Berita Wisata

Tourist Office bekerja sama dengan PWI Bener Meriah menyelenggarakan Eco Cam – acehimage.com

ACEHIMAGE.COM – Lut Kucak atau Lut Atas merupakan daerah resapan air di kawasan Kampung Waq Pondok Sayur, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah.

Lut Atas merupakan sumber air minum bagi beberapa desa di Kecamatan Bukit dan Bandar. Kini, selain menjadi sumber air minum, Lut Hulu menjadi salah satu objek wisata alam indah milik Kabupaten Bener Meriah.

Selama dua tahun terakhir, Pemda Kabupaten Bener Meriah melalui Dinas Pariwisata telah membangun sejumlah fasilitas di kawasan Lut Atas. Pengelolaan Lut Hulu sepenuhnya menjadi tanggung jawab Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Kampung Waq Pondok Sayur sebagai pengelola.

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18 Kabupaten Bener Meriah, Pemerintah Daerah Kabupaten Bener Meriah melalui Dinas Pariwisata bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Bener Meriah menyelenggarakan kegiatan perkemahan ekologi di Hulu Lut wilayah dan di Taman Arboretum.

Hal ini sebagai bentuk penyadaran akan pentingnya menjaga kawasan Lut Hulu sebagai daerah resapan air.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bener Meriah Irmansyah saat rapat dengan Panitia Pelaksana dan Ketua LPHD Waq Pondok Sayur yang juga dihadiri oleh Perangkat Desa Waq Pondok Sayur di badan pariwisata setempat pada Selasa, 29 November 2022, mengatakan Lut Atas terpilih sebagai lokasi eco-camp, salah satu upaya penyelamatan daerah resapan air di kawasan tersebut.

Sebab, kata Irmansyah, yang perlu kita pahami dengan objek wisata Lut Atas adalah fokus utamanya, bukan hanya sebagai objek wisata. Namun, hal tersebut merupakan upaya untuk melestarikan lingkungan di kawasan tersebut.

“Haut-Lut merupakan daerah resapan air dan sumber air minum bagi beberapa desa. Bahkan untuk mengantisipasi kekeringan akibat perambahan di kawasan tersebut, Haut-Lut dikelola oleh LPHD setempat ujar Irmansyah.

Irman menambahkan, secara konsep Lut Hulu akan digunakan untuk ekowisata. Tepatnya, perlu dilestarikan di sekelilingnya.

Oleh karena itu, melalui perkemahan ekologi ini nanti kami akan mempromosikan dan menandai bahwa laut Haut-Lut harus dilestarikan karena merupakan sumber air. Oleh karena itu, salah satu kegiatan Eco Camp adalah penanaman pohon di area tersebut. jelas Irmansyah.

Sementara itu, General Manager Kegiatan Eco Camp, Mashuri menjelaskan, kegiatan Eco Camp akan dilaksanakan pada Sabtu, 10 Desember 2022, yang rencananya akan dilaksanakan di Taman Lut Atas dan Taman Arboretum.

“Selain upacara di Luut Hulu, kami akan menanam pohon dan mendengarkan pemahaman tentang pentingnya penghijauan di Luut Hulu yang nanti akan disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Bener Meriah,” kata Mashuri.

Selanjutnya untuk acara di Arboretum Kampung Bale Atu, camping, pernyataan sikap terhadap pelestarian hutan di Bener Meriah, dan konten untuk beberapa acara lainnya.

Untuk peserta sendiri akan kami libatkan LPHD Waq Pondok Sayur, Waq Perangkat Desa Pondok Sayur, perwakilan siswa dari Stikes Payung Negeri, perwakilan dari SMA 1 Bener Meriah, MAN Bener Meriah 1, SMK Bener Meriah 1, SMA Unggulan Negeri , Komunitas, dan sejumlah wartawan.

Ia menjelaskan Lut Atas Eco Camp mengusung tema “Eco Camp sebagai upaya pelestarian green tourism di Bener Meriah”. dia menyimpulkan.[]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button