Berita Wisata

Tugas dan syarat menjadi pramuwisata, apa bedanya dengan pramuwisata?

Lokasi syuting Game of Thrones di Kroasia

Memperbesar

Seorang pemandu berbicara dengan turis selama tur lokasi film ‘Game of Thrones’ di kota tua Dubrovnik 28 Maret 2019. Dubrovnik semakin dikenal turis setelah menjadi latar serial televisi Game of Thrones sejak 2011 untuk televisi HBO saluran. (Denis LOVROVIC/AFP)

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tugas-tugas pendamping

1. Mengkoordinasikan akomodasi, penerbangan, dan transportasi untuk perjalanan rombongan. Mereka juga berkoordinasi dengan rombongan wisata untuk memastikan wisata berjalan lancar, seperti supir bus dan lainnya.

2. Memiliki pengetahuan yang detail tentang hotel, tempat wisata, restoran, transportasi, oleh-oleh dan harga di wilayah atau negara yang ingin dikunjungi.

3. Memiliki sumber informasi dan kontak bantuan di lokasi wisata.

4. Menginformasikan wisatawan tentang restoran yang sesuai dan kebutuhan transportasi tambahan.

5. Berkoordinasi dengan pihak terkait terkait prosedur pengamanan, pemulihan bencana dan evakuasi. Pemandu wisata juga memantau keselamatan dan keamanan anggota rombongan wisata.

6. Memberikan informasi tujuan wisata dan memberikan informasi wisata kepada rombongan wisata.

7. Menanggapi keadaan darurat dan situasi tak terduga selama tur.

8. Menanggapi keluhan dari rombongan wisata, termasuk memastikan kesepakatan antara agen perjalanan dan rombongan wisata.

Bagi kamu yang ingin menjadi seorang pramugari, berikut beberapa skill yang perlu dikuasai seorang pramugari

1. Manajemen

Pengelolaan dalam hal ini cukup kompleks karena Anda harus bertanggung jawab atas kelancaran perjalanan hingga mengatur kebutuhan anggota rombongan. Untuk dapat melaksanakan semua hal tersebut, para tour leader harus memiliki kedisiplinan yang tinggi dan mampu menghandle para tour member dengan baik.

Contohnya yaitu dalam manajemen waktu. Seorang tour leader harus mampu mengatur waktu rombongan dengan baik saat mengunjungi tempat-tempat tertentu, seperti museum, taman nasional, dan tempat-tempat lain yang memiliki jam berkunjung terbatas.

2. Komunikasi

“Itu kemampuan utama yang harus dimiliki oleh semua tour leader. Karena hampir semua pekerjaan teknis seorang tour leader berkaitan dengan komunikasi. Mulai dari travel salesman hingga anggota rombongan”, ujar Titik.

Misalnya menanggapi komplain dari band terkait agenda tur yang akan dibawakan. Sebagai pengiring, cara dan kejelasan pesan yang disampaikan akan mempengaruhi mood grup. Dengan demikian, ketika pemandu tidak dapat menjelaskan sesuatu dengan baik, bukan tidak mungkin kunjungan saat ini dapat menjadi hal yang tidak menyenangkan baik bagi wisatawan maupun bagi pemandu itu sendiri.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button