempat ini resmi dibuka untuk umum pada tahun 2014, Air Terjun Jumog hanyalah air terjun biasa yang tertutup semak lebat.

Air Terjun Jumog merupakan tempat yang sangat indah dan nyaman karena aliran airnya tidak terlalu deras pada ketinggian 30 meter dan tidak terlalu kering jika kemarau. Hal ini membuat banyak wisatawan yang senang ketika sampai di tempat ini karena bisa berenang, berendam, arung jeram atau sekedar ngompol dan berfoto di kaki Air Terjun Jumog.

Harga tiket: Rp15.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: J L. Berjo, Gandu, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

Inilah deretan air terjun terindah di Tawangmangu, Karanganyar yang siap menjadi tempat Anda menghabiskan waktu liburan. Tawangmangu sebenarnya bukan tempat yang terkenal bagi sebagian orang, namun menyimpan segudang keindahan alam yang mempesona.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button