Berita Wisata

TPK desa Pantai Beringin selesai pengerjaan pipa, 50 hektar sawah baru siap tanam

Oelamasi, KI- Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Pantai Beringin sedang menyelesaikan pekerjaan saluran air sepanjang 200 meter, sehingga 50 hektar sawah baru siap untuk transformasi masyarakat.

Ketua TPK Desa Pantai Beringin, Yantri M. Kodey menjelaskan, Rabu (9/11/2022) saluran irigasi sepanjang 200 meter yang dikerjakan dua kelompok masyarakat dengan sistem swakelola telah selesai dibangun.

Saluran irigasi itu, kata dia, akan menjadi jalan untuk mengairi sawah baru seluas 50 hektare. Saluran irigasi selesai dengan dana desa sebesar Rp 153.376.000 dalam waktu 90 hari dari Juli hingga Oktober 2022.

“Bekerja dengan sistem yang dikelola masyarakat, ada dua kelompok empat dusun, total 35 orang. Lebar atas 60 sentimeter, tinggi 60 sentimeter, dan lebar bawah 40 sentimeter,” katanya.

Menurut dia, masyarakat juga menyerahkan tanah untuk irigasi dengan bukti penyerahan hak pakai untuk membangun fasilitas umum. Diakuinya, pengerjaan tersebut bukannya tanpa masalah, terutama terdapat retakan di dasar kanal yang panjangnya hampir 100 meter.

Berkat kerjasama TPK dengan masyarakat, retakan sepanjang 100 meter tersebut telah diperbaiki kemudian pekerjaan akan diserahkan dari TPK kepada tim untuk menerima hasil pekerjaan, yang selanjutnya tim akan serahkan kepada Pemerintah Desa dari Pantsai Beringin.

Saluran irigasi di Dusun I dan Dusun II Desa Pantai Beringin Kecamatan Sulamu yang diselesaikan oleh TPK dan masyarakat.

Kepala Desa Pantai Beringin Berolomeos Tanao mengatakan, pengerjaan saluran irigasi di Dusun I dan Dusun II merupakan hasil kesepakatan dalam forum musyawarah tingkat desa.

“Usulan masyarakat agar bisa menggunakan dana desa untuk saluran irigasi di sawah baru seluas sekitar 50 hektar, pemerintah desa kami telah melakukan survei lokasi,” kata Lurah Pantai Beringin.

Dikatakannya, sebelum saluran irigasi dibangun, pemilik lahan memanfaatkan mata air hidup di sekitar persawahan dengan hanya mengairi sehingga tidak bisa menjangkau wilayah yang lebih luas.

Sesuai dengan usulan masyarakat, ditambah dengan ketersediaan dana dari desa, pemerintah kemudian sepakat untuk membangun irigasi di sawah baru Dusun I dan Dusun II Oehendak untuk memenuhi tuntutan masyarakat.

Saluran irigasi yang telah diselesaikan TPK bersama masyarakat, selaku kepala desa, berharap air dapat dimanfaatkan dan menjangkau seluruh areal persawahan baru.

Pemerintah Desa Pantai Beringin berencana membangun saluran irigasi di seluruh dusun yang ada di wilayah desa, namun tentunya hal ini harus disesuaikan dengan ketersediaan dana desa karena banyak dana yang digunakan untuk penanggulangan virus COVID-19. .
nda

Sementara itu, Thouni Y. F Nilla selaku sekretaris desa mengatakan, potensi lahan di sekitar pembangunan saluran irigasi adalah lahan terlantar yang bisa dijadikan sawah.

“Dulu lahan kebun dan kami melihat potensi untuk dijadikan sawah, ada juga potensi sumber air, jadi kami menanggapi usulan dari masyarakat desa, kami membangun irigasi dengan dana dari desa,” kata sekretaris Pantai. Desa Beringin.

Ia berharap lahan yang sebelumnya merupakan lahan terlantar dapat dimanfaatkan dan dikelola untuk pertanian dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat. Sebelum irigasi, lahan tidak diolah secara optimal karena sumber air tidak mampu menjangkau seluruh wilayah.

“Dengan irigasi ini, tidak menutup kemungkinan lahan bisa diperluas lagi untuk meningkatkan produktivitas pertanian,” ujarnya. (Jesy)

Kunjungan: 1 Hari ini: 1 Total: 731690

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button